Now Reading
Waspada! 5 Penyakit Ini Disebabkan Oleh Bakteri

Waspada! 5 Penyakit Ini Disebabkan Oleh Bakteri

Mom, dalam tubuh kita terdapat banyak bakteri.  Tidak hanya di dalam tubuh kita, Mikroorganisme bersel satu prokariotik ini juga ada di sekitar kita. Dia bisa hidup bebas dan dapat ditemukan di mana saja, seperti di udara, tanah, air, debu, dalam tubuh hewan maupun tumbuhan.   Waspada! 5 Penyakit Ini Disebabkan Oleh Bakteri

Tidak semua bakteri, baik untuk tubuh, seperti bakteri patogen yang bisa membuat tubuh Mom terserang penyakit.

Bakteri  memiliki banyak kegunaan dan fungsi baik.  Kegunaan bakteri diantaranya adalah bisa membantu pencernaan makanan, penyerapan nutrisi, produksi vitamin, dan perlindungan terhadap mikroba berbahaya lainnya. Namun demikian, tidak hanya memiliki fungsi baik, ada pula bakteri “jahat” yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit pada manusia.   Bakteri ini disebut dengan bakteri patogen. Bakteri yang bersifat patogen akan memproduksi zat beracun yang disebut endotoksin dan eksotoksin. Zat inilah yang menyebabkan gejala-gejala penyakit terkait bakteri. Penyakit yang disebabkan bakteri dapat menular dan dapat mengakibatkan banyak komplikasi.  Komplikasi penyakit dari yang ringan hingga serius, bahkan hingga mengancam jiwa. Untuk itu, mari kita waspadai penyakit yang disebabkan oleh bakteri. 5 diantara penyakit yang disebabkan bakteri adalah sebagai berikut.

Diare

Penyakit diare biasanya akibat dari makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh.  Sehingga sering dikatakan keracunan makanan. Bakteri yang dapat menimbulkan penyakit diare adalah Campylobacter jejuni (C. jejuni), Clostridium botulinum (C. botulinum), Escherichia coli (E. coli), Listeria monocytogenes (L. monocytogenes), Salmonella, dan Vibirio.  Bakteri tersebut bisa masuk pada makanan, seperti daging mentah, ikan, telur, unggas, dan susu yang tidak dipasteurisasi.  Makanan yang tidak bersih dan tidak sehat juga dapat mendorong pertumbuhan bakteri.

Meningitis

Meningitis adalah penyakit radang selaput otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis sebenarnya tidak hanya  disebabkan oleh bakteri, tetapi juga bisa datang dari virus, jamur, dan parasit. Dampak dari penyakit ini tidak main-main karena bisa berakibat kerusakan otak bahkan berujung pada kematian.  Gejala meningitis biasanya adalah sakit kepala yang sangat kuat, kekakuan di leher, dan demam tinggi. Bakteri yang menyebabkan meningitis bervariasi.  Pada orang dewasa, bakteri yang menyebabkan penyakit ini adalah bakteri Neisseria meningitidis dan Streptococcus pneumonia.  Untuk bayi yang  baru lahir, bakteri yang menyebabkan meningitis adalah Streptococcus Grup B, Escherichia coli, dan Listeria monocytogenes.

Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit pada infeksi paru-paru.  TBC dikenali dengan gejala-gejala, seperti batuk lebih dari tiga minggu, batuk berdahak disertai darah, nyeri dada, berkeringat di malam hari, demam, kehilangan nafsu makan hingga berat badan menurun. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini disebut Mycobacterium tuberculosis.  TBC ini adalah penyakit menular, bisa melalui udara. Oleh karena itu bila terjangkit penyakit ini, perawatan harus dilakukan dengan serius. Perawatan biasanya berkesinambungan.  Perawatan yang tidak tepat bahkan bisa menyebabkan kematian.

Pneumonia

Seperti halnya dengan tuberkulosis, pneumonia adalah salah satu jenis infeksi paru-paru.  Gejala penyakit ini meliputi meliputi demam tinggi, batuk, dan sulit bernafas. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini biasanya adalah Streptococcus pneumoniae.  Penyakit ini terjadi ketika bakteri tersebut dihirup oleh seseorang yang imunnya sedang lemah (tidak sehat) dan berproduksi secara cepat di paru-paru.  Dampak dari bakteri ini bisa menyebabkan infeksi telinga, infeksi sinus, dan meningitis.

Kolera

Kolera adalah penyakit dengan jenis infeksi pada usus.  Seperti halnya dengan diare, kolera bisa terkontaminasi dari makanan dan air.   Sebagaian besar kasus infeksi terjadi di daerah dengan air bersih dan sanitasi makanan yang buruk.  Penyebab pada penyakit kolera adalah bakteri Vibrio chlorae.  Pada penderita kolera biasanya mengalami muntah, kram, bahkan diare yang hebat.  Penyakit kolera yang tidak segera diobati bahkan bisa berdampak pada kematian. Itulah beberapa penyakit yang disebabkan bakteri.  Penyakit-penyakit tersebut menyerang bisa dimulai dengan gejala yang ringan hingga sampai yang berat.  Penyakit-penyakit tersebut tidak bisa dianggap sepele ya Mom karena jika tidak tepat penanganannya bisa berdampak pada kematian.  Untuk penanganan sebelum atau ketika terkena penyakit yang disebabkan bakteri dapat melalui antibiotik maupun vaksin. Sebaiknya jika Mom mengalami gejala-gejala penyakit yang disebabkan oleh bakteri konsultasikanlah kepada dokter.   Sehingga penyakit yang disebabkan bakteri bisa ditangani secara tepat.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top