Now Reading
Perhatikan Cara Diet Karbohidrat yang Aman di Sini

Perhatikan Cara Diet Karbohidrat yang Aman di Sini

a low-carb diet). Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Segera setelah dikonsumsi, karbohidrat akan dipecah menjadi gula dan diserap darah sebagai glukosa atau gula darah. Kemudian, tubuh akan mengeluarkan insulin, sehingga glukosa dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Glukosa yang tidak terpakai akan disimpan di dalam hati, otot, atau sel lain, serta dapat juga diubah menjadi lemak. Hal inilah yang sebenarnya melatarbelakangi ide cara diet kabohidrat untuk menurunkan berat badan. Dengan menurunkan asupan glukosa, diharapkan tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi.  Diet karbohidrat ini juga bahkan disebut lebih efektif menurunkan berat badan jangka pendek jika dibandingkan dengan diet rendah lemak. Namun, hindari penurunan asupan karbohidrat secara drastis karena akibatnya tidak hanya akan membuat tubuh mulai memanfaatkan lemak sebagai sumber energi, tapi kemungkinan juga akan menimbulkan berbagai efek samping yang cukup mengganggu. Efek samping tersebut misalnya sakit kepala, lemas, bau napas tidak sedap, sulit buang air besar, atau bahkan diare.  Bila ada efek samping yang mengganggu kenyamanan berdiet, dikhawatirkan selain mengganggu kesehatan jangka panjang juga membuat tujuan utama menurunkan berat badan secara sehat, tidak tercapai. Lalu, bagaimana langkah yang aman dalam melakukan cara diet karbohidrat?

  1. Minum air putih yang cukup. Ketika melakukan cara diet karbohidrat, tubuh akan mengalami ketosis. Ketosis adalah kondisi ketika tubuh manusia memproduksi keton untuk digunakan sebagai bahan bakar. Sebab, sudah tidak ada lagi bahan bakar dari karbohidrat. Semakin tinggi kandungan keton di dalam tubuh, semakin banyak racun yang harus dikeluarkan melalui urin. Risiko dehidrasi menjadi lebih tinggi. Karenanya, minumlah lebih banyak, untuk menghindari kemungkinan dehidrasi.
  2. Makan makanan berserat. Serat akan menjaga tubuh dari terjadinya sembelit. Sembelit adalah salah satu efek samping yang sering muncul ketika Mom mengubah pola makan, termasuk pada orang yang melakukan cara diet karbohidrat. Sayuran dan buah mengandung karbohidrat yang rendah tapi mengandung banyak serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Serat dan kandungan air dalam sayuran memberikan isi pada perut, sehingga Mom menjadi lebih cepat kenyang.
  3. Jangan makan berlebihan. Ketika seorang sedang melakukan cara diet karbohidrat yang aman, bukan berarti konsumsi protein dan lemak jadi bisa sebanyak-banyaknya. Mengonsumsi daging dan lemak yang berlebihan akan memberi dampak buruk pada kesehatan. Makanlah saat lapar dan berhentilah sebelum kenyang.
  4. Berikan tubuh masa adaptasi ketika baru memulai cara diet karbohidrat ini. Jadi, kurangilah jumlah karbohidrat secara bertahap. Jangan langsung memangkas asupan karbohidrat besar-besaran. Tubuh lemas, tidak bertenaga, dan sembelit, merupakan perubahan awal yang akan Mom alami.
  5. Olahraga teratur. Ketika memutuskan untuk melakukan cara diet karbohidrat pasti akan banyak godaan yang terjadi. Salah satunya adalah malas berolahraga. Padahal, olahraga dapat membantu tubuh mengontrol berat badan dan membakar kalori. Jadi, tetap berolahraga teratur ya, Mom.
  Bagaimana? Cara diet karbohidrat yang aman, tidak terlalu sulit untuk dilakukan, bukan? Semua ini memang membutuhkan kedisiplinan, tentu saja agar hasil yang dicapai benar-benar maksimal.  Selamat mencoba, ya!]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top