Now Reading
Ini loh Penyakit Trypophobia, Gangguan Mental Tatkala Melihat Gambar yang Bikin Bergidik.

Ini loh Penyakit Trypophobia, Gangguan Mental Tatkala Melihat Gambar yang Bikin Bergidik.

Pernahkah Mom mendengar penyakit trypophobia? Jika Mom kurang familiar atau asing dengan nama penyakit tersebut, mungkin Mom pernah merasakan jijik yang begitu dahsyat ketika melihat  objek berlubang, seperti pada gambar tangan yang memiliki banyak lubang, hingga seolah-olah dalam lubang-lubang tersebut muncul ulat-ulat kecil. Nah, jika Mom mengalami gejala demikian, boleh jadi Mom mengalami penyakit trypophobia.

Penyakit trypophobia merupakan gangguan psikologi, reaksinya bisa beragam.

Penyakit trypophobia adalah gangguan psikologi. Seperti pada namanya, penyakit trypophobia merupakan sebuah gejala fobia.  Menurut kamus besar bahasa Indonesia, fobia adalah ketakutan yang sangat berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan penderitanya.   Jadi, penyakit trypophobia adalah perasaan takut cenderung tidak nyaman berlebihan ketika melihat objek berlubang yang sangat banyak. Seseorang yang menderita trypophobia mengalami kondisi jijik, geli, cemas, panik bahkan hingga ada yang mengalami reaksi fisik, seperti gatal-gatal, pusing, mengeluarkan keringat, jantung berdebar, dan mual-mual tatkala melihat banyaknya objek berlubang yang berhimpitan. Objek berlubang tersebut bisa apa saja,  bisa pada sarang lebah, lubang-lubang pada tumpukan bambu atau pipa, busa sabun, biji bunga teratai, biji bunga lotus, sumsum tulang, dan lain sebagainya.   Perasaan karena melihat objek tersebut dapat berupa penglihatan langsung maupun hanya sebuah gambar. Sampai saat ini penyakit trypophobia masih menjadi kajian dan perdebatan pakar psikologi.   Penyakit trypophobia pun masih belum tercatat pada Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders.  Pasalnya penyakit ini masih tergolong baru.  Asal mulanya tercetus trypophobia justru dari forum online pada tahun 2005.

Hal yang menyebabkan terjadinya penyakit trypophobia bisa karena trauma atau pengalaman buruk dengan suatu hal.

Berhubung namanya adalah fobia, tentu berhubungan dengan ketakutan.   Meskipun beberapa kajian menyebutkan bahwa sebenarnya trypophobia justru cenderung ke arah jijik yang berlebihan dibanding ketakutan. Situasi ini karena dianggap otak merangsang objek lubang-lubang tersebut yang bisa berdampak bahaya. Meskipun belum secara jelas dan pasti penyebab terjadinya fobia ini, namun beberapa ahli mengatakan bahwa ketakutan akan lubang ini boleh jadi berdasarkan atas pengalaman.  Di mana seorang penderita penyakit trypophobia ini pada masa lalunya terkena trauma yang menakutkan terhadap lubang, seperti pernah jatuh ke dalam lubang, atau menemukan hal yang menakutkan dari dalam lubang.

Cara menyembuhkan penyakit trypophobia bisa dengan langsung konsultasi ke psikolog, atau bila belum parah bisa mencoba proses penyembuhan sendiri.

Berhubung penyakit trypophobia ini adalah suatu penyakit psikologi, maka langkah dalam penyembuhannya menggunakan hal yang berkaitan dengan psikologis.  Namun demikian, tidak semua fobia sebenarnya membutuhkan pengobatan. Pengobatan dibutuhkan jika berdampak yang berakibat merugikan dan menganggu pada kehidupan sehari-hari. Untuk itu, penderita trypophobia disarankan untuk konsultasi neurolinguistik, perilaku kognitif, dan konsultasi psikolog. Ada baiknya sebelum melakukan sesi konsultasi kepada pihak lain, ketahui dari diri sendiri terlebih dahulu.  Cobalah menggali lebih lanjut mengapa Mom begitu takut dengan lubang tersebut. Bangun pengetahuan tentang ketakutan Mom.  Mengapa Mom bisa takut, geli, jijik? Kenalilah bahwa Mom tahu apa yang mempengaruhi pikiran Mom.  Cobalah buang rasa ketakutan itu meskipun sulit. Anggaplah Mom bersedia melihat lubang-lubang tersebut untuk pertama kalinya. Selain membangun kesehatan jiwa, kesehatan tubuh juga penting.  Cobalah juga untuk melakukan olah raga teratur, seperti melakukan yoga, merelaksasikan badan dan juga pikiran.  Ingat, Mom membutuhkan jiwa dan pikiran yang sehat. Selain  itu, cobalah atur makanan yang Mom makan.  Makanlah makanan yang sehat agar badan juga tetap sehat.  Jika trypophobia masih muncul dan menjadi sangat mengganggu mintalah pihak lain untuk membantu Mom. Komunikasikan kepada keluarga atau teman-teman dekat, agar mereka dapat menolong Mom meredam ketakutan tersebut.  Mom juga bisa meminta bantuan ahli untuk menterapi diri. Berhubung masalah fobia biasanya terjadi karena masalah emosional, maka biasanya terapi yang dilakukan adalah dengan cara hipnoterapi, konseling, terapi perilaku, terapi kognitif, neuro linguistic programming, dan terapi perilaku kognitif.  Terapi-terapi tersebut bertujuan untuk mengubah pola pikir penderita penyakit ini. Itulah beberapa hal mengenai penyakit trypophobia, penyebab terjadinya serta cara menyembuhkan penyakit trypophobia.  Meskipun kelihatan tidak berbahaya, namun demikian janganlah sampai menyepelekan penyakit ini.  Apalagi hingga sengaja memamerkan gambar-gambar lubang tersebut kepada penderita trypophobia.  ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top