Now Reading
Resep Fettucini Carbonara yang Creamy dan Yummy untuk Santapan Keluarga

Resep Fettucini Carbonara yang Creamy dan Yummy untuk Santapan Keluarga

Maraknya kafe yang bermunculan semakin memudahkan kita mendapatkan makanan yang kita inginkan, baik itu makanan khas Indonesia maupun makanan luar negeri. Sehingga kita tidak perlu repot-repot pergi ke luar negeri hanya untuk mencicipi makanan luar negeri. Salah satu menu makanan luar negeri yang sering kita jumpai di berbagai kafe atau restoran adalah fettucini.

Fettucini, Pasta Pipih yang Mirip Spaghetti

Fettucini adalah salah satu jenis pasta yang berbentuk  mirip spaghetti dengan ukuran yang lebih lebar dan pipih. Fettucini biasanya disajikan dengan saus carbonara dan campuran daging asap atau smoked beef. Saus carbonara adalah saus yang terbuat dari susu evaporasi yang ditambahkan keju. Saus carbonara sendiri memiliki rasa yang gurih, creamy, dan manis sehingga sangat disukai oleh anak-anak dan kawula muda. Tidak ada yang tahu pasti mengenai sejarah dari makanan khas Italia yang mendunia ini. Beberapa teori mengatakan bahwa penemu dari resep fettucini carbonara adalah Carbonai. Carbonai adalah seorang pekerja pembuat arang yang tinggal di Pegunungan Apennina. Teori selanjutnya mengatakan bahwa seroang penjual batu bara yang mendirikan rumah makan Carbonara di Roma lah yang menciptakan menu carbonara ini. Terlepas dari berbagai pendapat tentang sejarah makanan ini, fettucini carbonara sendiri mempunyai berbagai kandungan nutrisi yang menyehatkan.

Kandungan Gizi dalam Fettucini

Dalam 1 porsi fettucini carbonara, terdapat 28,63 gram karbohidrat yang berfungsi dalam metabolisme tubuh, kalium sebanyak 447 mg yang berguna untuk kesehatan jantung, serta lemak sebanyak 23,53 gram sebagai cadangan energi. Jika Mom menyukai makanan khas Italia, Mom tentunya dapat mencoba memasukkan fettucini carbonara sebagai salah satu sajian Mom di rumah. Selain itu, dalam pembuatan fettucini carbonara, hal yang paling penting yang harus di ikut sertakan adalah susu dan keju. Hal ini merupakan hal yang biasa di dalam kuliner barat, terutama kuliner – kuliner yang berasal dari negara di benua eropa, dimana fettucini carbonara merupakan salah satu kuliner yang berasal dari eropa. Susu dan keju sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, beberapa manfaat dari susu dan keju yang juga dapat Mom dapatkan di dalam fettucini carbonara ini adalah sebagai sumber kalsium untuk tulang dan gigi, dapat membantu daya konsentrasi otak dan juga untuk kesehata mata Mom. Selain manfaatnya yang banyak, penambahan susu dan keju dapat membuat fettucini carbonara Mom menjadi lebih gurih.

Resep Fettucini Carbonara

Berikut adalah resep fettucini carbonara mudah dan praktis yang dapat Mom coba di rumah. Bahan:
  • ½ kg fettucini mentah
  • 2 sdm minyak goreng atau minyak zaitun
  • ½ sdm garam
  • 200 ml susu evaporasi / susu UHT full cream
  • 125 gr keju cheddar parut
  • 250 gr daging asap, potong kotak-kotak atau memanjang
  • 3 sdm margarin
  • Daun oregano secukupnya
  • 1 sdm bawang putih, cincang halus
  • Parsley cincang secukupnya
  • ¼ btr bawang bombai yang sudah dicincang
Cara membuat:
  1. Rebus fettucini dengan tambahan minyak goreng agar tidak lengket saat ditiriskan, lalu tambahkan ¾ takaran garam selama kurang lebih 7 hingga 10 menit, angkat, lalu tiriskan.
  2. Panaskan margarin hingga meleleh, tumis bawang putih bersamaan dengan bawang bombai sampai berbau sedap. Tambahkan daging asap lalu taburi daun oregano kering dan sisa dari takaran garam. Masak sampai daging benar-benar matang.
  3. Tuangkan susu, rebus kembali hingga jumlah susu agak menyusut dan saus carbonara mengental. Tambahkan keju parut lalu matikan api.
  4. Sajikan fettucini di atas piring, lalu siram dengan saus carbonara dan taburi parsley cincang di atasnya.
  5. Hidangkan fettucini carbonara untuk keluarga Mom.
 

Kreasikan Fettucini Sesuai dengan Selera Mom dan Keluarga

Sajikan fettucini carbonara dalam keadaan masih hangat agar lebih nikmat. Mom juga dapat menambahkan bahan lain ke dalam resep sesuai selera Mom. Jika Mom takut terhadap makanan berlemak, Mom dapat mengganti susu dengan santan atau susu rendah lemak. Sajikan menu Italia yang menjadi kesukaan anak-anak ini di waktu kumpul keluarga Mom. Dijamin anak-anak bakal ketagihan. Tapi pastikan juga untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena kandungan lemaknya yang tinggi kurang baik untuk jantung Mom terutama anak-anak.

Fettucini Carbonara Sebagai Alternatif Menu untuk Usaha

Bagi Mom yang ingin atau sedang berkecimpung dalam usaha kuliner, fettucini carbonara juga dapat Mom masukkan dalam menu Mom. Kepopuleran pasta di kalangan kawula muda bisa menjadi target pasar baru bagi Mom. Pastikan selalu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas untuk menjaga kualitas produk Mom. Mom dapat melakukan kerjasama dengan beberapa pemasok bahan untuk menjaga kualitas produk dan mendapatkan harga bahan baku yang lebih murah. Dan jangan pernah takut untuk mencoba bereksperimen dengan berbagai resep baru yang inovatif karena kunci keberhasilan dari sebuah bisnis adalah kegigihan dan kreativitas. Demikianlah artikel mengenai mengenai resep fettucini carbonara. Silakan Mom kreasikan sendiri resepnya ya. Selamat mencoba.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top