Now Reading
Tokoh Kereta Api Thomas Ajarkan Nilai-Nilai Baik Bagi si Kecil

Tokoh Kereta Api Thomas Ajarkan Nilai-Nilai Baik Bagi si Kecil

Bagi Mom yang memiliki anak laki-laki, mungkin tidak asing lagi dengan kereta api Thomas yang terkenal itu.  Si Biru dengan ciri khas angka 1 pada badan keretanya ini dikenal pertama kali dari sebuah serial televisi anak-anak di Inggris berjudul Thomas the Tank Engine and Friends. Setiap seri yang muncul, tidak hanya menyajikan tontonan yang menarik saja buat anak, tetapi juga dapat membantu Mom untuk mengajarkan berbagai hal dan pembelajaran bagi anak.

Kisah Thomas sangat dekat dengan aktivitas sehari-hari.  Dari sini Mom bisa mengajarkan si Kecil, apa saja nilai kebaikan yang telah Thomas tunjukan.

Cerita Thomas dikemas sesuai dengan kesibukan dan aktivitas sehari-hari. Mom dapat melihat bagaimana indahnya persahabatan yang terjalin antara para kereta di Pulau Sodor, keberaniannya, dan kerja sama yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada. Thomas yang berani dan memiliki ketekunan dalam bekerja tetap menjadi mesin yang percaya diri meskipun hanya sebuah kereta bermesin diesel. Dia tetap berusaha menjadi mesin yang berguna, seperti teman-temannya yang memiliki mesin lebih canggih. Selain itu, Thomas pun selalu disiplin dalam bekerja.  Dia selalu datang tepat waktu dan tidak pernah terlambat dalam bekerja.   Nila-nilai baik seperti yang Thomas contohkan bisa dipelajari anak.  Misalnya saja, dari Thomas, anak bisa belajar tentang menghargai persahabatan, mau bekerja sama, saling menolong, bertanggung jawab, serta disiplin. Namun, Thomas yang baik hati  pun terkadang membuat kesalahan. Suatu saat keluar sifat sombongnya yang berakibat dia dimusuhi oleh teman-temannya. Namun, Thomas sadar akan perilakunya tersebut, dan berhasil mengubahnya kembali serta meminta maaf pada teman-temannya. Hal positif seperti ini lah yang dapat Mom ajarkan pada buah hati. Bahwa kita tidak boleh sombong terhadap orang lain, karena sifat tercela seperti ini akan mendatangkan dampak buruk jika dilakukan dalam waktu jangka panjang. Oh ya Mom, saat menonton, jangan lupa temani ananda ya. Selain mempererat bonding bersama si Kecil, Mom juga sekaligus dapat menjelaskan tentang moral-moral yang ada pada cerita film tersebut.

Kesuksesan di layar televisi, membuat tokoh Kereta Api Thomas juga ada dalam bentuk mainan. Mom bisa membelikan untuk ananda, tapi jangan memaksakan diri loh ya!

Saat ini, Kereta Api Thomas dan teman-temannya juga sudah hadir dalam bentuk mainan loh. Mom boleh membelikan dan mengenalkan mainan ini pada si Kecil, tapi juga tetap mengajarkan untuk tidak hidup konsumtif ya. Sesekali memberikan reward mainan ini dengan syarat yang sudah dibuat dan dimengerti oleh buah hati. Jika dana yang dimiliki tidak memungkinkan untuk membeli mainan, Mom juga bisa membuat kereta sederhana dari dus bekas dan peralatan lainnya yang ada di rumah. Dibutuhkan kreativitas dan kemauan dalam menghasilkan karya mainan buatan sendiri. Ini sama halnya seperti Thomas yang selalu gigih dalam menghadapi masalah dan mampu memecahkan masalah yang ada.

Dengan bermain, buah hati bisa mengembangkan kemampuan motorik dan bersosialisasi kepada teman yang lain.

Lewat mainan, anak-anak juga dapat belajar berbagai hal dan mengembangkan kemampuan motoriknya. Dengan bermain, si Kecil bisa belajar bersosialisai dan berkomunikasi dengan dunia sekitarnya. Ajarkan anak untuk bertanggung jawab dengan mainannya ya, Mom. Rapikan kembali mainan jika sudah selesai dimainkan dan menyimpannya.  Biasakan untuk menaruh kembali pada tempat yang sudah disediakan. Selain itu, si Kecil juga dapat belajar berbagi dengan teman-temannya saat bermain bersama. Ada kalanya anak-anak ingin selalu memiliki barang atau mainan milik temannya. Di sinilah Mom punya peranan penting untuk memberikan pengertian padanya. Ternyata Kereta Api Thomas bisa mengajarkan nilai-nilai baik pada anak ya. Mom, yuk! ajak buah hati bermain bersama.  Selain ananda menjadi senang, bermain bersama bisa sekaligus mengeratkan bonding pada anak.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top