Now Reading
Tips Belanja Online Aman Agar Tidak Tertipu

Tips Belanja Online Aman Agar Tidak Tertipu

Tips Belanja Online Aman

Belanja online aman bebas dari aksi tipu-menipu kini menjadi satu kebutuhan tersendiri. Pasalnya di jaman yang sudah serba canggih seperti sekarang ini, teknologi yang berkembang cukup membantu dan mempermudah kegiatan orang-orang termasuk kegiatan berbelanja. Untuk memanjakan hobi belanja Anda baik tas, sepatu, baju, produk kecantikan, atau lainnya cukup dengan mengakses internet saja. Kegiatan belanja praktis ini pun dikenal dengan online shopping.

Sayangnya, kemudahan yang ditawarkan tidak terlepas dari ulah nakal beberapa oknum yang ingin mendapat keuntungan melalui modus penipuan. Tidak sedikit orang yang sudah menjadi korban penipuan online shopping. Karenanya, Anda mesti waspada. Agar bisa belanja online secara aman bebas dari tindakan tipu-menipu berikut diberikan beberapa tipsnya:

Pilih Web Terpercaya

Satu hal pasti yang mesti dilakukan bagi Anda yang ingin aman belanja online yaitu memilih web terpercaya. Dalam hal ini Anda bisa browsing di internet untuk mengetahui web komersil mana saja yang profesional dan terpercaya. Selain itu, agar bisa belanja online aman cari tahu pula info seputar orang-orang yang pernah menjadi pelanggan di web tersebut.

Kenali Penjual

Sebelum belanja di suatu toko online, Anda wajib kepo tentang siapa penjualnya. Kenali pula bagaimana barang yang ditawarkan, dari mana asal barang, track record penjualan atau reputasinya. Sekarang ini mudah mencari informasi terkait penjual online shop khususnya mereka yang sudah terbukti melakukan tindakan penipuan. Karena oknum nakal biasanya sudah diblacklist dan informasi lengkapnya bisa dicari melalui mesin pencari seperti Google.

Hindari Harga yang Tidak Wajar

Belanja harga hemat memang menggiurkan. Akan tetapi, pastikan Anda menghindari tawaran harga miring yang tidak wajar. Adapun yang dimaksud harga tidak wajar yaitu harga murah yang sangat murah dibanding harga pasar. Bagaimana pun harga menentukan kualitas.

Kenali Kualitas Produk

Sebelum deal membeli kenali betul kualitas produk. Disarankan untuk browsing terlebih dulu tekait spek produk agar Anda mengetahui apa saja yang mesti disertakan dalam produk jika Anda membelinya. Cocokan pula produk yang ditawarkan dengan definisi produk mulai dari harga, kelengkapan, dan foto pada iklan.

COD

COD merupakan singkatan dari Cash On Demand yang digunakan saat seorang pembeli ingin bertemu dengan pihak penjual. Jadi bisa dibilang COD merupakan transaksi langsung di tempat. Tentu cara ini termasuk cara belanja online aman. Hanya saja COD hanya bisa dilakukan jika pihak pembeli dan penjual berada di kota yang sama.

Rekening Bersama

Salah satu hal yang menuntut Anda untuk waspada belanja online yaitu dikarenakan sistem bayar dilakuan via transfer bank. Bila pembayaran tidak bisa dilakukan secara COD, maka pastikan rekening yang digunakan merupakan rekening bersama. Adapun setidaknya dengan rekening bersama dapat meminimalisir upaya penipuan di dunia maya.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top