Now Reading
Pola Asuh Orang Tua Zaman Now Cenderung Berbeda dengan Pola Asuh Orang Tua Zaman Old

Pola Asuh Orang Tua Zaman Now Cenderung Berbeda dengan Pola Asuh Orang Tua Zaman Old

Pola asuh orang tua terhadap anak di zaman now rupanya sudah mengalami perbedaan dari zaman dulu. Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi yang berkembang pesat saat ini, turut membawa pengaruh yang besar terhadap pola asuh anak. Hal tersebut sering kali tidak disadari oleh para Mom. Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo dari TigaGenerasi menuturkan, “Para Ibu milenial cenderung memiliki rasa keingintahuan yang besar dan mencari informasi yang diinginkan melalui bantuan internet”. Ada beberapa hal yang tidak dapat diterapkan. Tentunya sebagai orang tua, Mom harus lebih bisa mengenal karakter sang anak dan kondisi yang terjadi.

Perkembangan teknologi bisa mempengaruhi pola pikir dan psikologi orang tua generasi X.

Perkembangan teknologi saat ini secara tidak langsung mempengaruhi pola pikir orang tua loh Mom. Zaman sekarang, orang tua cenderung mencari informasi menggunakan teknologi, seperti melakukan searching di Google, browsing, atau  mencari info melalui sosial media. Sementara zaman dulu, para orang tua  lebih mengandalkan pengalaman yang dialami oleh ibunya atau mertuanya. Pola pikir modern pun secara tidak langsung akan mengubah pandangan dan mindset seseorang. Orang dulu cenderung mengatur anak. Mereka membentuk anak-anak mereka agar tumbuh menjadi anak sesuai pola yang mereka bentuk. Sedangkan orang tua zaman now lebih membiarkan anak tumbuh secara natural sesuai dengan keinginan sang anak. Orang tua tidak akan memaksa anak melakukan sesuatu yang tidak dia suka. Sebelumnya, orang tua akan mengajak anaknya untuk diskusi membicarakan hal ini. Dampak positif yang terjadi pada pola asuh orang tua milenial adalah mereka akan lebih ekspresif mengungkapkan apa yang dia inginkan. Sang anak dapat dengan mudah mengenal teknologi. Namun dampak negatif yang timbul adalah anak akan lebih susah diatur dan beradaptasi dengan lingkungan. Bahkan ada beberapa kasus sang anak akan mengalami terlambat berbicara.

Perbedaan metode pola asuh anak pada zaman sekarang berbeda dengan zaman dulu.

Mom mungkin merasakan sebuah pola asuh yang diterapkan orang tua Mom terlebih dulu. Saat ini, apakah pola tersebut akan Mom terapkan untuk anak kita? Ada beberapa orang tua yang masih menggunakannya. Ada juga yang hanya memodifikasinya atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali. Pola asuh helikopter merupakan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua Mom dulu. Mereka biasanya mengawasi sang anak dan akan menurunkan tangga saat si anak butuh pertolongan. Sekarang, pola tersebut cenderung mengalami perluasan. Orang tua zaman now lebih menerapkan pola asuh drone, yaitu mereka cenderung mengawasi dari jauh dan membiarkan sang anak memecahkan masalahnya sendiri jika sedang mengalami kesulitan. Meskipun saat memecahkan masalah ada campur tangan Mom.

Kondisi psikologis dari seorang ibu dan calon ibu sangat berpengaruh pada kestabilan emosional anak.

Psikologis seorang anak rupanya tergantung pada ibu juga loh Mom. Anak yang diasuh dan berada pada lingkungan yang bahagia dan tercukupi akan cenderung lebih ceria dan mudah bersosialisasi di dalam masyarakat.  Untuk memenuhi semua kebutuhan anak, Mom bisa datang ke toko Mothercare. Di sana semua kebutuhan Mom akan terpenuhi. Sementara itu, sistem toko di mothercare memperlakukan pelanggan selayaknya seorang teman. Hal ini bisa menjadi faktor pendukung psikologis para calon ibu dalam persiapan menjadi orang tua.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top