Now Reading
Pemilihan Makanan untuk Jantung Sehat

Pemilihan Makanan untuk Jantung Sehat

Untuk memiliki jantung yang sehat, pola dan gaya hidup yang sehat saja tidak cukup. Oleh karenanya, pola dan gaya hidup sehat harus didukung dengan tepatnya pemilihan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup untuk kesehatan jantung. Pemilihan makanan untuk jantung sehat harus diperhatikan dengan seksama. Hal itu karena banyaknya pilihan makanan yang dapat Anda konsumsi setiap harinya yang banyak dijual di pasaran. Banyak pula suplemen makanan berbentuk vitamin yang bertujuan untuk mendukung kerja jantung atau memberi nutrisi yang cukup untuk jantung.  Tujuannya agar jantung dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Kenapa harus memilih makanan yang tepat dan menjaga pola makan agar mempunyai jantung yang sehat? Tidak semua makanan atau minuman yang biasa dikonsumsi sehari-hari merupakan makanan atau minuman yang berguna dan bernutrisi bagi tubuh, terlebih lagi jantung. Jantung melakukan tugas yang berat tanpa henti seumur hidup setiap hari bahkan setiap detik. Oleh karenanya, akan sangat adil jika jantung mendapatkan asupan nutrisi yang baik dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihan makanan untuk jantung sehat.

  1. Makanan yang seharusnya dihindari

Sebelum mengetahui makanan tepat yang harus dikonsumsi untuk kesehatan jantung, Anda perlu mengetahui makanan yang seharusnya dihindari.  Tentunya agar kerja jantung dalam memompa darah tidak terhambat. Anda perlu menghindari mengonsumsi makanan yang berlemak jenuh, makanan yang mengandung kolesterol, contoh dari makanan ini adalah daging yang berlemak banyak, keju yang berlebihan, susu dengan lemak yang tinggi. Dengan tingginya asupan lemak jenuh dan kolesterol, akan menyebabkan tumpukan lemak dan kolesterol di pembuluh darah.  Akibatnya memberatkan kinerja jantung. Hindari juga mengonsumsi minuman bersoda dan makanan cepat saji.

  1. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi

Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, magnesium, serta omega 3 untuk memelihara dan mendukung kerja jantung. Apa saja makanan yang mengandung nutrisi ini? Anda dapat memperbanyak mengonsumsi oatmeal yang tidak hanya membantu memelihara jantung tetapi juga membantu menurunkan kolesterol.

Pemilihan makanan untuk jantung sehat yang lainnya adalah tomat yang mengandung likopen dan berfungsi juga untuk menurunkan kolesterol. Bagi Anda penyuka gorengan, Anda masih tetap dapat menjaga kesehatan jantung Anda tanpa harus mengorbankan mengonsumsi gorengan. Anda dapat mencoba alternatif dengan menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng biasa. Hal ini dikarenakan minyak goreng biasa mempunyai lemak jenuh yang lebih banyak dari minyak zaitun.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top