Now Reading
Simple Vacation

Simple Vacation

“Work hard, play hard.”

            Begitu yang sering dikatakan orang-orang. Bekerja dengan keras, juga bersenang-senang dengan sama “kerasnya”. Mengapa manusia perlu bersenang-senang? Karena tubuh dan pikiran manusia perlu juga diberi haknya: istirahat. Tubuh yang kita kendarai bukan mesin yang tidak akan aus, otak yang kita gunakan bukan software yang bisa beroperasi terus-menerus. Ada banyak cara untuk bersenang-senang, salah satunya adalah dengan liburan.

            Liburan bukan hanya pergi ke destinasi wisata, liburan bisa juga dengan melakukan hal-hal sederhana tapi memberi kesan istimewa. Toh, tujuan liburan adalah untuk relaksasi, tidak harus dengan cara pergi-pergi.

            Ada banyak cara untuk menikmati liburan, beberapa poin ini barangkali bisa dijadikan referensi agar tubuh dan pikiran Anda kembali rileks.

  1. Membaca

Bagi sebagian orang, terutama penulis, membaca adalah hiburan sekaligus liburan. Pilihlah buku-buku yang tidak terlalu “berat”, novel atau kisah-kisah inspiratif bisa menjadi pilihan. Atau kalau Anda memiliki buku-buku yang dibeli tapi tidak pernah dibaca, cobalah “menebus dosa” dengan mulai membacanya.

  1. Nonton

Menonton di bioskop sudah terlalu biasa, bahkan mungkin Anda melakukannya nyaris setiap minggu. Anda bisa mencoba hal lain, misalnya menyewa atau membeli DVD film-film yang sudah tidak atau memang tidak tayang di bioskop. Film-film festival atau film-film pendek yang dibuat oleh para indie movie maker tidak kalah menarik dari film yang ditayangkan di bioskop. Anda bisa menontonnya sendirian, bersama keluarga, atau bersama teman.

  1. Home Spa

Manjakan diri Anda sendiri dengan bersih-bersih dari ujung rambut sampai ujung kaki. Jika biasanya Anda hanya menghabiskan sekitar 5-15 menit untuk mandi karena tidak memiliki waktu banyak, manfaatkan waktu senggang saat liburan untuk personal general cleaning. Banyak produk-produk spa yang mudah digunakan sendiri. Mulailah dengan creambath, facial (termasuk pealing dan maskeran), luluran, sampai manicure dan pedicure. Jika Anda tidak suka dengan produk-produk kosmetik yang dijual di pasaran, Anda bisa membuatnya sendiri dari bahan-bahan alami.

  1. Pijat Refleksi

Luangkah waktu 60 atau 90 menit untuk pergi ke tempat pijat refleksi. Pilih yang tempatnya nyaman dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Jika tidak memiliki bayangan tempat mana yang harus dikunjungi, mintalah rekomendasi dari teman atau dari majalah dan Internet.

  1. Hobi

Setiap orang pasti memiliki hobi. Memang, ada orang-orang beruntung yang bekerja di bidang yang mereka senangi, tapi melakukan hal yang disenangi karena tuntutan profesi dengan ketika kita benar-benar menginginkannya adalah hal yang berbeda. Ketika liburan, lupakan sejenak pekerjaan, lakukan hobi Anda dan bersenang-senang.

  1. Mencoba Hal-Hal Baru

Anda punya to do list atau project to try tapi tidak pernah sempat melakukannya karena kesibukan? Lakukan itu di saat liburan.

  1. Quality Time

Mengejar karier kadang membuat orang-orang lupa untuk bersosialisasi. Coba ingat-ingat, berapa banyak janji yang terpaksa diingkari karena Anda tidak memiliki cukup waktu? Saat liburan bisa juga dimanfaatkan untuk kembali membangun dan memperbaiki hubungan dengan orang-orang terdekat. Pasangan, anak-anak, atau teman-teman, misalnya.

  1. Tidur

Sel-sel di dalam tubuh manusia beregenerasi ketika kita sedang tertidur. Tidur yang cukup dan berkualitas selain berpengaruh terhadap kesehatan tubuh juga berpengaruh terhadap kesehatan mental. Orang yang kurang tidur cenderung lebih sulit mengontrol emosi dan lebih mudah depresi. Jika di hari kerja Anda sering sekali begadang, tidurlah yang cukup ketika liburan agar tubuh Anda kembali fresh.

*

            Tapi yang paling penting dari semua poin di atas adalah, selesaikan seluruh pekerjaan sebelum berlibur agar liburan Anda tidak terganggu dengan deadline-deadline atau pending-an pekerjaan.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top