Now Reading
Resep Mudah Membuat Cilung Telur Jajanan Murah Meriah

Resep Mudah Membuat Cilung Telur Jajanan Murah Meriah

Pernahkah ketika Anda duduk di bangku sekolah dasar memiliki jajanan favorit? Jika ada, coba sebutkan? Lalu, apakah sempat terlintas dalam benak And auntuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Jika iya, tentu sangat mengasyikan, bukan. Seperti jajanan mura meriah dari Bandung ini, siapa yang tidak kenal dengan cilung telur. Jajanan yang dibuat dengan bahan dasar aci, sering diserbu oleh anak-anak sekolahan. Apalagi dapat di makan dengan aneka rasa mulai dari rasa keju, sapi panggang, dan lainnya. Cilung yang berarti aci digulung merupakan makanan aci yang dicampur dengan telur. Dan inilah Resep Mudah Membuat Cilung Telur.

Bahan Membuat Cilung Telur

Tepung pati memang bahan utama untuk membuat cilung telur. Namun tidak pasti menggunakan aci atau tepung pati dalam membuat cilung telur. Beberapa orang yang telah membuat resep cilung telur ada yang menggunakan tepung sagu atau tepung kanji. Baik tepung yang akan Anda gunakan tepung pati, tepung sagu, atau tepung kanji, siapkanlah satu sendok makan tepung. Kemudian dua buah telur berikut kuning dan putih tidak perlu dipisahkan. Untuk mentega, bubuk jamur, serta abon disesuaikan dengan kebutuhan.

Bumbu Membuat Ciung Telur

Untuk bumbu membuat cilung telur terdiri dari masing-masing setengah sendok teh lada, garam, dan gula pasir. Tiga bumbu sederhana yang mudah untuk Anda peroleh. Sehingga tidak perlu terlalu lama untuk menyediakannya. Bahan dan bumbu yang simpel, menjadikan Resep Mudah Membuat Cilung Telur dapat dilakukan.

Cara Membuat Cilung Telur Enak

Semua bahan dan bumbu kering Anda masukkan ke sebuah wadah seperti baskom.kemudian campur sampai merata. Sedikit demi sedikit berikan air agar lebih mudah mencampurkan seluruh bahan dan bumbu cilung telur. Adonan akhir yang terbentuk adalah tercampur merata dan encer. Adonan encer tersebut Anda masukkan ke sebuah botol bertutup. Jangan lupa untuk terlebih dahulu melubangi tutup botol dengan lubang-lubang kecil. Barulah Anda memanaskan minyak yang ada di wajan. Tuanglah adonan cilung telur tersebut ke wajan. Ketika adonan cilung telur terlihat setengah matang, segera ambil lidi sate dan gulung-gulung. Angkat gulungan tersebut segera samai semua adonan cilung teru dalam botol habis tergulung. Barulah Anda goreng cilung telur yang sudah tergulung dalam lidi sate hingga matang dengan tanda warna kuning kecoklatan. Segera angkat dan taburkan bumbu rasa yang Anda sukai.

Dengan mengetahui resep di atas lalu apakah Anda bingung untuk membuat cilung? Tentu saja tidak. Resep Mudah Membuat Cilung Telur dapat dilakukan oleh siapa saja. Anda yang pandai memasak maupun tidak, sama-sama dapat membuat jajanan yang murah meriah kala Anda sekolah dulu. Jajanan khas Bandung yang sepertinya perlu diperkenalkan lebih luas ke kota-kota lainnya.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top