Now Reading
Terkena Lupus Bukan Akhir Segalanya, Mom Berikut 7 Langkah Awal Berdamai dengan Penyakit Lupus

Terkena Lupus Bukan Akhir Segalanya, Mom Berikut 7 Langkah Awal Berdamai dengan Penyakit Lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun dan bagi penderitanya akan mempengaruhi seluruh tubuh. Saat awal penyakit lupus menyerang tubuh, gejalanya akan terlihat serupa dengan banyak penyakit lainnya. Bagi sebagian orang terkadang perlu waktu bertahun-tahun sebelum mendapatkan diagnosis dia terkena lupus. Mom, lupus dapat menyerang siapa saja dalam segala usia, namun pada umumnya penyakit ini terjadi pada kelompok usia 15 hingga 40 tahun. Salah satu fakta soal penyakit lupus ini, yaitu kebanyakan penderitanya adalah kaum ย wanita. Jadi Mom perlu waspada juga ya apabila ada saudara, sahabat, ataupun teman di lingkungan Mom yang terserang penyakit lupus. Lupus adalah penyakit autoimun ketika sistem kekebalan tubuh mulai menyerang dirinya sendiri. Beberapa bagian tubuh yang mungkin saja terpengaruh oleh lupus biasanya adalah ginjal, jantung, paru-paru, dan sistem darah. Salah satu tanda fisik yang akan terlihat pada penderita lupus itu akan muncul ย ruam kulit dan malar (ruam kupu-kupu) di hidung. Selain harus berdamai dengan rasa sakit yang muncul ketika penyakit lupus menyerang, penderita lupus pun mau tak mau harus berdamai juga dengan lingkungan sekitar. Minimnya pengetahuan orang-orang di sekitarnya tentang penyakit lupus sering kali menjadi kendala tersendiri. Berikut ini 7 tip yang dapat dilakukan agar penderita lupus dapat berdamai dengan kondisi tubuhnya dan lingkungan sekitar.

Hendaknya penderita memilih dokter yang tepat sebagai bahan rujukan. Selain dokter yang mumpuni dapat memberikan informasi yang benar, kepercayaan juga menjadi modal yang penting. Tanpa kepercayaan kepada dokter, pasien akan menjadi tak nyaman.

Pasien lupus umumnya memiliki beragam dokter, termasuk rheumatologist (untuk persendian). Rasa percaya pada dokter yang merawat merupakan salah satu faktor yang penting dalam mendukung usaha pemulihan kondisi tubuh. Jika sudah klop dan merasa nyaman dengan dokter, penderita lupus akan lebih mudah untuk menginformasikan berbagai kondisi tubuh yang dialaminya dan sesegera mungkin mendapatkan penanganan dari dokter kepercayaannya.

Sebaiknya pasien juga mempelajari sebanyak mungkin tentang Lupus. ย Sehingga banyak informasi yang didapat.

Banyak-banyak bertanya kepada dokter, juga menggali informasi seputar lupus dari berbagai sumber. Baik dengan membaca buku ataupun mencari referensi online.

Tetap menjaga kesehatan tubuh dengan tidur yang cukup. Tak hanya tidur, makan dan minum juga perlu dijaga ya Mom.

Jaga kondisi tubuh dengan cukup minum dan makan. Jangan lupa ย meluangkan waktu untuk bersantai dan beristirahat.

Kenali tanda-tanda serangan rasa sakit yang mungkin timbul, meskipun tanda itu kecil. ย Bagaimanapun lupus adalah penyakit yang tak main-main.

Cari tahu apa kira-kira yang menjadi penyebabnya. Gara-gara paparan sinar matahari kah, stress kah, ataupun tekanan kerja yang terlalu tinggi. Jika sudah mengenali tanda-tanda pemicu rasa sakit, segera konsultasi dengan dokter agar bisa mengendalikan efek dari rasa sakit yang muncul. Bagi penderita lupus, sebaiknya jangan sungkan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter. Penyakit ini cukup serius sehingga apapun tanda kecil yang muncul pada tubuh sebaiknya segera dikonsultasikan dengan ahlinya.

Jangan lupakan tabir surya bagi penderita lupus, karena biasanya pasien sangat sensitif terhadap sinar ultraviolet.

Mayoritas pasien lupus sensitif terhadap sinar UV atau sinar matahari. Sebaiknya gunakan tabir surya dan hindari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Memberikan pengertian dan komunikasi yang yang baik terhadap keluarga penderita lupus juga penting loh! Sebab masih banyak yang tidak tahu tentang penyakit lupus.

Tak hanya penderita lupus saja yang akan mengalami kesulitan saat harus menjalani perawatan. Keluarga dan orang sekitar juga akan mengalaminya, bahkan mungkin ada yang tidak paham dengan apa sesungguhnya penyakit yang menyerang si penderita. Oleh karena itu penting untuk selalu berkomunikasi secara baik dengan mereka seputar penyakit lupus agar mereka memahaminya.

Jangan sungkan untuk mengajak penderita lupus bergabung dengan komunitas peduli lupus ya Mom. Sebab saling support antar sesama penderita bisa membangkitkan semangat juga.

Bergabung dengan komunitas peduli Lupus perlu juga dilakukan agar bisa mendapatkan berbagai informasi penting seputar penyakit lupus. Dukungan dari sesama penderita lupus juga akan membangkitkan semangat untuk terus menjaga kesehatan meskipun kondisi tubuh sering mendapat gangguan akibat penyakit yang diderita. Nah itulah beberapa tip untuk berdamai dengan penyakit ini. ย Mom juga bisa ikut membantu orang-orang tercinta yang mungkin saja terkena penyakit lupus dengan kiat di atas. Yang terpenting dari semua itu adalah menghindari stres pada penderita. ย Sebab kondisi ini akan memicu berbagai tanda sakit yang menyertai lupus, seperti yang telah disebutkan tadi.  ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ยฉ 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top