Now Reading
Puput Utami : Ingin Mensyiarkan Hijab

Puput Utami : Ingin Mensyiarkan Hijab

Salah satu tema blog yang sangat difavoritkan oleh pembaca perempuan adalah blog bertema fashion. Dekat dengan keseharian, fashion sudah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup. Puput Utami adalah salah satu blogger yang konsisten mengusung tema blog dengan gaya fashion Islami. Gaya fashionnya yang simple namun chic menjadi salah satu ciri khas tersendiri.

Melalui blognya di www.PuputUtami.com, Puput ingin mensyiarkan gaya berbusana hijab yang cocok digunakan untuk pembacanya yang rata-rata berusia muda. Yuk kita simak apa yang membuatnya begitu konsisten dalam menulis blog dan bagaimana kegiatan silaturahmi dalam sebuah komunitas. Berikut hasil wawancara Blogger Perempuan.

Sejak kapan Puput memulai menulis di blog?

Menulis di blog sebenarnya sudah dari SMA sekitar tahun 2005-an, tapi baru benar-benar konsisten menulis blog di tahun 2009, di bulan pertama mengenakan jilbab.

Apa yang mendasari Puput membuat blog bertema fashion?

Awalnya membuat blog bertema fashion adalah ketidaksengajaan. Karena memang dasarnya aku suka foto dan karena di awal pakai jilbab aku agak kesulitan mencari gaya berpakaian ala wanita berjilbab namun tetap oke, atau ga keliatan tua hehe. Di samping itu, aku ingin mensyiarkan ke teman-teman di luar sana yang masih muda, belum berjilbab tapi ingin berjilbab, bahwa dengan berhijab kita masih bisa berpenampilan cantik, oke tapi tetap dalam jalur agama. Islam. Nah, dari dasar tersebut, lama-lama menjadi sebuah kebiasaan mem-foto outfit yang aku pakai sehari-hari yang kemudian aku publish di blog, kemudian keterusan sampai sekarang. Alhamdulillah sambutannya cukup baik.

Apakah fashion memang sudah menjadi bagian dari hidup Puput?

Menurutku fashion adalah bagian dari hidup semua orang. Tinggal “porsi” nya di setiap orang yang berbeda-beda. Aku sendiri menjadikan fashion sebagai pemanis di kehidupanku sehari-hari, khususnya dalam berbusana.

Tujuan apa yang ingin dicapai dengan menulis di blog?

Tujuan utama dari ngeblog adalah menyalurkan hobi menulis, bercerita, sharing pengalaman dan ide. Entah itu ide fashion, atau ide-ide yang lainnya. Sejujurnya dengan menulis saja aku merasa tujuanku sudah tercapai, rasanya dengan bisa menulis saja sudah senang dan puas. Traffic yang cukup besar dan apresiasi dari pembaca buatku adalah bonus dari hobi menulisku, Alhamdulillah.

Adakah tip khusus dari Puput membuat blog fashion yang menarik?

Saat ini pastinya udah banyak banget blog yang berbau fashion, tinggal bagaimana kita mengemasnya menjadi unik dan menarik sehingga orang-orang ingat dengan style kita dengan mengingat nama kita saja. Intinya be yourself, jangan ikut-ikutan fashion blog yang lain 😀

Jenis kamera apa yang Puput gunakan untuk mengambil gambar?

Saat ini aku pakai Canon 600D

Adakah tempat khusus yang sering dijadikan lokasi pengambilan gambar ?

Tidak. Untuk pengambilan gambar bisa aku ambil dimana saja. Aku ini orangnya suka foto dimana saja kalau ada pemandangan/ bangunan yang bagus untuk dijadikan background foto. hihi

Menurut Puput apakah ada kaitan erat antara blogging dan komunitas?

Ada. Salah satu hasilnya adalah Indonesian Hijab Blogger. Dasar awal kenapa membuat komunitas hijab blogger ini karena kami merasa memiliki kesamaan hobi yaitu blogging (blogging/ menulis, tidak terfokus hanya ke fashion saja). Dari sana, kami membuat komunitas yang tujuannya mensupport ke sesama blogger ataupun yang baru menulis blog untuk tetap “istiqamah” ngeblog. Hehe. Manfaatnya, selain menambah silaturrahim dari blog dan komunitas blog tersebut, kita juga sering mendapatkan informasi-informasi yang bermanfaat yang mungkin gak kita dengar di luar ngeblog.

Dan apakah hal tersebut yang mendasari Puput mendirikan komunitas Indonesian Hijab Blogger?

Yang mendasari mendirikan Indonesian Hijab Blogger (IHB) adalah karena diawal aku ngeblog, aku banyak kenal dengan blogger blogger yang juga berjilbab yang hingga kini Alhamdulillah kami memiliki hubungan silaturrahim yang sangat baik, bahkan jadi teman curhat segala. Seiring berjalannya waktu, wadah blog tergerus dengan social media yang semakin hari semakin canggih dan menawarkan kemudahan. Sekali foto/ menulis bisa langsung di unggah ke social media via hp. Dan aku lihat salah satu effect dari berkembangnya aplikasi social media ini menjadikan teman-teman blogger yang tadinya rajin ngeblog jadi enggan ngeblog lagi.

Aku merasa komunikasi via blog lebih “long lasting” daripada wadah social media terbaru yang biasanya hanya satu arah dan jarang terjadi komunikasi. Sedangkan blog, dari komen yang kita terima dan tinggalkan plus dari konten yang diceritakan di blog menghasilkan hubungan yang lebih erat antar blogger. Atau terjadi komunikasi dua arah antar user.

Mohon sebutkan 5 blog yang sering Puput kunjungi dan kenapa?

Alodita.com, karena suka dengan kualitas foto yang dihasilkan, kontennya yang ringan tapi rinci dan penulisnya cantiik.

SittiRasuna.com, blogger yang aku kenal karena pernah travelling bareng. Tulisannya mengalir, enak dibaca dan informatif serta deskriptif.

Letthebeastin.blogspot.com, Gaya bahasa yang ceplas-ceplos tapi informative.

DiahDidi.com, meskipun kemampuan memasakku terbatas banget, jadi termotivasi bisa masak karena melihat blog ini yang selalu menghadirkan resep masakan enak secara rutin. Hehe.

myamethyst-shea.com, Aku suka banget taste fashion hijabers dari Malaysia ini.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top