Now Reading
Tanda Tanda Penyakit Ginjal

Tanda Tanda Penyakit Ginjal

Tanda-tanda penyakit ginjal kadang kala tidak disadari. Padahal penyakit ginjal tidak bisa dianggap sepele.  Oleh sebab itu, mengetahui tanda-tanda penyakit ginjal sangat disarankan supaya kita lebih sadar terhadap penyakit ini. Ginjal adalah salah satu organ dalam tubuh yang vital. Kita memiliki dua ginjal yang letaknya berada di kedua sisi tulang belakang, posisinya tepat di atas pinggang.  Fungsi ginjal ialah sebagai penyaring darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Ginjal pula lah yang akan memisahkan racun, membentuk urin, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa, mengatur kadar kalium dalam darah, mengekskresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh, memproses ulang zat yang masih berguna bagi tubuh, mengatur volume cairan dalam darah, mengatur keseimbangan kandungan kimia dalam darah, mengendalikan kadar gula dalam darah, penghasil hormon, menjaga tekanan osmosis, dan menjaga kadar ph darah. Begitu pentingnya fungsi ginjal dalam tubuh, sehingga apabila terjadi masalah akan menganggu sistem yang bekerja dalam tubuh.  Penurunan fungsi ginjal berakibat timbulnya berbagai masalah kesehatan ginjal.  Penyakit yang ditimbulkan dari ginjal itu sendiri juga memiliki spektrum yang luas, apalagi ditambah dengan komplikasi. Untuk itu, sangat penting bagi kita mengetahui tanda-tanda penyakit ginjal.   Supaya penyakit ginjal bisa tertangani secepatnya.  Jika terlambat dalam penanganannya bisa berakibat fatal, bahkan dapat mengancam jiwa.

Tanda Tanda Penyakit Ginjal

Sebagian orang mungkin tidak terlalu merasakan atau sengaja tidak terlalu mengindahkan tanda-tanda terkena penyakit ginjal.  Padahal sudah seharusnya kita tetap sadar dan peduli tentang kesehatan ginjal ini dan mulai sadar tehadap tanda-tanda penyakit ginjal.   Apabila  Anda memiliki satu atau lebih dari 15 gejala atau tanda-tanda  di bawah ini, atau khawatir dengan masalah ginjal, segeralah temui dokter untuk pemeriksaan darah dan urine. Di bawah ini beberapa tanda-tanda penyakit ginjal.  Namun demikian tentu saja,  banyak tanda-tanda pada yang disebutkan di bawah ini bisa disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya.  Satu-satunya cara untuk mengetahui penyebab secara pasti adalah dengan menemui dokter Anda.  Berikut tanda-tanda penyakit ginjal.
  1. Merasa kedinginan (menggigil)
Pada penderita penyakit ginjal kadang merasa kedinginan padahal orang lain merasa suhu udara hangat atau biasa saja. Hal ini karena pengaruh anemia.  Anemia dapat membuat Anda merasa dingin namun di waktu yang sama Anda berada di ruangan yang suhu nya hangat atau biasa saja.
  1. Nafas yang pendek
Pada penderita ginjal, nafas cenderung pendek-pendek padahal penderita tidak banyak melakukan pergerakan.  Hal ini bisa dikarenakan cairan ekstra dalam tubuh yang bisa terbentuk di paru-paru, atau bisa juga karena anemia (kekurangan sel darah merah yang membawa oksigen).  Sehingga ini dapat membuat tubuh cepat mengalami kekurangan oksigen.
  1. Pusing atau sakit kepala
Pusing atau sakit kepala pada penderita ginjal biasanya disebabkan oleh anemia.  Sakit kepala akibat anemia berarti kurangnya asupan oksigen pada otak.  Hal ini dapat menyebabkan masalah memori, masalah dengan konsentrasi, dan pusing.
  1. Merasakan sangat gatal
Tanda-tanda penyakit ginjal yang lain adalah merasakan gatal yang sangat ekstrem.  Gatal tersebut dirasakan hampir menjalar ke seluruh tubuh atau hanya beberapa bagian saja.   Pada kebanyakan perempuan, gatal terjadi pada bagian tubuh, seperti tangan, kaki, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki.  Efek gatal ini diakibatkan gagalnya ginjal membuang limbah dari aliran darah.  Akibatnya ada penumpukan limbah dalam darah sehingga tubuh menjadi gatal.   Ciri lainnya kulit yang gatal tersebut mudah terluka meskipun dengan garukan yang ringan.
  1. Bengkak pada tubuh
Pada penderita penyakit ginjal, ginjal tidak mengeluarkan cairan sisa metabolisme dengan lancar.   Akibatnya terjadilah penumpukan cairan tersebut.  Penumpukan tersebut menyebabkan pembengkakan.  Bengkak yang terjadi biasanya ada di area tangan, kaki, perut, dan wajah.
  1. Kelelahan sepanjang waktu
Kelelahan ini wajar saja dikarenakan hormon EPO yang biasa dibuat oleh ginjal yang sehat akan berkurang kadarnya ketika ginjal terganggu. Itulah beberapa tanda-tanda penyakit ginjal. Rawat dan jagalah ginjal Anda seebelum penyakit datang mendera.  Segera konsultasikan penyakit Anda apabila telah mengalami tanda-tandapenyakit ginjal tersebut.    ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top