Now Reading
Ini Seserahan Pernikahan yang Harus Mom Siapkan serta Tips Bagaimana Berbelanjanya, agar Persiapan Pernikahan Lancar dan Berkesan

Ini Seserahan Pernikahan yang Harus Mom Siapkan serta Tips Bagaimana Berbelanjanya, agar Persiapan Pernikahan Lancar dan Berkesan

Seserahan pernikahan biasanya adalah salah satu acara atau prosesi dari pernikahan atau lamaran yang sudah menjadi tradisi.  Untuk itu, mempersiapkan seserahan pernikahan adalah momen yang paling menggembirakan bagi calon mempelai perempuan. Selain terbayang akan indahnya pernikahan, juga terbayang senangnya mendapatkan banyak barang dari calon mempelai pria, sang pujaan hati. Tapi terkadang bingung juga apa ya yang harus disediakan? Apakah isi seserahan pernikahan yang sebaiknya dipersiapkan? Sebenarnya tidak ada panduan khusus tentang  isi dari seserahan pernikahan, jadi calon mempelai perempuan bebas memilih barang yang dikehendakinya. Tetapi umumnya seserahan pernikahan terdiri dari barang-barang berikut ini.

  1. Perlengkapan Beribadah
Hal ini tentu sesuai dengan agama yang Mom dan pasangan anut. Untuk pasangan muslim, biasanya calon pengantin perempuan akan diberikan mukena, sajadah, Alquran, dan juga tasbih.
  1. Pakaian Lengkap, Tas, dan Sepatu
Jenis pakaian yang diberikan biasanya tergantung kesepakatan bersama. Beberapa calon pengantin perempuan memilih untuk diberikan kebaya dengan kain batik atau songket untuk bawahan, tetapi ada juga yang memilih dress. Tak jarang juga ada yang meminta untuk dibelikan pakaian kerja saja. The choice is yours! Banyak juga yang menambahnya dengan tas (bisa tas sehari-hari atau clutch bag pesta) dan juga sepatu.
  1. Perawatan Tubuh dan Perlengkapan Mandi
Seserahan ini biasanya berupa sabun, sampo, scrub, handuk, pelembab, dan hal lainnya yang biasa Mom gunakan untuk merawat tubuh.
  1. Peralatan Kosmetik
Isinya bisa segala bentuk peralatan berdandan yang Mom sukai mulai dari alas bedak, bedak, maskara, eyeshadow, dan sebagainya.
  1. Perhiasan
Perhiasan di sini berbeda dengan cincin pernikahan dan mas kawin. Biasanya perhiasan yang diberikan sudah satu set mulai dari kalung hingga anting.
  1. Makanan
Makanan ini bisa berupa kue tradisional, kue modern seperti red velvet cake atau bahkan makanan tradisional sesuai adat calon mempelai perempuan, yang seringkali mempunyai makna kiasan tersendiri.
  1. Buah-buahan
Pilihlah buah-buahan yang memang disukai oleh Mom dan keluarga. Pilihlah buah-buahan yang mudah dan ringkes untuk dibawa. Biasanya, menyediakan isi seserahan pernikahan dilakukan oleh kedua mempelai sendiri, terutama untuk hal-hal yang bersifat personal bagi calon mempelai perempuan agar isi seserahan sesuai dengan yang diinginkannya. Nah berikut ada tips yang sebaiknya diperhatikan saat ingin berbelanja seserahan pernikahan.

Sesuaikan isi seserahan pernikahan dengan anggaran calon suami. Jangan memaksakan kehendak ya Mom.

Meski biasanya Mom diajak memilih saat membeli beberapa barang seserahan, agar tidak mubazir sesuaikan dengan keperluan atau selera Mom, namun usahakan untuk tidak berlebihan apalagi membebani anggaran calon suami.

Jangan belanja sekaligus! Selain akan membingungkan, juga menjadi kurang leluasa.

Mom, lebih disarankan untuk mencicil isi seserahan pernikahan jauh-jauh hari. Selain bisa mencegah ledakan isi dompet, Mom juga bisa lebih leluasa dalam memilih model barang atau harga barangnya yang lebih pas.

Ingat, Mom! Kebanyakan laki-laki tak terlalu suka berbelanja seperti perempuan.

Mom kesukaan laki-laki dan perempuan itu berbeda. Termasuk dalam masalah belanja. Jika pasangan Mom termasuk kategori yang malas berbelanja hal yang dia tak mengerti betul, sebaiknya Mom cari teman belanja selain calon suami. Mom bisa mencari alternatif, misalnya mengajak calon ibu mertua, saudara perempuan, atau teman dekat untuk menemani belanja isi seserahan. Dengan mengajak ibu mertua, saudara, atau teman perempuan, Mom juga akan mendapat masukan-masukan berharga saat memilih barang untuk isi seserahan.

Sebaiknya belanja dengan pasangan yang sifatny dipakai untuk bersama saja, Mom.

Belanja bersama pasangan bisa difokuskan untuk hal-hal yang lebih bersifat pribadi, seperti saat memilih cincin pernikahan, atau bahan untuk gaun pengantin. Hal ini untuk meminimalisir keributan menjelang hari H, karena pasangan tidak menyukai kegiatan tersebut.  Namun, jika pasangan tidak masalah untuk menemani, Mom bisa belanja bersama pasangan.

Beli seserahan jangan sampai dadakan loh Mom!

Hal yang tak kalah penting adalah waktu membeli seserahan jangan terlalu dekat dengan hari H. Oleh karena, hal ini hanya akan membuat Mom tambah pusing tujuh keliling. Sehingga barang-barang yang didapat tidak dipikirikan dan dipilih dengan sepenuh hati. Bagaimana Mom? Sudah lebih mengerti dalam menyiapkan isi seserahan pernikahan Mom? Tidak lupa selalu diskusikan dengan pasangan dan keluarga Mom tentang isi seserahannya ya Mom. Bisa jadi ada tambahan karena mengusung adat tertentu. Hal yang terpenting dalam menyiapkan seserahan adalah kesepakatan bersama antara Mom, pasangan, dan keluarga.  ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top