Now Reading
Bahaya! Salah Menemukan Posisi Tidur Saat Hamil Bisa Menyebabkan Keguguran. Simak Do's and Don'ts-nya

Bahaya! Salah Menemukan Posisi Tidur Saat Hamil Bisa Menyebabkan Keguguran. Simak Do's and Don'ts-nya

Posisi tidur saat hamil sering kali dikeluhkan oleh para Mom. Namun hal tersebut tidak boleh disepelekan loh, Mom. Faktanya terdapat sebuah korelasi positif antara keguguran dengan posisi tidur ibu hamil muda. Hal itu sudah dibuktikan dari hasil penelitian Thomasina Stacey dari University of Auckland. Apabila Mom salah mengambil posisi, maka aliran darah untuk janin menjadi terhambat. Salah posisi tidur bisa mengakibatkan kematian janin. Hal tersebut dikarenakan adanya peredaran darah yang tidak lancar, sehingga asupan oksigen berkurang. Risiko lain yang terjadi adalah bisa menyebabkan kerusakan otak, kelainan jantung, serta autisme. Untuk itu Mom, perhatikan posisi tidur saat hamil.  Ada hal yang sebaiknya Mom lakukan ada juga yang sebaiknya jangan Mom lakukan.

Sleep on Side (SOS), ternyata posisi tidur yang bisa memberikan janin aliran darah dan nutrisi makanan.

Sleep on side atau tidur miring adalah posisi yang baik untuk ibu hamil. Mom bisa mengambil posisi menyamping ke kiri agar janin memperoleh aliran darah. Zat gizi makanan pun bisa diserap dengan baik dan maksimal ke dalam plasenta. Ketika Mom tidur dengan posisi miring ke kiri, vena besar di tulang belakang mengalirkan darah dari tubuh ke jantung bagian bawah. Hal ini pun mampu meringankan kinerja jantung, sehingga ibu hamil terhindar dari gangguan kardiovaskular. Manfaat lainnya yang didapatkan dengan tidur posisi miring adalah bisa melancarkan aliran getah bening ke seluruh tubuh. Cairan inilah yang membawa sel darah putih untuk meningkatkan imun. Mom pun akan terhindar dari penyakit selama masa kehamilan.

Menggunakan bantal yang nyaman selama tidur agar tidur Mom menjadi lebih nyenyak.

Saat masa kehamilan di trimester awal, sering kali Mom merasa tidak nyaman saat tidur. Mom bisa memanfaatkan bantal berbentuk huruf U. Model bantal ini bisa menyangga bagian perut, punggung, kepala serta lutut. Selain itu, penggunaan bantal berbentuk U bisa mencegah sakit punggung, mampu mengurangi tekanan di bahu, leher, dan pinggang pada Mom saat hamil muda.

Beberapa posisi tidur ibu hamil tidak disarankan karena berbahaya untuk janin. Apa saja?

Ada beberapa posisi tidur ibu hamil yang tidak di sarankan. Perhatikan hal ini ya Mom! Jangan sampai salah posisi tidur.

#Miring ke kanan

Tidur dengan posisi miring ke kanan bisa menghambat sirkulasi oksigen untuk janin. Posisi ini juga menghalangi aliran makanan yang akan masuk ke plasenta Mom. Jika sudah begitu, bayi akan kekurangan dan tidak mendapatkan asupan nutrisi.

#Posisi tidur tengkurap

Sejak trimester awal sampai akhir kehamilan, Mom tidak dianjurkan tidur dengan posisi tengkurap. Posisi tengkurap justru akan memberikan tekanan pada rahim dan mengakibatkan aliran oksigen untuk janin menjadi berkurang.

Tidur Bumil Sering Tak Nyenyak? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

#Posisi kepala lebih tinggi saat tidur telentang

Mom juga harus menghindari tidur dengan posisi kepala lebih tinggi karena bisa menyebabkan nyeri leher dan punggung. Selain itu, bisa menyebabkan tekanan pada ginjal, hati, serta plasenta. Sebaiknya sejajarkan bantal dengan badan supaya Mom tidur dengan nyaman.

#Tidur dengan posisi setengah duduk

Tidur dengan posisi setengah duduk memang terkesan lebih nyaman. Banyak sekali ibu hamil yang mempraktikan tidur dengan posisi seperti itu. Tapi, posisi tidur dengan setengah duduk tidak dibenarkan. Setelah bangun tidur, punggung Mom akan merasa nyeri loh. Hal tersebut dikarenakan adanya tekanan di tulang belakang. Posisi ini juga tidak baik untuk sirkulasi darah ke jantung.

#Tidur telentang ketika hamil muda

Tidak ada larangan untuk tidur dengan posisi telentang saat hamil. Saat kehamilan berada di usia trimester 1, Mom bisa tidur dengan posisi telentang. Tapi ketika kehamilan masuk di usia trimester 2, Mom sebaiknya tidak tidur dengan posisi telentang. Hal ini bisa membahayakan keselamatan janin selama dalam kandungan. Nah, posisi tidur mana yang sering Mom lakukan. Jangan sampai salah menentukan posisi tidur ya Mom.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top