Now Reading
Kangen Masakan Jawa Timur? Coba Masak Sendiri dengan Resep Masakan Jawa Timur Sehari Hari Yuk Mom

Kangen Masakan Jawa Timur? Coba Masak Sendiri dengan Resep Masakan Jawa Timur Sehari Hari Yuk Mom

  • Rujak Cingur

  • Rujak cingur adalah masakan Jawa Timur yang unik dan khas.  Sebenarnya masakan ini disajikan dengan perpaduan buah dan sayuran beserta dengan khas cingurnya.  Cingur adalah bagian  dari moncong (hidung) sapi. Adapun buah yang biasanya dipakai dalam rujak cingur adalah mentimun, bengkuang, kedondong, nanas, mangga, dan krai rebus.  Krai adalah salah satu varietas mentimun. Untuk sayurannya, Momi bisa menambahkan kangkung dan kecambah.  Sementara untuk kuahnya adalah campuran bumbu kacang, ditambah irisan buah pisang kluthuk atau boleh memakai pisang batu. Bumbu khas lain yang ada di rujak cingur adalah petis. Petis terbuat dari  udang atau dari kulit udang. Nah, sebagai pelengkapnya Momi bisa menambahkan rujak cingur dengan lontong, tahu, atau tempe goreng.
    1. Lontong Balap

    Mom, lontong balap khas Surabaya ini berbeda dengan lontong sayur Padang ya.  Kuah lontong balap berwarna coklat kehitaman karena ada tambahan kecap. Kuah lontong balap akan terasa lebih enak jika memakai kaldu dari daging sapi kemudian ditambah bumbu lainnya, seperti bawang putih, merica bubuk, dan garam. Sepiring lontong balap biasanya berisi tahu, kecambah atau toge yang digabung dengan kuah, dan juga lentho.  Lentho adalah rebusan kacang tolo yang telah dihaluskan, dicampur dengan putih telur ayam, dan diberi bumbu (bawang putih, garam, dan ketumbar). Setelah itu, bisa dicampur dengan parutan singkong dan daun bawang.  Lalu bentuk adonan seperti lontong. Jika lentho ingin disajikan di dalam piring, tinggal dipotong-potong saja.   Lontong balap sangat cocok dinikmati bersama sate kerang dan sambal petis.
    1. Rawon

    Rawon adalah masakan Jawa Timur yang bahan utamanya adalah daging sapi.  Kuah rawon coklat kehitaman namun bukan berasal dari kecap. Melainkan dari kuah kaldu dan bumbu yang dihaluskan, diantaranya adalah kluwak, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, ketumbar, lada, garam, dan gula secukupnya. Adapun bahan utamanya terdiri dari daging sapi sandung lamur dan dengkul sapi yang dibelah.  Untuk pengerjaannya, Mom harus merebus daging sapi dan dengkul sapi hingga setengah lunak saja dengan air yang mendidih. Air rebusan daging jangan dibuang ya Mom, tapi bisa dijadikan kuah kaldu.  Untuk membuat kuah kaldu, Mom bisa menambahkan kaldu bubuk atau kaldu alami dengan daun bawang dan seledri. Selesai membuat kaldu, lanjutkan dengan menumis bumbu halus beserta dengan lengkuas, daun jeruk, dan juga serai hingga matang dan harum. Jangan lupa ya Mom, potongan daging yang tadi direbus dengan setengah lunak turut ditumis beserta dengan bumbunya.  Setelah meresap, masukan tumisan daging ke dalam kuah kaldu yang telah dibuat.   Masak dengan api kecil saja hingga daging benar-benar empuk.  Sajikan rawon selagi hangat.  Rawon juga bisa ditambahkan pelengkap, antara lain perasan jeruk nipis, tauge, dan telur asin. Nah, bagaimana Mom, resep masakan Jawa Timur sehari-harinya menggiurkan bukan?  Itu hanya sedikit dari beberapa resep masakan Jawa Timur sehari-hari yang terkenal.   Tentunya resep masakan Jawa Timur yang lain juga tak kalah menggiurkan. Mom bisa coba juga di rumah untuk disajikan istimewa dengan keluarga. Untuk  takarannya menyesuaikan saja ya Mom. Siapa tahu, Momi malah mendapatkan takaran yang lebih cocok untuk keluarga dari eksperimennya.  Selamat bereksperimen dengan mencoba resep masakan Jawa Timur sehari-hari ya.]]>

    View Comments (0)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    © 2015 Blogger Perempuan Network.
    All Rights Reserved.

    Scroll To Top