Tips Diet Sehat Golongan Darah B

Tips Diet Sehat Golongan Darah B (1)

Diet sehat golongan darah B tidak sulit dilakukan. Sebab, golongan darah B bukan termasuk darah yang langka, sehingga hampir semua makanan dapat dikonsumsi.

Karakteristik Orang dengan Golongan Darah B

Sebelum mulai mencaritahu tentang diet yang cocok untuk golongan darah B, kita harus mengetahui karakteristik orang dengan golongan darah B, yaitu:

  • Mudah menyesuaikan diri dengan cuaca dan iklim yang baru.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.
  • Berisiko terkena diabetes tipe 1.
  • Ada kemungkinan terkena gangguan autoimun seperti lupus, Lou Gehrig, dan multiple sclerosis.
  • Cenderung mengalami kelelahan kronis.
  • Rentan mengalami penyakit jantung.
  • Berisiko mengalami keluhan tulang belakang.
  • Sering mengalami gangguan tidur atau insomnia.
  • Rentan terkena penyakit hati.

 

Cara Diet Sehat Golongan Darah B

Gandum, jagung, dan kacang-kacangan adalah makanan yang harus dihindari dalam melakukan diet pada golongan darah B. Sumber karbohirat lain yang juga harus dihindari adalah mi, apalagi mi yang terbuat dari jagung atau gandum. Makanan-makanan ini telah terbukti dapat menaikkan berat badan orang dengan golongan darah B. Namun, jangan khawatir. Anda yang memiliki golongan darah B, dapat tetap mengonsumsi nasi, karena karbohidrat yang satu ini termasuk makanan yang netral.

Kabar baiknya, makanan-makanan dengan kandungan protein dari olahan susu, seperti susu dan keju tidak akan membuat orang dengan golongan darah B menjadi gemuk. Makanan jenis ini justru membantu menjaga metabolisme tubuh. Anda pun bebas mengonsumsi makanan ini.

Mengenai daging, golongan darah B tidak dianjurkan mengonsumsi udang dan daging ayam. Jenis unggas yang disarankan untuk dikonsumsi adalah kalkun. Daging lain yang juga boleh dikonsumsi adalah daging sapi, kambing, dan kelinci. Daging sapi dan kalkun adalah dua jenis daging yang bersifat netral bagi golongan darah B, karena tidak menaikkan maupun menurunkan berat badan.

Golongan darah B dianjurkan juga untuk mengonsumsi makanan laut seperti telur ikan, ikan sarden, dan ikan salem.

Anda yang bergolongan darah B dan sedang melakukan diet sehat, sebaiknya berhati-hati dalam memilih sayuran sebagai asupan. Hindarilah mengonsumsi tomat, baik dalam keadaan utuh maupun yang sudah diolah. Sebab, tomat bersifat mempengaruhi efisiensi metabolisme tubuh bagi golongan darah B. Akibatnya tubuh akan merasa cepat lelah dan menurunnya kadar gula darah dalam tubuh. Sementara itu, sayur yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah wortel dan brokoli, karena dapat membantu menurunkan berat badan.

Untuk buah, Anda dapat mengonsumsi aneka jenis pisang dan semangka. Sebaliknya, hindari mengonsumsi pir, delima, dan kesemek, karena menyebabkan gangguan pencernaan.

Perhatikan Konsumsi Bumbu Masak

Selain bahan dan jenis makanan, Anda harus memperhatikan bumbu masak yang digunakan untuk mengolah makanan diet sehat golongan darah B. Pada dasarnya hampir semua bumbu masakah bersifat netral, yaitu tidak menaikkan atau menurunkan berat badan. Namun, Anda dianjurkan untuk menghindari kayu manis, wijen (termasuk minyak wijen), untuk menghindari reaksi yang berlebihan.

Olahraga

Olahraga menjadi bagian yang tida terpisahkan dari diet sehat golongan darah B. Selama diet, kulit mungkin akan mengendur seiring dengan berkurangnya lemak di dalam tubuh. Dengan berolahraga, kulit akan tetap kencang meskipun kehilangan lemak. Anda dapat memilih jenis olahraga permainan, seperti bulutangkis atau basket. Yang bisa diperhitungkan juga yaitu menari. Fungsi menari sama dengan berolahraga, yaitu tubuh bergerak aktif sekaligus mengeluarkan keringat.

Sudah siap menjalani diet sehat golongan darah B?

 

 

 

What's Your Reaction?
Kaget
0
Lucu
0
Sedih
0
Suka
0
Terpesona
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Blogger Perempuan Network. All Rights Reserved.

Scroll To Top