Now Reading
Widyanti Yuliandari : Konsisten Tentang Kesehatan

Widyanti Yuliandari : Konsisten Tentang Kesehatan

Pola hidup sehat diyakini gaya hidup yang paling diminati saat ini. Di tengah banyaknya ancaman penyakit, penerapan food combining  menjadi salah satu alternatif untuk hidup yang lebih sehat. Blogger Interview kali ini, menghadirkan Widyanti yang menjadikan gaya hidup sehat sebagai bagian hidupnya. Bahkan sudah menjadi gaya hidup keluarga.

Melalui blognya di www.WidyantiYuliandari.com, Widya menuliskan pengalamannya dalam melakukan food combining yang mudah untuk diikuti. Selain itu, Widya juga rutin menuliskan isu tentang lingkungan dan berharap dapat agar pembaca blognya lebih peduli terhadap lingkungan. Berikut hasil wawancara Blogger Perempuan khusus untuk BPers.

Sejak kapan Mba Widya menerapkan pola hidup sehat?

Sebenarnya kesadaran akan pola hidup, khususnya pola makan sehat itu sudah sejak sekitar tahun 96-97 ketika secara bertubi-tubi bapak tercinta terkena serangan jantung dan harus keluar masuk rumah sakit. Jadi pasca kejadian itu, kami sekeluarga mulai lebih aware. Kami kemudian semakin membatasi makanan berlemak, jeroan, membatasi gula, memperbanyak makan sayur, dsb. Bahkan pada saat saya harus nge-kost, pola makan tidak terlalu beda jauh dengan di rumah. Mie instan pun sangat jarang saya konsumsi.

 Tetapi titik balik yang penting itu terjadi beberpa tahun lalu, setelah saya melahirkan anak kedua di mana kondisi kesehatan saya berada pada titik terburuk. Saya diterpa berbagai alergi, tadinya hanya batuk pilek akibat alergi dingin dan debu, makin lama saya juga alergi beberapa jenis obat, menakutkan sekali. Berbagai pengobatan saya coba termasuk pengobatan herbal, dan akhirnya saya sembuh.

Namun ada semacam kegelisahan. Dalam pikiran saya, obat (baik pengobatan medis modern maupun berbagai metode alternatif) seharusnya kan hanya dilakukan saat benar-benar diperlukan. Artinya, tubuh sebenarnya punya kemampuan alami untuk tetap berada dalam kondisi sehat. Singkatnya sekitar 3 tahun lalu, saya diperkenalkan dengan food combining oleh seorang sahabat lama, saya coba dan, jatuh cinta! 😀

Kenapa Mba Widya menulis di sebuah blog?

Blog itu awalnya sebenarnya adalah saran (setengah memaksa) dari suami. Tadinya blog hanya sebagai sarana untuk bisa berlatih menulis, itu saja. isinya waktu itu kebanyakan aktifitas di kantor, termasuk materi yang saya sampaikan di acara-acara kedinasan.

Makin lama rasanya makin jatuh cinta dengan media blog. Apalagi lokasi saya yang lumayan jauh dari pusat-pusat informasi. Blog rasanya bisa menjadi satu cara untuk tetap terkoneksi dengan dunia luar

Apa yang membuat Mba Widya memilih tema blog gaya hidup ramah lingkungan?

Simpel saja, itu yang saya suka dan bisa! Ha..ha….

Saya belajar di jurusan teknik lingkungan, lalu bekerja sebagai PNS di lembaga pemerintah yang memiliki job desc pengelolaan lingkungan, dan secara pribadi saya juga memiliki minat yang kuat dalam hal-hal yang berhubungan dengan lingkungan.

Dengan menuliskan pola hidup yang Mba Widya jalankan, adakah tujuan yang ingin dicapai?

Jelas. Saya ingin makin banyak sahabat yang bisa hidup sehat secara alami. Dengan mengoptimalkan kemampuan tubuh sendiri untuk sembuh dan sehat, tanpa terlalu banyak intervensi pengobatan kimia buatan, dsb. Nah, itu saya yakini juga akan berkontribusi terhadap sustainability. Ada benang merahnya.

Apakah Mba Widya akan terus konsisten menulis tentang gaya hidup ramah lingkungan atau akan mencampurnya dengan tema lain di blog widyantiyuliandari.com?

Kalau di blog tersebut memang sejak awal saya niatkan untuk tulisan dengan tema lingkungan (dalam pengertian luas). Insyaallah akan berusaha konsisten. Kalau tema yang lain biasanya saya tulis di blog saya satunya, yang gratisan.

Adakah misi edukasi mengenai lingkungan dari blog yang Mba Widya tulis?

Iya. Saya ingin isu lingkungan bukan menjadi isu yang “ndakik” (ndakik itu bahasa jawa, artinya terlalu tinggi.) Jadi peduli lingkungan itu tidak harus dalam wujud keluar masuk hutan belantara bekerja sebagai volunteer organisasi nirlaba misalnya. Tidak juga harus koar-koar berdemo memprotes kebijakan pemerintah yg dinilai tidak pro lingkungan, misalnya. Tapi, mencintai dan peduli pada nasib bumi ini, bisa kita lakukan dari rumah. Ya, “hanya” sedekat itu. Caranya? Dengan mulai mengatur pola hidup kita.

Dengan banyaknya pro kontra mengenai food combaining, apa yang membuat Mba Widya konsisten menjalankannya?

Pertama, jelas karena sudah terbukti, pada diri saya sendiri dan keluarga. Oh, ya anak-anak, suami dan ibunda juga mulai belajar ber-food combining.

Kedua, makin kesini, makin dipelajari ternyata secara ilmiah banyak studi yang mendukung prinsip-prinsip FC. Jadi bagi saya sudah sangat jelas, FC bukan sekedar tahayul makanan modern, seperti yang sering dituduhkan.

Selain mengenai lingkungan, kenapa Mba Widya juga tertarik mengenai tema kesehatan dan kecantikan?

Karena, membicarkan lingkungan itu berarti membicarakan diri kita. Bagaimana kita makan, bagaimana kita menjaga kesehatan, bagaimana kita memilih dan menggunakan kosmetik, itu sangat bisa berpengaruh bagi sustainability.

Adakah pesan mengenai pola hidup yang ingin disampaikan kepada pembaca Blogger Perempuan?

Sebenarnya ini lebih ke harapan ya. Saya bermimpi, suatu saat akan makin banyak orang yang peduli, bahwa semua aktifitas mereka dari bangun tidur hingga tidur lagi akan berdampak pada lingkungan. Jadi semua dilakukan dengan memasukkan pertimbangan-pertimbangan sustainability.

Mohon sebutkan 5 blog yang sering mba Widya kunjungi dan kenapa?

  • Blognya Mbak Haya Alya Zaki, itu sering jadi jujukan untuk urusan tulis menulis. Mbak Haya juga menurut saya adalah salah satu figur penulis yang patut diteladani lah totalitasnya dalam menulis dan, beliau enggak segan bagi ilmu, itu sangat menarik!
  • Kalau blognya Neng poni Jihan Davincka, itu kudu banget dikunjungi: http://jihandavincka.com/. Asyik banget cara bertuturnya. Topik beratpun bisa jadi kaya candaan di tangan dia. Seru lah pokoknya.
  • Kalau soal blogging, jelas wajib kepo-in blognya Mbak Shintaries. Meski harus jujur, kadang sering gak mudeng. Ha..ha… suka banget lihat blognya cantik namun simpel dan rapih. Totalitas Mbak Shinta dalam blogging juga sangat patut untuk saya jadikan teladan.
  • Lalu juga mewajibkan diri nengok-nengok blognya Bang Erikar Lebang: http://www.erykar.com/. Jelas, lah karena dia sudah menjadi ikon kesadaran hidup sehat terutama di kalangan orang-orang muda di Indonesia. Kagum dengan keberanian dia melakukan sesuatu yang antimainstream yang kemudian bisa mewujud menjadi semacam gerakan massif terutama dikalangan orang muda followernya untuk aware dengan kesehatan.
  • Blog-blognya Ibu Deasi Srihandi, seorang pelaku rawfood di Malang Jatim, ada beberapa sih blog beliau salah satunya https://greenmommyshop.wordpress.com, sayangnya terakhir jarang di-update mungkin karena kesibukan beliau mengurus usaha sekaligus meng-homesholing sendiri ke-4 (atau 5?) putra-putrinya. Salut pokoknya untuk ibu satu ini untuk semangat go greennya.
View Comments (12)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top