Now Reading
Berbagai Pilihan Model Baju Batik untuk Mom agar Tetap Tampil Kece di Setiap Kesempatan

Berbagai Pilihan Model Baju Batik untuk Mom agar Tetap Tampil Kece di Setiap Kesempatan

Sejak lama batik sudah dikenal sebagai budaya asli di Indonesia. Sejak tanggal 2 Oktober 2009, batik juga ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Dulu batik dikenakan untuk acara-acara sakral di daerah. Kini seiring dengan perkembangan zaman, model baju batik sudah beragam. Pemakaiannya hampir oleh semua kalangan masyarakat. Bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Tahukah, Mom? Bahwa setiap daerah mempunyai ciri khas motif batik masing-masing loh. Misalnya batik Pekalongan yang mempunyai motif cerah dan atraktif dengan didominasi oleh warna-warna batik pesisir. Pekalongan juga dikenal sebagai Kota Batik.  Sampai-sampai kata Batik itu sendiri dijadikan motto untuk kotany,  yaitu singkatan dari bersih, aman, tertib, indah, dan komunikatif. Arti kata batik ialah sebuah kain yang memiliki gambar dengan menuliskan atau menekankan malam pada kain tersebut.  Malam adalah lilin khusus yang dipakai untuk membatik. Namun, masih banyak sekali orang yang tidak bisa membedakan mana kain batik dan mana kain bermotif batik. Jadi, tidak semua kain bermotif batik itu bisa disebut dengan kain batik, Mom. Kain  bermotif batik pembuatannya berbeda dengan kain batik, yaitu menggunakan teknik printing atau sablon. Dan keduanya memiliki harga yang berbeda tentunya. Walaupun ada bedanya, keduanya mempunyai pasar sendiri. Begitu juga dengan berbagai model menarik untuk dikenakan. Beberapa model baju batik yang biasa dikenakan oleh kebanyaan orang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Kain atau rok adalah model bawahan yang paling sering menggunakan kain batik, biasanya dipakai pada situasi resmi.

Jenis ini paling sering Mom jumpai saat acara resmi, seperti pelantikan atau resepsi pernikahan. Kain batik biasanya tidak dijahit atau dipotong untuk mempertahankan keasliannya. Namun, beberapa orang menjadikan kain batik sebagai rok agar lebih mudah dan praktis saat pemakaian.

Model gamis cocok digunakan bagi Mom yang berbusana Muslim.  Penggunaan kain batik yang dibuat menjadi gamis juga sudah tak asing, bahkan kini modelnya kian berkembang dan semakin menarik.

Bagi wanita muslimah kain batik juga banyak dijadikan gamis. Modelnya yang panjang dan menutup aurat menjadikan kain batik ini menjadi lebih syar’i. Tiap orang mempunyai selera yang berbeda dalam mengenakan gamis, baik yang mempunyai model lebar maupun tidak. Semuanya dapat disesuaikan dengan gaya dan kebiasaan Mom ya.

Model atasan baju batik sudah lumrah digunakan baik dalam kesempatan formal maupun nonformal. Atasan batik juga bisa dipadupadankan dengan bawahan celana, kain, atau rok.

Model baju batik atasan seperti ini saat ini juga sudah banyak digunakan untuk berbagai kesempatan, baik formal maupun santai. Atasan batik bisa dipadupadankan dengan rok maupun celana panjang. Bagi pria atasan batik sudah umum digunakan dengan celana panjang untuk menghadiri berbagai acara.

Outer atau luaran ini adalah salah satu inovasi model batik yang berkembang kini. Outer batik bisa dibuat model jas, kardigan, rompi, atau bolero.

Batik juga dapat dibuat sebagai outer atau luaran pada pakaian. Berbagai model dari outer juga dapat dipilih sesuai dengan selera, baik model outer panjang maupun pendek, seperti halnya rompi atau cardigan.

Mom yang ingin punya batik couple atau seragam untuk anggota keluarga, model batik sarimbit sangat tepat dipakai.  Model ini akan membuat kesan selaras dan kompak terhadap masing-masing pemakainya.

Nah, ini juga sudah umum dikenakan oleh pasangan suami istri dan keluarga. Kain dengan motif yang sama dibuat untuk atasan suami dan anak laki-laki. Sedangkan untuk Mom dan anak perempuan dapat dibuat gaun, rok, maupun atasan perempuan. Apakah Mom berencana menghadiri acara penting dan resmi dalam waktu dekat ini? Tidak ada salahnya memilih batik sebagai busana yang akan dikenakan ya.  So, Mom mau pilih model baju batik seperti apa?]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top