Bagaimanakah Perkembangan Bayi 10 Bulan? Simak Ulasannya di Sini

Memiliki buah hati memang membawa kebahagiaan bagi seluruh keluarga. Melihatnya tumbuh dan belajar banyak hal merupakan momen yang indah. Begitu pula ketika bayi Mom telah memasuki usia 10 bulan. Pertumbuhan bayi di usia 10 bulan sangat bergantung pada kesehatannya sejak lahir. Di usia ini, Mom harus lebih memperhatikan perkembangan si Kecil karena akan ada banyak hal baru yang harus ia pelajari. Seluruh perkembangannya juga bergantung pada bagaimana Mom mengasuhnya. perkembangan bayi

Bayi 10 bulan ditandai dengan pertumbuhan fisik yang signifikan dan juga telah memiliki kemampuan motorik, sensorik, dan emosi yang semakin membaik.

Secara fisik, bayi usia 10 bulan seharusnya sudah memiliki berat badan sebesar  9,2 kg untuk bayi laki-laki dan 8,5 kg untuk bayi perempuan. Jika bayi Mom memiliki berat badan sebesar 7 kg atau di bawahnya maka bayi Mom termasuk kurus. Berat badan ini juga dipengaruhi oleh kesehatan bayi sejak awal kelahiran, misalnya apakah bayi prematur atau apakah bayi meminum air ketuban atau tidak ketika lahir. Maka dari itu, usahakan selalu menjaga kesehatan bayi sejak lahir agar pertumbuhannya tidak ikut terganggu.Tinggi badan bayi juga seharusnya telah mencapai 73,3, cm untuk bayi laki-laki dan 71,5 cm untuk bayi perempuan. Bayi 10 bulan dikatakan pendek jika tingginya hanya 64 cm atau di bawahnya. Di usia 10 bulan, bayi Mom juga telah memiliki kemampuan motorik yang lebih baik. Ia sudah dapat merangkak, memanjat, jongkok, menunduk, duduk, dan melangkah sedikit demi sedikit. Ia juga dapat merespons ketika Mom memintanya untuk melambaikan tangan atau bersalaman. Bukan hanya dapat bergerak dan merespon, ia juga telah bisa mengambil benda yang di sekitarnya sendiri atau menunjuk untuk meminta sesuatu. Ocehan kosakatanya juga lebih banyak, bahkan ia sudah bisa mengucapkan kata ‘Ayah’ atau ‘apa’. Untuk perkembangan bayi pada usia 10 bulan, terutama dalam berbicara dan bahasa memang sangat cepat. Hal ini di karena kinerja otak bayi pada usia ini sangatlah cepat sehingga dapat memahami kata – kata yang di ucapkan sehari – hari. Namun, perlu juga di perhatikan bahwa dalam usia ini, bayi Mom juga sering mengalami perubahan mood sewaktu – waktu, sehingga tidak perlu di khawatirkan jika bayi Mom mendadak menjadi pendiam secara tiba – tiba. Perkembangan sensoriknya juga semakin berkembang. Ia telah mengingat dan mengenali namanya sendiri sehingga akan menoleh jika ada yang memanggilnya. Memorinya juga telah merekam siapa saja yang dekat dengannya atau keluarganya sendiri sehingga ia akan menangis atau rewel jika ada orang asing yang menggendongnya. Ia juga lebih mengenali berbagai suara sehingga akan memberikan reaksi terkejut, bingung, atau bahkan berjoget saat mendengar suara musik tertentu. Emosi bayi di usia 10 bulan selalu menciptakan kebahagiaan tersendiri. Ia akan memberikan respons pada orang yang menggendongnya, seperti marah, senyum, atau gemas. Ia juga mulai mengerti ketika Mom atau pasangan Mom akan pergi meninggalkannya, wajahnya akan menunjukkan ekspresi cemas atau bahkan menangis. Jika ia menangis, segera berikan pelukan atau kecupan untuk menenangkan hatinya dan menghindarinya dari rasa trauma. Pada usia ini lah para bayi di kenal sebagai peniru kecil, karena mereka sudah mulai bisa meniru emosi dan gaya bicara kita. Para orang tua dapat menggunakan hal ini dalam mengajari bayi mereka.

Bayi 10 bulan sudah bisa menjelajah sendiri. Untuk itu, Mom harus lebih memperhatikan kesehatan, keamanan, dan kebersihan bayi, ya.

Begitu banyak perkembangan dan hal baru dari si Kecil, ya. Tapi seluruh perkembangannya yang membahagiakan ini haruslah diikuti dengan asupan nutrisi yang tepat pula. Mom harus lebih memperhatikan kesehatan dan kebersihan bayi Mom karena ia sudah mulai menjelajah sendiri. Berikut beberapa tip dalam menjaga kesehatan, keamanan, dan kebersihan bayi.
  1. Selalu perhatikan keamanan dan kebersihan tempat ia bermain. Jangan biarkan mainan yang berujung runcing atau sudut tajam berada di sekitarnya karena bayi Mom masih sering jatuh dan dikhawatirkan akan mengenai sudut mainan yang tajam tersebut.
  2. Temani ia bermain selalu ya,Mom. Selain untuk menjaganya dari kecelakaan fisik seperti jatuh ke lantai, Mom juga bisa mengajarkan berbagai hal ketika menghabiskan waktu bersamanya, seperti bernyanyi atau mengenali gambar.
  3. Jangan lupa untuk memberikan makan tepat waktu untuk si Kecil. Bayi Mom akan semakin mudah lapar karena itu jangan sampai telat memberikan makan. Sediakan pula cemilan yang tepat bagi bayi seperti roti dan puding.
  4. Perbanyak kontak mata karena hal ini akan mempererat hubungan Mom dengan bayi Mom. Komunikasi juga akan lebih baik dan mudah.
Itulah beberapa informasi dan tips mengenai perkembangan bayi 10 bulan yang dapat Mom terapkan pada bayi Mom. Selalu dukung dan ikuti perkembangan bayi Mom agar Mom semakin mengerti kebutuhan apa saja yang diperlukan si Kecil. Setiap ia bertambah usia maka bertambah pula perkembangan kepintaran dan kebutuhannya. Semoga bayi Mom selalu sehat dan semakin baik perkembangannya, ya.  Be smart and wise parents.]]>

What's Your Reaction?
Kaget
0
Lucu
0
Sedih
0
Suka
0
Terpesona
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Blogger Perempuan Network. All Rights Reserved.

Scroll To Top