Now Reading
Anti Miskin di Akhir Bulan, Ini Tips Kelola Uang ala CROWDE!

Anti Miskin di Akhir Bulan, Ini Tips Kelola Uang ala CROWDE!

Awal bulan makannya all you can eat tapi menjelang akhir bulan harus bertahan dengan mie instan? Familiar gak sih sama keadaan ini? Kalo iya, tulisan ini cocok banget untuk kamu! Baca sampai habis ya!

Biasanya fenomena merasa miskin di akhir bulan disebabkan oleh kesalahan mengelola keuangan. Banyak orang yang terlalu bersemangat berbelanja di awal bulan sampai kadang melupakan hal-hal esensial lain yang sebenarnya bersifat jangka panjang. Nah biar kamu gak terus-terusan terjebak makan mie instan setiap akhir bulan, ikuti Tips Kelola Uang ala CROWDE yuk!

  • Budgeting

Selalu buat list pengeluaran mengenai kebutuhan dan tabungan secara detail. Kemudian set budget untuk semua pengeluaran dengan bijak. Catat budgeting di buku ataupun aplikasi pencatat keuangan agar kamu bisa lebih mudah mengontrolnya. Jangan lupa selalu bandingkan pengeluaran tiap bulannya untuk menjadi bahan evaluasi.

  • Biasakan membayar semua kewajiban dan tagihan di awal bulan

Jangan tunda-tunda pembayaran kewajiban dan tagihan yang ada di awal bulan. Kewajiban dan tagihan disini seperti membayar listrik, membayar biaya sekolah anak, dll.  Hal ini sangat penting untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak terduga. Selalu jadikan kewajiban dan tagihan menjadi prioritas utama sebelum beralih pada pengeluaran yang lain.

  • Bertanya berulang kali kepada diri sendiri, ini kebutuhan atau keinginan?

Sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan transaksi, selalu tanya ulang apakah kamu benar-benar membutuhkan barang/ jasa tersebut? Sering sekali kita melakukan pembelian secara impulsif ketika banyak godaan seperti promo besar-besaran. Perlu ditekankan bahwa membeli sesuatu itu seharusnya karena kebutuhan, bukan karena sedang promo ya!

  • Pisahkan rekening menabung dari rekening sehari-hari

Ketika rekening sehari-hari dan menabung disatukan, sering kali kita lupa dan tanpa sengaja menggunakan dana tabungan untuk keperluan harian. Terlebih jika fasilitas ATM dan debit bank yang kamu gunakan tersebar di banyak tempat. Akan lebih besar peluang dana tabunganmu terpakai. Oleh karena itu, disarankan untuk memisahkan rekening tabungan dan tidak membawa kartu dari rekening tabungan Ketika kamu berpergian.

  • Investasi 

Meskipun kamu sudah memiliki tabungan, mulai berinvestasi juga penting lho! Tujuan investasi adalah mengembangkan dana untuk jangka panjang. Oleh karena itu, investasi cocok sekali untuk membantu kamu menyusun dan mencapai goals di masa depan. Selain itu, investasi juga bisa menjadi penghasilan pasif.

See Also

Salah satu cara investasi mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi pemodal di CROWDE. CROWDE merupakan wadah permodalan  yang  berfokus pada proyek pertanian, perikanan, peternakan, dan jual beli komoditasnya dari para Penerima Permodalan yang telah menjadi mitra CROWDE. Dengan menjadi Pemodal, secara tidak langsung kamu sudah membantu para petani di Indonesia untuk terus bekerja dan meningkatkan taraf hidup mereka.

Karena ironisnya, meskipun Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang menggantungkan pertumbuhan ekonominya pada industri pertanian, 78% petani rumah tangga yang aktif di Indonesia tidak memenuhi persyaratan permodalan bank sehingga mereka tidak bisa mengembangkan usahanya. Terlebih lagi, saat ini juga kita dihadapkan pada masalah berkurangnya regenerasi petani aktif dan naiknya tingkat pengangguran di desa. Masalah-masalah yang menyebabkan angka kemiskinan inilah yang ingin diatasi oleh PT CROWDE Membangun Bangsa untuk mencapai SDGs nomor satu yaitu “No Poverty” 

Jadi dengan kamu berinvestasi di CROWDE, kamu gak hanya mendapatkan keuntungan tetapi juga sudah ikut andil bersama-sama membantu mengurangi angka kemiskinan dan membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia! Yuk mulai Mulai tanamkan kebaikan sekarang bersama CROWDE!

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top