Now Reading
Penyakit Hati Dalam Islam

Penyakit Hati Dalam Islam

Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung).” (HR. Bukhari no. 52 dan Muslim no. 1599). Hati dalam bahasa arab adalah qolbun, yaitu tempat yang sangat penting.  Hati dapat menunjukan bagian yang paling murni, suci, dan mulia dari sesuatu.  Hati juga bisa mengubah sesuatu, baik berupa keputusan atau perbuatan. Dalam hati juga bisa bersemayam setan.  Segala keburukan yang datang dari hati akan membuat segala macam penyakit hati.

Apa saja macam penyakit hati?

Penyakit hati dalam Islam ada berbagai macam.  Penyakit ini harus kita hindari karena bisa membahayakan.  Selain membahayakan hubungan sosial sesama manusia, lebih jauh berhubungan dengan Allah Subhanahuwa ta‘ala. Penyakit hati adalah salah satu perbuatan atau akhlak buruk manusia.  Allah Subhanahuwa ta‘ala tidak menyukai semua perbuatan buruk.  Apalagi penyakit ini rentan menjadikan orang menjadi dzalim.  Berikut adalah macam penyakit hati dalam islam.
  1. Sombong atau takabur

Sombong atau takabur ini adalah salah satu sifat tercela.  Orang yang sombong biasanya akan berbangga pada apa yang dimilikinya.  Bahkan cenderung meremehkan sesuatu atau seseorang.    Padahal jagat raya dan segala isinya adalah hanya milik Allah Subhanahuwa ta‘ala. Untuk itu, tidak ada seorang manusia pun yang boleh memiliki sifat sombong. Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung. (QS Al Isra :37)
  1. Kikir atau bakhil

Allah Subhanahuwa ta‘ala tentu tidak menyukai orang yang memiliki sifat yang kikir atau bakhil.  Sifat ini membuat kita jadi pribadi yang pelit dan akhirnya jadi enggan membantu orang lain dengan hartanya, meskipun hartanya mencukupi untuk membantu. “Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup serta mendustakan pahala terbaik, maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar. Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa.” (QS Al Lail: 8-11)
  1. Hasad, iri, dan dengki

Sifat hasad, iri, dan dengki adalah sifat yang sangat buruk.  Orang yang mempunyai sifat ini akan terusik apabila orang lain tengah diberi kesenangan atau kebahagiaan.  Seseorang dengan sifat ini bahkan berdoa untuk keburukan orang lain.  Tidak hanya itu saja, sifat ini berbahaya apabila jadi perbuatan untuk mendzalimi orang lain, seperti memfitnah atau bahkan mencelakakan orang lain. Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian kamu lebih banyak dari sebagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS An Nisa: 32)
  1. Riya atau pamer

Perbuatan riya atau pamer dilarang dalam Islam.  Perbuatan ini seolah-olah ingin menunjukan amal atau kebaikan dirinya.  Bahaya riba juga bisa menghapus pahala, karena perbuatan baik dan ibadah itu sebaiknya hanya Allah Subhanahuwa ta‘ala saja yang tahu. “Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya, yang berbuat karena riya.” (QS Al Ma’un: 4-6)
  1. Ujub

Ujub adalah perbuatan membangga-banggakan diri.  Seolah-olah apa yang didapatkan murni atas usahanya tanpa ada campur tangan lain.  Padahal  sesuatu yang terjadi adalah murni atas kehendak Allah Subhanahuwa ta‘ala.   “Tiga hal yang membawa pada jurang kebinasaan: (1) tamak lagi kikir, (2) mengikuti hawa nafsu (yang selalu mengajak pada kejelekan), dan ujub (takjub pada diri sendiri).” (H.R. Abdur Razaq, hadist hasan)    ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top