Now Reading
Beragam Resep Kue Pukis Istimewa Ini Menggugah Selera. Dari Pukis Durian Hingga Pukis Tape, Dicoba Yuk!

Beragam Resep Kue Pukis Istimewa Ini Menggugah Selera. Dari Pukis Durian Hingga Pukis Tape, Dicoba Yuk!

Indonesia bukan hanya terkenal dengan kekayaan alamnya saja, tapi juga dengan kekayaan kulinernya. Beragamnya suku yang mendiami Indonesia menghasilkan beraneka ragam kuliner yang sangat memanjakan lidah. Bahkan beberapa diantaranya menjadi makanan terenak di dunia. Namun sayang, beberapa kuliner sangat sulit dijumpai saat ini. Salah satu kue khas Indonesia yang saat ini sulit dijumpai tapi mempunyai banyak penggemar adalah kue pukis. Apakah Mom masih ingat dengan jajanan pasar yang mungil ini? Apa Mom ingin menikmatinya lagi dengan mencoba membuatnya sendiri? Berikut adalah beberapa resep kue pukis istimewa yang dapat Mom coba di rumah.

Resep Kue Pukis Durian Istimewa

Bahan Biang: 50 gram tepung terigu protein rendah 85 ml air hangat 6 gram ragi instan Bahan Kue: 4 butir telur 200 gram gula pasir 250 gram tepung terigu protein rendah 200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa 150 gram daging durian, haluskan 1 sdm margarin, lelehkan 1/2 sdt garam 1/2 sdt baking powder 100 gram meises cokelat untuk taburan Cara membuat:
  1. Biang : campur tepung terigu, air, dan ragi. Aduk rata dan diamkan 10 menit. Sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula hingga tercampur rata. Tambahkan biang. Aduk hingga rata kembali.
  3. Masukkan tepung terigu bergantian dengan campuran santan dan durian sambil dikocok perlahan.
  4. Masukkan margarin dan garam. Aduk rata. Diamkan selama satu jam hingga mengembang dua kali dari ukuran sebelumnya. Tambahkan baking powder. Aduk rata.
  5. Panaskan cetakan pukis mini dan oles tipis dengan margarin.
  6. Tuang adonan. Tutup dan biarkan setengah matang. Tabur meises. Tutup lagi dan biarkan matang.
  7. Sajikan hangat.

Resep Kue Pukis Tape Istimewa

Bahan Biang: 1 sdt ragi instan 1 sdm air hangat 1/2 sdt gula pasir Bahan Kue: 2 butir telur 60 gram gula pasir 100 gram tepung terigu protein sedang 100 gram tape singkong, pisahkan seratnya 100 ml santan hangat 2 sdm margarin, dilelehkan 10 gram meises untuk taburan Cara membuat :
  1. Biang : campur tepung terigu, air, dan ragi. Aduk rata dan diamkan 10 menit. Sisihkan.
  2. Blender tape singkong dan santan hangat sampai halus. Sisihkan.
  3. ocok telur dan gula pasir sampai mengembang.
  4. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan larutan ragi instan. Aduk rata.
  5. Tambahkan campuran tape singkong sambil diaduk perlahan. Diamkan selama 20 menit.
  6. Masukkan margarin yang telah dilelehkan dan garam sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
  7. Panggang di cetakan pukis yang telah dioles margarin sampai setengah matang. Tabur meises. Tutup dan biarkan matang.
  8. Sajikan hangat.

Resep Kue Pukis Keju Istimewa

Baha: 2 butir telur 50 gram gula pasir 100 gram tepung terigu protein sedang 1/4 sdt soda kue 1/2 sdt ragi instan 125 ml susu cair 3 lembar keju slice, dipotong-potong 20 gram margarin, lelehkan 30 gram keju cheddar, potong panjang Cara membuat:
  1. Panaskan susu cair. Tambahkan potongan keju slice. Aduk sampai keju larut. Sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang.
  3. Tambahkan tepung terigu, soda kue, dan ragi instan. Uleni sampai rata. Tuang campuran susu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata. Diamkan selama 30 menit.
  4. Masukkan margarin yang telah dilelehkan. Aduk hingga rata.
  5. Tuang ke dalam cetakan pukis yang sudah dipanaskan hingga setengah matang. Tata potongan keju cheddar di atas pukis. Tutup kembali. Masak kembali hingga matang.
  6. Sajikan hangat.
Itulah beberapa resep kue pukis istimewa yang mudah dan praktis untuk dibuat. Kue pukis yang disajikan hangat tentu menjadi cemilan enak dan sehat untuk dinikmati bersama keluarga terutama anak-anak. Mom juga dapat menambahkan bahan atau topping lain agar kue pukis lebih istimewa, seperti selai buah stroberi, madu, atau bahkan es krim. Tips yang dapat Mom gunakan untuk membuat sajian kue pukis Mom lebih istimewa adalah dengan menggunakan bahan – bahan alami, terutama sebagai perasanya. Alangkah baiknya jika Mom menggunakan perasa alami dari buah-buahan segar, seperti  pada kue pukis durian. Perasa kue pukis durian yang Mom gunakan sebaiknya perasa alami dari durian tersebut tanpa menggunakan perasa buatan lainnya. Untuk menambah rasa kue pukis istimewa Mom menjadi lebih gurih dan nikmat, yang harus Mom lakukan adalah menambahkan keju dan susu pada saat membuat adonan kue pukis. Keju dan susu di kenal dapat membuat segala macam makanan menjadi lebih gurih dan creamy. Sajikan kue pukis, si kue mungil tradisional khas Indonesia di tengah waktu kumpul keluarga Mom. Cocok sekali dimakan ketika waktu bersantai. Selamat menikmati, Mom.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top