Now Reading
Waspada dengan Aplikasi Pinjam Online, yang Katanya Tidak Menggunakan Jaminan Saat Permohonan Kredit

Waspada dengan Aplikasi Pinjam Online, yang Katanya Tidak Menggunakan Jaminan Saat Permohonan Kredit

Di era yang serba digital identik dengan sesuatu yang serba praktis. Tak heran jika banyak sekali penawaran online yang mungkin menggiurkan bagi beberapa orang yang membutuhkannya. Salah satunya adalah pinjaman online. Sebuah pinjaman yang dapat dicairkan tanpa jaminan. Terlebih bagi setiap orang yang sedang membutuhkan. Meskipun terdengarnya mudah dan praktis, ada baiknya jika Mom harus selektif dalam memilih jasa pinjaman dana. Apalagi melalui sebuah aplikasi online. Banyak sekali risiko yang akan Mom tanggung di balik kemudahannya.

Praktik penagihan utang dinilai kurang menyenangkan oleh penyedia jasa peminjaman online.

Sesuatu yang dianggap mudah dan simple di awal, justru akan menimbulkan beragam masalah. Seperti halnya praktik penagihan utang yang dilakukan oleh mereka yang dinilai kurang menyenangkan. Hal ini yang dilakukan oleh salah satu penyedia jasa peminjaman online. Parahnya, mereka akan menghubungi orang-orang yang ada di kontak Mom untuk menagih utang, jika Mom kurang disiplin dalam melakukan pembayaran. Padahal Mom tidak menyertakan kontak orang tersebut dalam emergency call. Jika itu sudah terjadi, tentu Mom akan malu dong sebagai peminjam dana. Apalagi jika yang ada di dalam kontak tersebut beberapa teman lama hingga teman bisnis Mom.

Lantas bagaimana jasa pinjam online bisa mendapatkan data pribadi si peminjam uang?

Sekarang, apapun bisa dilakukan Mom, termasuk mendapatkan data pribadi. Dunia digital seolah menjadi jalan pintas untuk melakukan banyak hal. Bukan suatu yang sulit juga untuk dilakukan terhadap jasa pinjam online dalam mengambil data-data pribadi tersebut. Saat Mom menggunakan aplikasinya, maka tanpa disadari Mom akan disuguhkan dengan berbagai syarat yang salah satunya adalah permintaan untuk mengakses semua kontak pada si peminjam uang. Tak hanya itu, aplikasi ini juga meminta akses untuk membaca SMS, menerima SMS yang masuk hingga mengirim ke seluruh daftar kontak. Secara teknis pihaknya tidak melanggar aturan, sebab sudah mencantumkan sebuah permintaan akses pada detail “Permission” di dalam aplikasinya. Itu artinya pengguna mau tidak mau sepakat dengan aturan main mereka.

Bilangnya tidak menggunakan jaminan, namun ternyata?

Praktis, cepat, dan tanpa menggunakan jaminan. Begitulah kira-kira bahasa marketing yang digunakan oleh sejumlah jasa pinjam online. Yakin tidak menggunakan jaminan? Jaman sekarang lho? Mana ada yang mau rugi? Tentu semuanya juga ingin meraup keuntungan kan? Jika Mom ingin meminjam uang melalui jasa pinjam uang online, maka ada jaminan yang harus Mom berikan adalah data-data dari ponsel milik pribadi Mom. Meskipun bukan sebuah jaminan surat-surat berharga layaknya surat tanah, tapi data yang ada di dalam ponsel sama berharganya. Hal ini pun tidak hanya dilakukan oleh salah satu aplikasi pinjam online saja lho, tapi hampir jasa pinjaman online memiliki fitur yang sama.  Meskipun demikian, aplikasi jasa pinjam uang online ini bukanlah sebuah aplikasi yang buruk. Jika Mom yakin tidak akan bermasalah selama proses pinjaman berlangsung maka kejadian buruk seperti menghubungi seluruh kontak yang ada di ponsel Mom tidak akan terjadi. Mereka pun akan menjaga privasi Mom secara baik. Oleh karena itu, bersikaplah bijak dan teliti sebelum memutuskan dan melakukan sesuatu. Termasuk memutuskan untuk meminjam uang melalui aplikasi pinjam uang online.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top