Now Reading
Tubuh Tetap Sehat Meskipun Diet Karbohidrat

Tubuh Tetap Sehat Meskipun Diet Karbohidrat

Karbohidrat tinggi masih menjadi permasalahan di masyarakat. Terutama bagi wanita, banyak yang mengkhawatirkan berat badan menjadi naik karena terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat. Karbohidrat sangat penting  dan merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh terutama untuk pembentukan energi dan saraf. Jika seseorang melakukan diet karbohidrat maka energi yang terbentuk hanya sedikit. Padahal energi sangat diperlukan manusia untuk melakukan aktivitasnya.

Tip Diet Karbohidrat yang Sehat

Dalam permasalahan diet, Anda harus memilah cara yang lebih efektif dan tidak beresiko tinggi. Berikut ini berbagai tip diet  karbihidratyang sehat yang dikutip dari Health Me Up, diantaranya:

  1. Mengurangi asupan karbohidrat yang terkandung pada nasi putih, pizza, minuman beralkohol, minuman bergula, jus olahan, soda, dan gula putih. Mengurangi bukan berarti Anda tidak mengonsumsinya sama sekali. Maksudnya, jika Anda telah mengonsumsi asupan karbohidrat tersebut maka Anda tidak boleh mengulanginya dalam jam tertentu. Lebih baik Anda mengonsumsi karbohidrat kompleks yang terdapat pada nasi merah dan roti gandum karena karbohidrat tersebut lebih menyehatkan.
  2. Anda bisa mengonsumsi buah dan sayuran segar sebanyak mungkin, karena karbohidrat pada sayuran dan buah tidak tinggi. Sayuran dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang dapat menyehatkan tubuh.
  3. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein dan lemak baik daripada karbohidrat untuk membantu pembentukan energi,  seperti telur, daging, ikan, kacang-kacangan, alpukat, dan kedelai.
  4. Ketika makan, jangan terburu-buru supaya proses pencernaan berjalan dangan baik dan dapat mencegah perut begah atau kembung.
  5. Ketika Anda merasa lapar, sebaiknya Anda tetap makan. Namun, disarankan tidak memakan makanan yang mengandung karbohidrat dengan kadar yang banyak dalam sehari. Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan.
  6. Hindari makanan instan, seperti junkfood, atau olahan lainnya ketika Anda sedang melakukan diet karbohidrat. Direkomendasikan makan makanan masakan sendiri (rumah).
  7. Perbanyak minum air putih namun hindari minuman bergula.
  8. Untuk meningkatkan metabolisme, Anda boleh makan pada 8 jam pertama. Namun setelah itu Anda harus berpuasa pada 16 jam berikutnya.

Diet karbohidrat juga sangat membahayakan bagi tubuh Anda, jika Anda melakukannya dalam jangka waktu lama. Karena pada diet karbohidrat, Anda memperbanyak konsumsi protein daripada karbohidrat maka dalam jangka panjang dapat merusak ginjal. Kinerja ginjal sangat dipengaruhi oleh protein, jika tubuh Anda terlalu banyak asupan protein dari makanan maka ginjal akan bekerja keras untuk mencerna protein. Selain itu, diet karbohidrat juga dapat memengaruhi pembentukan energi, resiko kolesterol tinggi, bau mulut, sembelit, dan sakit kepala. Tidak hanya itu saja, korban diet karbohidrat juga rawan terhadap osteoporosis. Mengapa demikian? Karena kadar protein yang berlebih dapat meningkatkan zat asam dan zat asam itu akan memengaruhi kalsium keluar dari tulang. Meskipun diet karbohidrat beresiko, Anda juga harus mengontrol asupan kadar karbohidrat pada tubuh Anda. Karbohidrat yang berlebih juga dapat beresiko misalnya obesitas.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top