Now Reading
Perlukah Mom Waspada dengan Aplikasi Tik Tok? Ini Alasannya!

Perlukah Mom Waspada dengan Aplikasi Tik Tok? Ini Alasannya!

Dunia digital bisa mengubah seseorang menjadi apa saja. Pengaruhnya pun luar biasa. Seperti halnya fenomena Bowo tik tok yang sedang viral di dunia digital. Apakah Mom sudah mengetahui tentang aplikasi ini? Tik tok merupakan sebuah aplikasi pembuatan konten video dengan durasi singkat dengan berbagai fitur. Hasil videonya pun bisa dibagikan ke beberapa media sosial. Aplikasi ini sering kali digunakan oleh anak generasi gen Z dengan rentang usia 10 Р18 tahun. Alasannya, karena mudah digunakan dan bisa menghasilkan video yang bagus dan lucu. Belakangan ini, aplikasi Tik tok menduduki peringkat pertama di play store dan app store. Kabarnya bahkan pengguna Tik tok sudah mencapai 120 juta pengguna di seluruh dunia. Tentu Mom tahu,  banyak sekali dampak yang ditimbulkan dari dunia digital. Termasuk pada aplikasi Tik tok ini. Nah, sekarang apakah Mom tahu jika anak Mom sedang atau tidak menggunakan aplikasi tersebut. Atau jangan-jangan sudah terpapar beberapa konten yang tidak mendidik dan tidak sesuai dengan umur mereka?

Waspada dengan konten di aplikasi tik tok yang tidak mendidik termasuk dengan informasi data diri anak yang tersebar.

Salah satu hal yang harus diwaspadai adalah sebuah privasi. Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi sosial media lainnya yang memberikan sebuah kebebasan untuk mengunggah foto dan video. Bedanya, tik tok mempunyai berbagai fitur untuk mengekspresikan diri dalam sebuah video. Tahu sendiri kan Mom, apapun yang diunggah ke sosial media akan menjadi konsumsi publik. Termasuk informasi mengenai anak-anak Mom.

Konten yang ada di dalam tik tok bisa saja tidak sesuai dengan umur anak Mom.

Pembuat konten video tik tok serta mem-posting-nya di aplikasi itu tidak bisa mengontrol penyebaran videonya. Siapa saja tentu bisa mengunduh dan menyebarkan ulang video tersebut. Hal ini bisa jadi menguntungkan jika memang si pembuat konten ingin viral dan terkenal, seperti Bowo, pemilik akun @bowo_alpeniebe. Namun demikian bila kasus viralnya adalah video dengan konten negatif tentulah sangat memprihatinkan. Sangatlah tidak bijak jika Mom membiarkan konten yang tidak sesuai dengan usia anak Mom menjadi konsumsinya.

Anak-anak bahkan bisa memuji idolanya hingga berlebihan.

[caption id="attachment_2342" align="aligncenter" width="1000"] contoh salah satu postingan di sosila media dari fans berat Bowo[/caption] Fenomena tik tok ini cukup viral di kalangan anak-anak dan remaja. Baru-baru ini yang sempat hangat dan mencuat ke permukaan adalah kabar mengenai salah satu artis tik tok yang bernama Bowo atau Prabowo. Salah satu remaja, yang konon digandrungi banyak pengguna tik tok, hingga mengadakan sebuah acara meet and greet seperti artis ibu kota. Tidak ada yang salah dengan apa yang dilakukan anak laki-laki yang baru duduk di bangku SMP itu. Hanya saja, beberapa penggemarnya dinilai terlalu over untuk mengekspresikan kecintaannya dengan Bowo tik tok. Bagaimana jika salah satu penggemar Bowo tik tok adalah anak Mom? Tentu, Mom sebagai orang tua harus bisa menasihatinya, kan?

Kecanduan tik tok bisa menjadi petaka, batasi sebelum terlambat!

Apapun yang berlebihan pasti tidak baik ya Mom. Apalagi jika sudah kecanduan. Termasuk bila anak kecanduan bermain tik tok. Sebelum semuanya terlambat, ada baiknya Mom memberikan sebuah pengertian dan menjelaskan pada mereka dampak negatif bila bermain tik tok sampai kecanduan. Mom juga harus membatasi mereka. Namun, jika mereka sudah mulai keranjingan bermain tik tok, sebaiknya Mom mengalihkan perhatian mereka dengan mengikutkan anak-anak kegiatan lain seperti kelas sinematografi. Di sana, anak akan diajarkan membuat film atau video dengan konten yang lebih baik dan bermanfaat. Jadi mereka masih tetap bisa berekspresi sesuai dengan minat dan bakat.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top