Now Reading
Resep Kastengel NCC Yang Enak dan Gurih. Cocok Untuk Berbagai Perayaan

Resep Kastengel NCC Yang Enak dan Gurih. Cocok Untuk Berbagai Perayaan

Kastengel merupakan salah satu kue yang paling sering kita jumpai saat hari raya tiba, baik itu Lebaran, Imlek, Tahun Baru maupun Natal. Kastengel sendiri ternyata bukanlah kue asli Indonesia. Kue ini memang berasal dari luar negeri, yakni Belanda.

Sejarah Kastangel dari Belanda Hingga Sampai di Indonesia

Kata Kastengel sendiri berasal dari bahasa Belanda yakni ‘kaas’ yang artinya keju dan ‘stengel’ yang artinya batang. Jadi kastengel adalah batang keju. Di Belanda sendiri, kue kastengel memang berbentuk seperti batang dengan panjang kurang dari 15 cm dan berukuran kurus seperti stik. Teksturnya pun garing dan rasanya gurih dipenuhi dengan rasa keju. Munculnya kue kastengel di Indonesia tidak terlepas dari sejarah penjajahan Belanda. Pada masa itu, kastengel dijadikan sebagai sajian pendamping sup dan campuran salad di rijsataffel dinner karena teksturnya yang garing. Namun karena orang Indonesia lebih menyukai harga yang lebih murah sehingga adonan tepung dibuat lebih banyak daripada keju. Ukurannya juga berubah dari yang panjangnya 15 cm hingga tinggal 4 cm saja. Kastengel pun hanya dapat dijumpai di rumah orang berada saja, karena ketika penjajahan banyak keluarga yang kekurangan secara ekonomi sehingga hanya bisa menyajikan kue dari beras atau singkong.

Kastangel Juga Memiliki Nilai Kandungan Gizi

Selain mempunyai rasa yang enak, kue kastengel juga mengandung berbagai nutrisi seperti energi sebesar 52 kilokalori, protein 2,05 gram, karbohidrat 8,45 gram, lemak 5,2 gram, kalsium 40 miligram, fosfor 28 miligram, dan zat besi 0,24 miligram.  Selain itu di dalam kue kastangel juga terkandung vitamin A sebanyak 202 IU. Hasil penelitian tersebut didapat dari sampel 100 gram kue kastengel. Kue kastengel sendiri tidak harus dibuat dengan satu jenis keju saja. Banyak jenis keju yang dapat digunakan dalam kastengel. Tapi ada 4 jenis keju yang paling baik untuk kastengel karena aromanya yang kuat, diantaranya adalah keju edam, keju gouda, keju parmesan, dan keju cheddar. Untuk keju edam, parmesan, dan gouda biasanya dijadikan sebagai topping atau taburan di atas kue kastengel. Sedangkan keju cheddar yang teksturnya lebih lembut digunakan sebagai bahan campuran adonan.

Cara Membuat Kastangel NCC yang Gurih dan Nikmat

Sebenarnya sangat mudah untuk membuat kue kastengel, hanya saja baru sebagian orang saja yang  tahu cara membuatnya. Jika Mom ingin mencobanya, cobalah resep kue kastengel NCC berikut ini. Bahan:
  • 300 gram butter
  • 200 gram keju edam tua yang sudah diparut. Apabila tidak mendapatkan keju edam, dapat juga di gunakan keju dengan jenis yang lain.
  • 400 gram terigu protein rendah / sedang
  • 2 sdm susu bubuk full cream
  • 2 butir kuning telur
Olesan dan taburan :
  • 2 kuning telor kocok
  • 2 sdm susu kental manis
  • 1 tetes pewarna kuning tua
  • 50 gram keju cheddart parut atau secukupnya
Langkah Membuat
  • Campur butter dan telur, lalu mixer dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Jangan di-mixer terlalu lama.
  • Masukkan keju yang telah diparut, aduk hingga rata dengan menggunakan spatula, kemudian masukkan tepung terigu. Lalu aduk rata kembali.
  • Ambil adonan secukupnya lalu tipiskan adonan dengan menggunakan bantuan plastik lembaran.
  • Cetak adonan kue sesuai selera.
  • Tata di loyang yang sudah dioles tipis margarin, olesi campuran kuning telur dan taburi keju cheddar parut.
  • Panggang dalam oven dengan suhu 120-130’C hingga matang atau sekitar 20 menit dan berwarna coklat keemasan.
  • Angkat, dinginkan di cooling rack baru lalu masukkan ke wadah kedap udara

Tips Membuat Kastangel yang Bisa Bikin Kastangel Mom Tambah Enak

Itulah resep kastengel NCC yang praktis dan mudah dibuat. Mom juga bisa menambahkan bahan lain seperti oatmeal agar kue kastengel lebih menyehatkan. Jika telur yang Mom gunakan berasal dari kulkas, sebaiknya biarkan telur berada di luar hingga suhunya kembali ke suhu ruangan. Jangan gunakan telur yang masih dingin. Beberapa tips lain dalam membuat kastengel NCC yang enak dan gurih adalah, ketika telur dan butter di kocok, pastikan untuk tidak terlalu lama. Hanya sampai telur dan butter nya tercampur rata. Lalu, pastikan keju yang di campurkan sudah rata dengan adonan telur dan butter sebelum di tambahkan tepung terigu. Seperti biasa Kastengel memang lebih di utamakan dengan keju yang di gunakan. Biasanya untuk kastengel keju yang di gunakan adalah keju edam. Namun, Mom juga dapat menggunakan keju jenis lain seperti keju parmesan atau pun keju cheddar yang harganya lebih ekonomis. Untuk butter-nya sendiri dapat menggunakan full butter atau pun butter yang telah di campurkan dengan margarin. Mom bisa segera mencobanya di rumah, bisa untuk hidangan tamu atau sekedar cemilan di rumah. Namun ingat untuk mengontrol jumlah kue kastengel yang Mom makan, ya. Perhatikan selalu jumlah kalori, gula, garam, dan lemak yang masuk dalam tubuh Mom demi kesehatan Mom sendiri. Selamat mencoba.  ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top