Now Reading
Sedapnya Resep Sup Ikan Gurame yang Bergizi Ini. Cocok Banget Sebagai Hidangan Keluarga

Sedapnya Resep Sup Ikan Gurame yang Bergizi Ini. Cocok Banget Sebagai Hidangan Keluarga

Protein sangat dibutuhkan tubuh karena berfungsi sebagai zat pembangun dan pendorong metabolisme di dalam tubuh. Protein bisa didapatkan dari tumbuhan maupun hewan. Salah satu jenis hewan yang memiliki protein tinggi adalah ikan. Ikan yang memiliki kandungan protein tinggi adalah ikan gurame (gurami). Gurami memiliki 19% kandugan protein yang lebih tinggi dibanding ikan lainnya.

Ikan Gurami Memiliki Kandungan Gizi Selain Protein

Namun bukan hanya protein yang dimiliki oleh ikan gurami. Ikan gurami memiliki banyak nutrisi yang diperlukan tubuh, diantaranya adalah: 1. Vitamin E Ikan yang didominasi dengan warna hitam ini ternyata memilii kandungan vitamin E yang sangat baik untuk kulit.  2. Lemak Lemak yang terkandung dalam ikan gurami bukanlah lemak yang berbahaya bagi tubuh. Justru jika dibandingkan dengan daging, ikan gurami hanya memiliki 2,2% kandungan lemak, sedangkan daging mencapai 10%. Lemak dalam ikan gurami bermanfaat sebagai cadangan energi bagi tubuh. 3. Vitamin D Kandungan vitamin D dalam ikan gurami sangat baik untuk kesehatan tulang, terutama jika dikonsumsi oleh anak-anak. Vitamin D juga ternyata mampu menenangkan suasana hati. Hal ini dikarenakan hormon serotonin yang mengatur suasana hati dilepaskan karena adanya vitamin D. 4. Asam Lemak Omega 3 Kandungan asam lemak omega 3 telah dipercaya mampu meningkatkan fungsi dan perkembangan otak anak.

Ikan Gurami Juga Bisa Mencegah Penyakit

Dengan kandungan protein dan nutrisi lainnya, ikan gurami mampu mencegah timbulnya beberapa penyakit yang berbahaya, diantaranya adalah:
  1. Penyakit cachexia : penyakit ini merupakan penyakit dengan gejala cepat lelah walau hanya berjalan singkat.
  2. Penyakit marasmus : marasmus adalah kekurangan gizi pada bayi usia 0 hingga 2 tahun. Marasmus ditandai dengan tubuh yang kurus kering namun berperut buncit. Hal ini dikarenakan kurangnya protein dan asupan gizi lainnya.
  3. Penyakit kwashiorkor : kwashiorkor adalah penyakit kekurangan gizi yang terjadi pada anak-anak. Gejalanya sama dengan penyakit marasmus.
  4. Penyakit degenerative : penyakit degenerative adalah penyakit yang umumnya terjadi pada lansia, seperti jantung koroner, hipertensi, hingga kanker.
Bagaimana? Banyak sekali manfaat dari ikan yang mudah kita temui ini, bukan? Ikan gurami memang dikenal sebagai salah satu ikan yang paling sering dan gampang diolah di Indonesia. Mom bisa mengolahnya dengan digoreng, dikukus, atau bahkan dipanggang. Namun ada baiknya jika Mom mengolah ikan gurami dengan menghindari minyak sesedikit mungkin, misalnya saja disup. Ya, campuran sayuran dan ikan gurami tentu akan menambah khasiat makanan tersebut bagi tubuh kita. Apalagi proses pembuatannya jauh dari penambahan bahan yang mengandung kolesterol tinggi.

Resep sup Ikan Gurame

Jika Mom belum tahu mengenai cara membuat sup ikan gurami, berikut kami berikan resep sup ikan gurami istimewa yang dapat Mom praktekkan langsung di dapur Mom. Bahan:
  • 2 ekor ikan gurami yang masih segar
  • 3 cm jahe yang sudah di memarkan
  • 1 buah wortel yang kemudian di iris secara tipis
  • 100 gram kentang yang di potong menjadi bentuk dadu
  • 1 batang bawang daun polong yang lalu  di iris dengan tipis
  • 2 batang daun seledri yang di iris tipis
  • 2 buah tomat merah.Tomat merah kemudian di potong dalam bentuk.  dadu
  • 2 siung bawang putih yang sudah di haluskan
  • 3 butir bawang merah yang sudah di haluskan
  • 1/2 sdt  merica bubuk
  • 6 buah cabe rawit yang kemudian di potong kecil-kecil
  • garam secukupnya atau sesuai selera
  • gula secukupnya atau sesuai selera
  • air secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis secukupnya.
Cara memasak:
  1. Cuci bersih ikan gurami di air mengalir, lalu potong sesuai selera. Untuk menghilang bau amis pada ikan, Mom juga dapat mencampurkan bawang putih dan jahe yang telah di tumbuk secara halus dan kemudian di campurkan dengan air secukupnya sehingga membentuk paste. Kemudian oleskan paste bawang putih dan jahe tersebut pada ikan gurami. Mom juga dapat menambahkan perasan jeruk limau yang di kenal ampuh untuk menghilangkan bau amis pada ikan sebelumnya di masak.
  2. Panaskan minyak, masukkan bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan, tumis hingga harum.
  3. Masukkan jahe, tumis kembali hingga layu.
  4. Tambahkan air, lalu masak kembali hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, masukkan ikan gurami, kentang, dan wortel. Masak sambil diaduk sesekali hingga matang.
  6. Masukkan merica bubuk, gula, garam, lalu aduk hingga rata.
  7. Tambahkan tomat, irisan daun bawang polong juga seledri sambil matikan api.
  8. Pindahkan sup ikan gurami ke piring saji.
  9. Sajikan dalam keadaan hangat.
Mudah, bukan? Bukan hanya mudah, rasanya yang menyegarkan juga sangat cocok dijadikan menu makan siang Mom sekeluarga. Biasakan mengonsumsi ikan dalam keseharian Mom karena sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi anak-anak. Selamat mencoba.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top