Now Reading
Perhatikan! Begini Ciri-Ciri Penyakit AIDS yang Harus Diwaspadai

Perhatikan! Begini Ciri-Ciri Penyakit AIDS yang Harus Diwaspadai

Mom tentu Mom tahu, AIDS merupakan penyakit berat yang belum diketahui obatnya. Mayoritas orang yang terserang kondisi ini sepenuhnya akan meninggal dalam dua tahun. AIDS telah menjadi wabah penyakit yang mematikan. Untuk itu, mari Mom kenali penyakit AIDS lebih dalam, apa penyebabnya, bagaimana ciri-ciri penyakit AIDS , serta cara pencegahannya supaya kita lebih menyadari betapa berbahayanya penyakit tersebut.

AIDS merupakan gejala menurunnya kekebalan tubuh. Lebih jelasnya, yuk! Mom kenali apakah AIDS itu?

Singkatan dari AIDS adalah Acquired Immune Deficiency Syndrome. Bila dilihat dari kata perkata AIDS memiliki arti sebagai berikut ini. Acquired berarti diperoleh, faktor yang bukan keturunan. Immune berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Deficiency artinya kekurangan. Syndrome artinya gejala atau tanda yang terjadi serentak (muncul bersama-sama) dan menandai ketidaknormalan tertentu, yaitu berupa penyakit dengan kumpulan gejala, namun bukan gejala tertentu. Jadi, AIDS dapat diartikan sebagai kumpulan gejala yang membuat menurunnya kekebalan tubuh yang diperoleh. Mom, tubuh manusia mempunyai sistem kekebalan untuk melindungi diri dari serangan luar (kuman, virus, penyakit).  AIDS melemahkan atau merusak sistem pertahanan tubuh ini sehingga berbagai jenis penyakit mudah datang menyerang. Kemenkes secara resmi mengeluarkan daftar 10  yang mendefinisikan AIDS. Yang paling umum adalah sebagai berikut.
  • TB (tuberkulosis), dalam paru atau di luar paru,
  • PCP, semacam infeksi paru,
  • CMV (sitomegalovirus), infeksi yang biasanya memengaruhi mata, dan
  • kandidiasis, infeksi jamur dalam mulut atau vagina.

Tahukah Mom bayi yang berada dalam kandungan atau disusui oleh penderita HIV dapat tertular juga? Itu hanya salah satu dari penularannya saja loh. Masih ada hal lain, mari kenali beberapa penyebab orang bisa tertular AIDS.

AIDS disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus tersebut menulari sel darah yang dikenal sebagai limfosit, yang bertanggung jawab atas sistem imunitas tubuh dan melindungi tubuh terhadap infeksi. AIDS merupakan bentuk terparah akibat infeksi HIV, yakni retrovirus yang biasanya menyerang organ-organ vital sistem imunitas manusia. Sistem imunitas yang rusak selanjutnya dapat menimbulkan infeksi dan kanker tertentu yang terbentuk di dalam tubuh. Kondisi inilah yang kita sebut sebagai AIDS. Seseorang dapat tertular HIV dari orang lain yang sudah terinfeksi. Darah, cairan vagina, air mani, dan air susu ibu seseorang yang terinfeksi HIV mengandung virus yang cukup untuk menularkan orang lain. Sebagian besar orang tertular HIV melalui cara-cara berikut.
  1. Hubungan seks dengan orang yang terinfeksi HIV.
  2. Penggunaan jarum suntik bergantian dengan orang yang terinfeksi HIV.
  3. Kelahiran oleh ibu yang terinfeksi atau disusui oleh perempuan yang terinfeksi HIV.

Gejala atau ciri-ciri Penyakit AIDS ada dua bisa berupa mayor atau minor. Simak lebih jelas ya Mom!

Ciri-ciri penyakit AIDS atau gejala mayor seseorang terkena AIDS adalah sebagai berikut.
  1. Berat badan menurun lebih dari 10% dalam waktu singkat.
  2. Demam berkepanjangan selama lebih dari satu bulan.
  3. Diare, mual, dan muntah berkepanjangan selama lebih dari satu bulan.
Ciri-ciri penyakit AIDS sekunder atau gejala minor adalah sebagai berikut.
  1. Kelelahan yang berlebihan sebagai tanda efek dari sistem kekebalan tubuh yang aktif.
  2. Berkeringat pada malam hari. Sebanyak 50% orang yang pernah menderita AIDS berkeringat pada malam hari, namun bukan karena suhu atau aktivitas berlebihan.
  3. Batuk berkepanjangan selama lebih dari satu bulan.
  4. Kelainan kulit dan iritasi atau gatal.
  5. Herpes simpleks (kulit melepuh dan terasa nyeri) yang menyebar dan bertambah parah).
  6. Infeksi jamur pada kuku, mulut dan kerongkonan.
  7. Infeksi jaringan kulit rambut.
  8. Pembengkakan kelenjar getah bening di seluruh tubuh yang teraba di bawah telinga, leher, ketiak, dan lipatan paha.
  9. Menstruasi tidak teratur atau lama datang bulan karena jumlah darah yang semakin berkurang.
  10. Bingung dan sulit berkonsentrasi yang merupakan tahap akhir karena fungsi motorik tidak mampu berkoordinasi dengan baik sehingga penderita tidak mampu menggerakkan tangannya. Pada tahap ini, penderita mudah lupa, marah, dan tersinggung.
Bila terdapat sekurang-kurangnya tiga dari ciri-ciri penyakit AIDS tersebut, dapat diperkirakan adanya AIDS. Namun, perlu diperhatikan bahwa ciri-ciri penyakit AIDS tersebut dapat juga menandakan penyakit lain. Diagnosis AIDS hanya dapat dilakukan setelah dilakukan tes darah. Bila Mom mengetahui tanda-tanda tersebut segera periksakan ke dokter ya!

Pencegahan Penyakit AIDS bisa dengan berbagai macam cara. Namun tetap berhati-hati ya Mom.

AIDS dapat dicegah melalui cara-cara, seperti melakukan hubungan seksual yang aman dan jangan bergonta-ganti pasangan, memakai kondom saat berhubungan seksual, selalu mengganti jarum suntik jika mengonsumsi obat-obatan, dan melalukan pemeriksaan tes imun untuk mengetahui tingkat sistem imun. Mom, penyakit AIDS sangat berbahaya.  Oleh sebab itu jauhi sebisa mungkin hal-hal yang dapat menimbulkan terjadinya penyakit AIDS.  Tidak lupa, selalu periksa dan konsultasikan sesegera mungkin jika tubuh Mom menampakan ciri-ciri penyakit tersebut.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top