Now Reading
Simak Ciri-Ciri Penyakit Gula Berikut Ini. Gaya Hidup ternyata Bisa Mempengaruhi

Simak Ciri-Ciri Penyakit Gula Berikut Ini. Gaya Hidup ternyata Bisa Mempengaruhi

Ciri-ciri penyakit gula atau diabetes sebaiknya harus Mom ketahui.  Sebab penyakit gula termasuk penyakit yang menyeramkan apabila penderita abai dan tidak segera diobati.  Meskipun demikian, ternyata banyak orang yang kurang sadar, cuek bahkan tidak tahu tentang penyakit gula ini.  Akibatnya banyak sekali kasus ketika terkena penyakit gula berujung kematian.  Oleh karena itulah, sangat penting bagi kita untuk mengenal ciri-ciri penyakit gula. Penyakit gula sangat erat kaitannya dengan kadar gula (glukosa) dalam darah yang ada di tubuh kita.  Glukosa yang ada di dalam darah kita sebenarnya digunakan untuk tubuh sebagai tenaga. Insulin adalah sel-sel tubuh yang menggunakan glukosa.  Jika insulin yang berada dalam tubuh terganggu kinerjanya sehingga tidak menjalankan fungsinya dengan baik, maka akan terjadi gangguan.  Kekurangan insulin mengakibatkan kondisi kadar gula dalam darah menjadi tinggi atau di atas batas normal. Hal ini yang akan menjadi penyakit gula.

Jangan remehkan penyakit gula Mom karena dampaknya bisa kemana-mana loh.

Tahukah Mom? Dampak yang diakibatkan dari penyakit gula pun tak main-main.  Penyakit gula dapat merusak organ tubuh, seperti ginjal, gigi, mata, syaraf, dan jantung.  Pada penderita penyakit gula juga sangat berisiko terkena infeksi, seperti luka yang sulit sembuh atau sulit mengering.  Selain itu, penderita penyakit gula juga bisa diamputasi atau mengalami kematian akibat komplikasi.

Mom ternyata selain keturunan, gaya hidup juga menjadi sebab penyakit gula.  Berhati-hati ya Mom!

Penyebab dari penyakit gula bisa disebabkan oleh faktor keturunan atau genetika.   Akan tetapi, saat ini penyakit gula juga banyak terjadi akibat gaya hidup. Penderita penyakit gula ini pun akhirnya lama kelamaan meningkat setiap tahunnya.  Williams textbook of endocrinology menyebutkan bahwa pada tahun 2013 diperkirakan bahwa lebih dari 382 juta orang di seluruh dunia menderita penyakit gula.

Mom, kenali ciri-ciri penyakit gula agar tindakan kuratif bisa dilakukan lebih dini.

Supaya Mom tidak lengah, maka perhatikan ciri-ciri penyakit gula.   Oleh karena, penyakit gula ini bisa mengenai siapa saja, bahkan anak-anak Mom sekalipun.  Maka sebaiknya Mom lebih peduli. Adapun ciri-cirinya diantaranya adalah :
  1. sering buang air kecil,
  2. dehidrasi,
  3. sering lapar,
  4. berat badan turun tanpa diinginkan,
  5. kesemutan,
  6. mudah lelah,
  7. tubuh pegal-pegal,
  8. pandangan menjadi kabur,
  9. mulut terasa kering,
  10. mudah menguap karena mengantuk,
  11. gatal-gatal di kepala,
  12. bau mulut,
  13. kaki membengkak,
  14. luka yang sukar kering atau disembuhkan,
  15. kerusakan pada gusi,
  16. masalah kulit, seperti gatal,
  17. terserang infeksi,
  18. pegal-pegal pada otot,
  19. sakit kepala atau pusing,
Perlu diingat Mom, tidak harus semua ciri-ciri penyakit gula ini dialami penderita.  Ada beberapa penderita yang hanya merasakan empat sampai lima ciri-ciri saja. Sebaiknya Mom langsung segera periksakan kesehatan, jika terjadi ciri-ciri penyakit gula seperti yang telah disebutkan di atas. Selain ciri-ciri penyakit gula ada juga tipe penyakit gula yang juga berkaitan.

Diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2merupakan tipe penyakit gula, kenali ciri khasnya agar semakin waspada.

Penyakit gula atau diabetes memiliki dua jenis tipe, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.   Setiap tipe memiliki ciri khas yang berbeda. Tipe diabetes adalah sebagai berikut ini.
  1. Penyakit gula atau diabetes melilitus (DM) tipe 1 Pada penderita penyakit gula atau diabetes melilitus (DM) tipe 1 ini, sebagian besar penderita disebabkan oleh proses autoimun.  Penderita tipe ini akan mengalami kehilangan kestabilan dalam menjaga kadar gula.  Penderita diabetes tipe 1 mengalami kerusakan pada sel beta pankreas  (kelenjar ludah perut) karena proses autoimun, progresif, dan berakibat kekurangan insulin. Semua penderita diabetes melilitus (DM) tipe 1 akan membutuhkan insulin seumur hidupnya.
  2. Penyakit gula atau diabetes melilitus (DM) tipe 1Pada penderita penyakit gula atau diabetes melilitus DM)tipe 2, sebagian besar disebabkan oleh pengaruh gaya hidup, namun demikian tetap ada risiko karena keturunan.   Rata-rata penderita pada penyakit tipe ini berat badannya masuk dalam kelas overweight atau obesitas.
Begitu seriusnya dampak yang diakibatkan oleh penyakit gula ini, maka sebaiknya Mom berusaha untuk mencegah terjadinya penyakit ini. Terutama penyakit gula yang disebabkan oleh gaya hidup.  Beberapa cara pecegahan yang bisa Mom lakukan diantaranya adalah mengendalikan gula darah, tidak merokok, menjalankan pola makan yang sehat, menjauhkan diri dari stres, berolah raga, dan istirahat yang cukup.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top