Now Reading
Tidak Hanya Nyeri Dada, Ciri-Ciri Penyakit Jantung Ini Bisa Terlihat dengan Beberapa Gejala

Tidak Hanya Nyeri Dada, Ciri-Ciri Penyakit Jantung Ini Bisa Terlihat dengan Beberapa Gejala

Ciri-ciri penyakit jantung bisa dipelajari supaya kita lebih mengenal serta dapat melakukan tindakan preventif, sebelum penyakit jantung menyerang Mom.  Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang membahayakan karena bisa berakibat pada kematian. Jutaan orang telah mengalami penyakit ini. Bahkan, penyakti ini telah menjadi salah satu sumber pembunuh terbesar di dunia. Beberapa kondisi penyakit dapat mengindikasikan penyakit jantung, seperti penyempitan pada pembuluh darah, berkaitan dengan otot jantung,  penyempitan arteri, penyakit arteri koroner, aritmia (penyait yang berkaitan dengan masalah irama jantung), infeksi, dan cacat jantung bawaan.

Sebaiknya Mom waspada dengan penyakit jantung kardiovaskuler.  Kondisi ini bisa menyebabkan serangan jantung, stroke, dan angina.

Penyakit ini kadang menyerang secara tiba-tiba.  Pada beberapa kasus bahkan bisa membuat terjadinya kematian mendadak. Salah satu penyakit jantung yang paling banyak kita dengar adalah penyakit kardiovaskuler. Maksud dari penyakit kardiovaskular umumnya mengarah pada kondisi yang melibatkan penyempitan arteri atau pemblokiran pembuluh darah sehingga sulit bagi darah untuk mengalir. Jika pembekuan darah terbentuk, bisa menghentikan aliran darah.  Akibat dari kondisi ini penderita bisa menyebabkan serangan jantung, stroke, dan angina. Angina ialah kondisi ketika penderita merasakan nyeri dada atau rasa tidak nyaman yang biasanya disebabkan akibat kurangnya aliran darah ke jantung (angin duduk). Serangan jantung terjadi tatkala darah mengalir ke bagian jantung yang tersumbat oleh pembekuan darah. Jika gumpalan ini memotong aliran darah sepenuhnya, bagian dari otot jantung yang dipasok oleh arteri tersebut mulai mati.

Meskipun ketika serangan jantung datang penderita bisa selamat. Sebaiknya tetap jaga kesehatan jantung dengan gaya hidup sehat ya Mom. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Penyakit jantung sebenarnya bisa dicegah atau diobati dengan gaya hidup sehat.  Sementara ketika serangan jantung datang, sebagian penderita bisa juga selamat. Untuk itu, meskipun penyakit jantung bisa diobati, sebaiknya kita juga harus mulai merubah gaya hidup.  Tidak lupa selalu konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit jantung, jenis penyakit jantung apa yang diderita dan bagaimana cara mengobatinya.

Perlu Mom ketahui penyakit jantung ada beberapa jenis. Ciri-ciri penyakit jantung pun tergantung dari jenis penyakit jantungnya.

Ciri-ciri penyakit jantung tergantung pada jenis penyakit jantung apa yang penderita  miliki. Seperti yang telah disebutkan penyakit jantung bisa bermacam-macam. Untuk itulah penting bagi penderita mengetahui ciri-ciri penyakit jantung dan apa yang dirasakan. Adapun untuk ciri-ciri penyakti kardiovaskular dapat berbeda antara pria dan wanita.  Misalnya saja , pria cenderung mengalami nyeri dada. Sementara wanita lebih cenderung memiliki gejala lain bersamaan dengan ketidaknyamanan dada, seperti sesak napas, mual, dan kelelahan yang  ekstrem.

Ciri-Ciri Penyakit Jantung Kardiovaskuler

Adapun secara umum penyakit jantung kardiovaskuler memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini.
  • Nyeri dada, sesak dada, tekanan dada dan ketidaknyamanan dada (angina);
  • sesak napas;
  • rasa sakit, mati rasa, lemah atau dingin di kaki atau lengan jika pembuluh darah di bagian tubuh menyempit;
  • nyeri di leher, rahang, tenggorokan, perut bagian atas atau belakang.

Ciri-Ciri Aritmia Jantung

Ciri-ciri penyakit jantung lainnya ialah yang disebabkan oleh denyut jantung yang abnormal (aritmia jantung).  Kondisi ini menyebabkan detak jantung Mom berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau bahkan jadi tidak teratur. Adapun ciri-ciri penyakit  aritmia jantung sebagai berikut ini.
  • Berdebar kencang
  • detak jantung melambat
  • nyeri dada
  • sesak napas ringan
  • pusing
  • pingsan

Ciri-Ciri Penyakit Jantung Cacat Jantung Bawaan

Ada pula ciri-ciri  penyakit jantung yang disebabkan oleh cacat jantung bawaan.  Ciri-cirinya biasanya menjadi jelas setelah lahir. Gejala cacat jantung pada anak dapat meliputi sebagai berikut ini.
  • Warna kulit abu-abu atau biru pucat.
  • Bengkak di kaki, perut, atau daerah sekitar mata.
Pada bayi, sesak napas saat menyusui menyebabkan kenaikan berat badan yang buruk. Kelainan jantung yang tidak terlalu fatal seringkali tidak didiagnosis sampai nanti ketika sudah masa anak-anak atau ketika telah dewasa. Ciri-ciri panyakit cacat jantung bawaan yang biasanya tidak segera mengancam jiwa seperti sebagai berikut ini.
  • Mudah sesak napas saat berolahraga atau beraktifitas
  • Mudah lelah ketika  berolahraga atau beraktifitas
  • Bengkak di tangan, pergelangan kaki atau kaki.

Ciri-Ciri Penyakit Jantung Karena Lemahnya Otot Jantung

Ada lagi ciri-ciri  penyakit jantung yang disebabkan oleh lemahnya otot jantung.  Pada tahap awal penyakit ini, penderita mungkin tidak memiliki ciri-ciri yang khusus.   Namun lama kelamaan akan menjadi memburuk dan timbul ciri-ciri sebagai berikut :
  • Sulit bernafas baik dengan tenaga atau saat istirahat
  • Pembengkakan kaki, pergelangan kaki, dan kaki menjadi lelah
  • Detak jantung tidak teratur dan terasa cepat
  • Berdebar kencang
  • Pusing dan pingsan
Itulah beberapa ciri penyakit jantung yang harus diwaspadai.  Meskipun ada banyak pengobatan untuk penyakit ini, namun sebaiknya tetap menjaga kesehatan ya Mom.  ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top