Now Reading
Penyebab Kanker Tenggorokan Jangan Diabaikan

Penyebab Kanker Tenggorokan Jangan Diabaikan

Kanker tenggorokan adalah tumor yang tumbuh dan berkembang di tenggorokan, sekitar faring, laring, atau tonsil. Berdasarkan lokasi atau bagian yang diserang, kanker ini dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis. Di antaranya adalah:

  • Kanker nasofaring (tenggorokan bagian atas di belakang hidung).
  • Kanker orofaring (tenggorokan bagian tengah, dibelakang lidah).
  • Kanker hipofaring (tenggorokan bagian bawah).
  • Kanker laring (pita suara).

Kanker tenggorokan memang merupakan kasus yang rendah tingkat terjadinya di Indonesia,  tetapi tetap harus kita waspadai sebab mencegah selalu jauh lebih baik dibandingkan bila sudah terkena dan harus menjalani perawatan.   Untuk mencegah kanker tenggorokan ini,  mari kita kenali dulu gejala-gejala dari kanker tenggorokan ini.

Gejala kanker tenggorokan bisa beragam dan tidak sama pada tiap penderita. Beberapa indikasi yang umumnya dirasakan oleh pasien meliputi:

  • Sulit menelan.
  • Perubahan suara.
  • Batuk kronis.
  • Sakit tenggorokan
  • Telinga yang sakit atau berdengung.
  • Benjolan pada leher yang tidak kunjung sembuh.
  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Pembengkakan pada mata, rahang, tenggorokan, atau leher.

Gejala kanker tenggorokan cenderung mirip dengan masalah kesehatan lain sehingga sulit terdeteksi. Karena itu, kita harus tetap waspada dan memeriksakan diri jika merasakan gejala-gejala tertentu. Terutama indikasi yang tidak kunjung membaik atau bertambah parah.

Apa penyebab dari kanker tenggorokan ini?  Semua sel kanker terjadi akibat adanya mutasi pada sel-sel tuuh. Mutasi inilah yang memicu pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan menjadi sel kanker.  Begitu juga yang terjadi dengan kanker tenggorokan.  Penyebab di balik proses mutasi tersebut belum diketahui secara pasti. Tetapi ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kanker tenggorokan, misalnya usia, pola hidup, serta kondisi medis,  rinciannya adalah sebagai berikut :

  1. Merokok

Kanker tenggorokan berhubungan erat dengan kebiasaan merokok, seperti kanker kepala dan leher yang lebih banyak diderita oleh perokok dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Penggunaan rokok tanpa filter ditengarai juga mampu meningkatkan risiko kanker tenggorokan.  Semua hal yang berhubungan dengan rokok dan tembakau diketahui berkaitan dengan kanker tenggorokan, misalkan rokok biasa, rokok pipa, cerutu, dan lainnya. Tak hanya tenggorokan, rokok juga menyebabkan kanker pada bagian lain seperti paru-paru dan kandung kemih. Bahkan tembakau yang tidak dijadikan rokok, namun dikunyah, juga bisa menyebabkan kanker pipi, gusi, dan bibir.

  1. Bahan industri
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asbes atau serat sintesis yang digunakan pada banyak industri dapat menyebabkan kanker tenggorokan dan munculnya sel kanker pada laring.
  2. Human Papilloma Virus (HPV)
    Infeksi yang disebabkan oleh virus HPV, penyebab penyakit menular seksual, juga mampu meningkatkan risiko kanker tenggorokan. Kanker yang disebabkan oleh virus HPV biasanya muncul di sekitar amandel atau di belakang lidah.
  3. Refluks lambung kronis
    Refluks lambung disebabkan adanya kebocoran asam dari lambung ke kerongkongan. Jika ini mencapai tahap kronis, maka refluks lambung atau GERD bisa meningkatkan risiko kanker tenggorokan.
  4. Konsumsi alkohol
    Hampir sepertiga pasien kanker tenggorokan memiliki kebiasaan minum alkohol. Risiko terkena kanker tenggorokan meningkat dengan penggunaan alkohol yang berlebihan. Menurut para ahli, alkohol memperburuk jaringan tenggorokan, begitu juga dengan merokok. Hal ini kemudian menyebabkan risiko kanker menjadi lebih besar.

Selain beberapa penyebab di atas, risiko kanker tenggorokan juga tinggi pada perokok pasif, orang yang terlalu sering terkena paparan bahan kimia, dan orang dengan kebersihan gigi yang buruk.

Marilah mencegah penyakit kritis seperti kanker tenggorokan ini dengan mulai menjalani pola hidup sehat sekarang juga dan waspadailah lingkungan pergaulan Anda.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top