Now Reading
7 Hal Ini Perlu Diperhatikan Saat Promil (Program Hamil), Jika Mom Ingin Segera Dapat Momongan

7 Hal Ini Perlu Diperhatikan Saat Promil (Program Hamil), Jika Mom Ingin Segera Dapat Momongan

Memiliki buah hati tentunya merupakan harapan dari hampir semua Mom. Apalagi bagi Mom yang belum juga memiliki momongan setelah usia pernikahan memasuki beberapa tahun. Berbagai ikhtiar program hamil akan dilakukan berkaitan dengan hal tersebut. Jika Mom  berencana untuk hamil, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan agar kemungkinan untuk segera diberi momongan dapat meningkat.

Pemberian asam folat sangat menunjang untuk promil karena dapat membantu perkembangan tulang belakang bayi.

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kondisi tubuh terkait dengan program kehamilan adalah dengan suplemen asam folat. Disarankan penggunaan asam folat  setiap hari ketika program hamil dilakukan hingga kehamilan mencapai usia 12 minggu. Jangan lupa konsultasikan juga ke dokter kandungan yang selama ini mendampingi ya Mom. Pemberian asam folat ini berdasarkan pertimbangan bahwa asam folat mengurangi risiko bayi mengalami gangguan batang saraf. Gangguan ini bisa terjadi ketika sumsum tulang belakang janin (bagian dari sistem saraf tubuh) tidak terbentuk secara normal. Wanita dengan epilepsi, diabetes, dan kondisi medis lainnya direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen asam folat 5 miligram (5mg). Mom bisa mendapatkan tablet asam folat ini di apotek atau minta resepnya ke dokter. Jangan khawatir jika Mom hamil dan belum mengonsumsi suplemen asam folat tersebut . Mulailah meminumnya segera sampai Mom melewati 12 minggu pertama kehamilan

Menjaga keseimbangan berat badan yang ideal dan sehat perlu dilakukan untuk meminimalisir risiko masalah kehamilan.

Saat seorang wanita memiliki kelebihan berat badan, kemungkinan ia akan mengalami masalah saat hamil Mom. Terlebih lagi jika wanita tersebut sedang dalam program hamil dengan treatment kesuburan, maka program tersebut bisa saja tidak berhasil.  Kelebihan berat badan atau obesitas juga meningkatkan risiko beberapa masalah kehamilan, seperti tekanan darah tinggi, pembekuan darah, keguguran, dan diabetes gestasional. Berkonsultasi dengan dokter kandungan juga penting dilakukan berkaitan dengan laju pertambahan berat badan ini. Tentu saja berat badan ideal ibu hamil akan berbeda dengan berat badan seseorang dalam kondisi tidak hamil. Untuk mempertahankan berat badan yang sehat disarankan untuk melakukan diet seimbang dan olah raga yang cukup. Usahakan berat badan tidak bertambah terlalu banyak.

Berhenti merokok dan menghindari sejauh mungkin asap rokok agar tidak mengganggu kesehatan.

Merokok selama kehamilan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan termasuk kelahiran prematur, berat lahir rendah, masalah pernapasan dalam enam bulan pertama kehidupan janin, keguguran, dan kematian kematian bayi mendadak. Asap rokok yang dihembuskan oleh orang lain juga bisa menimbulkan gangguan bayi. Jangan segan untuk berbicara dengan pasangan, teman, dan keluarga agar tidak merokok di dekat ibu hamil.

Hindari minuman beralkohol supaya tidak mengganggu perkembangan bayi.

Ketika sedang menjalankan program hamil ataupun sedang hamil hindarilah mengkonsumsi minuman beralkohol. Alkohol dapat diteruskan ke bayi yang belum lahir dan terlalu banyak terpapar alkohol dapat mempengaruhi perkembangan bayi. Mengapa Mom disarankan untuk melakukan hal ini? Karena wanita yang hamil dalam trimester pertama amat berisiko mengalami keguguran jika terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

Konsultasi dengan dokter tentang vaksin selama Promil untuk mencegah infeksi yang membahayakan.

Mom, ada beragam infeksi yang dapat membahayakan bayi jika Mom terkena infeksi tersebut ketika sedang hamil, salah satunya adalah Rubela. Jika Mom sedang program hamil dan tidak yakin apakah sudah kebal terhadap Rubela, Mom bisa meminta dokter untuk memeriksanya. Vaksin MMR dapat diberikan untuk melindungi Mom dari Rubela. Hal yang penting untuk diingat bahwa vaksinasi MMR ini tidak sesuai untuk wanita yang sudah hamil atau yang akan hamil sekitar satu bulan setelah vaksinasi. Bagi Mom yang sedang dalam program hamil, selalu jaga kesehatan rohani dan ragawi. Jika Mom berada dalam kondisi sehat dan bahagia, maka proses kehamilan akan terasa menyenangkan. Apabila memiliki kondisi kesehatan yang perlu pengawasan dan penanganan khusus, teruslah berkomunikasi dengan dokter kandungan maupun dokter spesialis terkait.  ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top