Kanker Lidah Sering Tak Diketahui. Simak Penjelasan Ini supaya Lebih Berhati-hati!

Penyakit kanker lidah mungkin sangat jarang Mom dengar.  Memang kanker lidah tidak terlalu sering terjadi, namun merupakan salah satu jenis kanker yang risiko cepatnya kematian, cukup tinggi.   Lidah terdiri dari dua bagian, yaitu bagian depan yang terletak dalam mulut dan bagian pangkal yang terletak di dekat tenggorokan. Kanker lidah dapat berkembang pada kedua bagian tersebut. Kanker lidah paling sering tumbuh dan berkembang pada sel-sel skuamosa yang ada di permukaan lidah. Jenis kanker lidah ini dikenal dengan istilah karsinoma sel skuamosa. Kanker yang tumbuh pada lidah bagian depan termasuk di dalam kategori kanker mulut. Sementara kanker yang tumbuh pada pangkal lidah termasuk di dalam kanker orofaring. kanker lidah

Meskipun belum ada penyebab yang pasti, namun faktor gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab paling utama kanker lidah.

Hingga saat ini memang belum ada penyebab kanker lidah yang pasti, namun gaya hidup yang tidak sehat menjadi hal yang diduga sebagai penyebab yang paling besar. Gaya hidup yang tidak sehat seperti seringnya melakukan nginang atau yang lebih familiar disebut dengan mengunyah tembakau, mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol ataupun soda, dan juga kebiasaan menghisap rokok. Ketiga hal tersebut, merupakan hal yang lumrah dilakukan laki-laki jadi tidak heran apabila penderita kanker ini kebanyakan dari kalangan laki-laki. Walau jarang, Human papillomavirus (HPV) dapat menyebabkan pertumbuhan jaringan abnormal dalam mulut sehingga memicu kanker. Penularan virus ini dapat terjadi jika Mom bersentuhan langsung dengan kulit pengidap atau benda yang terkontaminasi virus HPV atau melalui kontak seksual, seperti hubungan intim, seks anal, maupun seks oral.

Gejala yang paling terlihat ketika terjangkit kanker lidah adalah munculnya organ baru pada bagian lidah, kemudian diikuti rasa sakit di dalam mulut.

Untuk lebih jelasnya lagi, ada gejala-gejala umum yang sering muncul pada seseorang yang mengidap penyakit kanker pada lidah. Gejala kanker lidah yang pertama ialah, lidah tidak bisa lagi untuk merasakan rasa dari setiap makanan ataupun minuman yang masuk kedalam tubuh, rasa gatal pada bagian lidah, dan bau mulut. Dari sekian banyak gejala dari penyakit ini, ada satu gejala yang menjadi patokan ataupun penilaian, yaitu munculnya organ baru pada bagian lidah. Biasanya, organ tersebut hidup menumpang pada bagian atas lidah, yang apabila tersentuh akan menghasilkan rasa sakit yang luar biasa. Ciri-ciri lidah yang sudah terjangkit sel kanker yang pertama ialah ketika makan atau minum merasakan kesulitan untuk menelan, kesulitan menggerakkan lidah ataupun rahang, lidah seperti mati rasa atau bahkan sampai kaku, merasa ada sesuatu hal yang mengganjal pada bagian tenggorokan Gejala-gejala lain yang mengindikasikan kanker lidah di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Sakit tenggorokan yang berlangsung terus-menerus.
  • Bercak berwarna merah atau putih, benjolan, atau sariawan yang tidak kunjung sembuh.
  • Sakit saat menelan.
  • Rasa kebas dalam mulut yang tidak kunjung hilang.
  • Pendarahan tanpa sebab yang jelas pada lidah.
  • Rasa sakit pada telinga.
Sejumlah indikasi di atas mungkin saja disebabkan oleh penyakit atau infeksi selain kanker lidah. Tetapi Mom sebaiknya tetap waspada dan memeriksakan diri ke dokter jika gejala-gejala tersebut berlangsung lebih dari tiga minggu, terutama jika Mom adalah perokok berat dan sering mengonsumsi minuman keras.

Hati-hati! Selain lidah, kanker ini bisa menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Satu hal lagi yang perlu digaris bawahi adalah bahwa penyakit kanker lidah bisa menyebar ke organ lain disekitarnya, seperti mulut, pipi bagian dalam, dan juga bisa sampai menularkan pada paru-paru. Jadi, dengan mengetahui segala hal mengenai penyakit ini, lebih menjaga kesehatan lagi ya Mom. Mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolah raga, makan makanan yang bergizi dan bervitamin, banyak minum air putih serta jauhi stres, kelelahan, merokok serta seks bebas. Yuk, Mom mulai hidup sehat!  ]]>

What's Your Reaction?
Kaget
0
Lucu
0
Sedih
0
Suka
0
Terpesona
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Blogger Perempuan Network. All Rights Reserved.

Scroll To Top