Now Reading
Pertama Kali Melakukan Yoga? Lakukan Persiapan Latihan Yoga untuk Pemula Ini agar Yoga Lebih Mengasyikkan

Pertama Kali Melakukan Yoga? Lakukan Persiapan Latihan Yoga untuk Pemula Ini agar Yoga Lebih Mengasyikkan

Yoga sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh. Lebih jauh lagi, senam ini berguna untuk menambah stamina, melangsingkan tubuh, serta menenangkan pikiran. Oleh karena itu, Mom bisa memanfaatkan yoga sebagai alternatif olahraga sehari-hari. Jangan khawatir jika Mom belum bisa, karena ada panduan yoga untuk pemula.  Ketika Mom memutuskan untuk berlatih yoga, perhatikan hal-hal berikut, terutama untuk pemula.

Selain alasan kebugaran, yoga juga punya banyak manfaat lain.

Mom harus tahu manfaat yoga terlebih dahulu. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, yoga memiliki banyak manfaat, baik untuk fisik maupun psikis. Gerakan-gerakan yoga yang dapat dipelajari adalah teknik pernapasan dan meditasi. Manfaat lain yaitu dapat memperkuat otot-otot tubuh, meningkatkan konsentrasi, menambah fleksibilitas, dan melatih untuk memusatkan pikiran. Jika sudah tahu manfaatnya, maka Mom dapat lebih bersemangat dalam melaksanakannya. Selama ini banyak orang yang cenderung bosan atau malas melakukan senam yoga untuk pemula karena belum benar-benar memahami manfaatnya.

Yoga punya berbagai cabang. Sebelum melakukan yoga, pilih cabang yoga yang Mom suka.

Di dalam senam yoga ada enam cabang yang bisa Mom pilih. Pilihlah yang sesuai dengan kepribadian, kondisi kesehatan, serta tingkat kebugaran Mom.  Sebagai panduan dalam mengikuti yoga untuk pemula, berikut ini enam cabang yoga yang ada:

Hatha Yoga

Ha berarti matahari dan tha berarti bulan. Cabang yoga ini menunjukkan bahwa di dalam tubuh kita terdapat dua arus berlawanan yang mengatur semua proses. Cabang ini juga sekaligus menunjukkan bahwa segala sesuatu di dunia ini terdapat muatan positif dan negatif. Hatha yoga khusus mempelajari tentang penyempurnaan tubuh. Harapannya adalah menciptakan fisik yang sehat dan menambah energi aktif pada sepanjang tulang belakang.

Raja yoga

Khusus mempelajari peningkatan konsentrasi. Sebelum mencapai hal tersebut, tubuh dan pikiran dilatih untuk tetap bersih, tenang, dan fokus.

Bhakti yoga

Pada cabang ini yang dilatih adalah perasaan cinta, kasih sayang, dan kerendahan hati. Tujuan utamanya adalah memusatkan pikiran dengan segenap hati dan jiwa.

Jnana yoga

Cabang yoga yang melatih untuk menggali diri sendiri menuju kesadaran serta memperbaiki perhatian tentang pemahaman terhadap diri sendiri. Kriya yoga Difokuskan untuk berlatih membuang pikiran buruk yang selalu menghalangi. Bila mengambil cabang ini, Mom akan berlatih meditasi untuk mengendalikan kekuatan agar lebih tenang dan berhasil mengontrol pikiran.

Karma yoga

Latihan yoga dengan tujuan untuk mengendalikan serta meningkatkan kekuatan fisik dan mental agar dapat melakukan hal-hal yang lebih tinggi atau lebih baik.

Pilih instruktur yang tepat agar gerakan yang Mom lakukan tidak cedera.

Saat melakukan yoga untuk pemula, pastikan Mom memilih instruktur yang tepat. Intsruktur yang berpengalaman akan memberikan koreksi jika Mom melakukan gerakan yang salah. Teruslah berada di bawah pengawasan instruktur selama berlatih.

Pilih tempat yoga yang nyaman untuk Mom.

Perhatikan tempat untuk berlatih yoga. Tidak perlu memilih tempat yang terlalu luas tetapi juga jangan terlalu sempit. Pastikan tempat tersebut cukup terang dengan sistem pertukaran udara yang baik, serta tenang.

Pilih pakaian yang nyaman ketika melakukan yoga supaya gerakan Mom lebih bisa bebas.

Saat mengikuti kelas yoga untuk pemula, pakailah pakaian yang nyaman. Jangan kenakan pakaian yang terlalu ketat karena akan membatasi gerak tubuh. Apalagi yoga lebih banyak melakukan gerakan yang memerlukan kelenturan tubuh.

Pilih peralatan penunjang supaya mendukung dalam melakukan gerakan yoga.

Saat melakukan yoga, Mom perlu beberapa peralatan penunjang. Salah satunya adalah alas atau matras khusus yoga. Peralatan lain yang juga mungkin diperlukan adalah video tentang yoga. Namun, jika sudah mendaftarkan diri di kelas yoga dengan instruktur, Mom tidak terlalu memerlukan video panduan. Berlatih yoga untuk pemula memang sangat mengasyikkan. Selain tubuh menjadi sehat, pikiran pun bisa lebih tenang dan fokus. Mau coba Mom?]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top