Now Reading
Omega 3, Nutrisi Penting Untuk Kesehatan

Omega 3, Nutrisi Penting Untuk Kesehatan

Anda tentu tidak asing lagi mendengar zat makanan omega 3. Ketika masa kecil, orang tua selalu mengatakan anak-anak harus banyak makan makanan yang mengandung omega 3. Pakar gizi pun meminta masyarakat untuk banyak mengonsumsi omega 3 . Akan tetapi apakah Anda mengetahui apa itu omega 3?  Dan apa manfaat pada omega 3?

Pengertian Omega 3

Omega 3 sangat diperlukan oleh tubuh manusia tetapi ia tidak dapat diproduksi oleh tubuh secara mandiri. Oleh karena itu, untuk memenuhi asupan tersebut,  Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya dengan omega 3. Omega 3 banyak ditemukan pada berbagai makanan dari laut terutama ikan laut. Omega 3 ini merupakan asam lemak esensial yang bersifat tidak jenuh dan memiliki rantai ganda panjang. Asam lemak terbagi menjadi 3 jenis diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Asam Alfa-Linolenat (ALA)

Dalam tubuh, ALA diubah menjadi EPA dan DHA. Omega 3 jenis ini banyak ditemukan pada minyak biji-bijian seperti biji kenari, kedelai, dan biji rami. Sedangkan pada sayuran, Anda dapat menemukannya pada bayam atau sayuran berdaun gelap.

  1. Asam Ecosapentaenoic (EPA)

Asam lemak ini dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Untuk memperoleh EPA, Anda dapat mengonsumsi berbagai jenis ikan laut seperti ikan salmon, ikan makerel, hati ikan cod, dan ikan haring.

  1. Asam Docosahexaenoic (DHA)

DHA sangat penting untuk kesehatan otak dan saraf. Asam ini banyak ditemukan pada ikan laut yang hidup di air dingin. Untuk Anda yang alergi atau tidak suka ikan, Anda dapat mengonsumsi ganggang.

Selain pada ikan, ternyata omega 3 juga dapat Anda temui pada buah-buahan, misalnya raspberry, jambu biji, alpukat, blackberry, blewah, mangga, dan buah kiwi.

Manfaat pada Omega 3

Omega 3 sangat penting bagi tubuh manusia. Berikut ini berbagai manfaat pada omega 3, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Sangat baik untuk perkembangan dan kesehatan otak

Omega 3 merupakan nutrisi otak yang berperan sebagai pengatur perkembangan membran sel pada sistem neurologis dari otak dan jalur sinyal.

  1. Membantu menurunkan kolesterol jahat

Dalam hal ini omega 3 berperan meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan lemak dalam darah (trigliserida).

  1. Mencegah serangan jantung

Omega 3 sangat membantu tubuh meningkatkan elastisitas arterial, sehingga serangan jantung dapat Anda cegah.

  1. Kesehatan mata,

Omega 3 pada mata merupakan nutrisi untuk retina.

  1. Membantu mengurangi rasa nyeri pada haid

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa omega 3 jenis EPA dan DHA dapat menurunkan kadar prostaglandin. Meningkatnya kadar prostaglandin menyebabkan nyeri ketika haid.

  1. Mencegah penyumbatan pembuluh darah

Dalam hal ini, omega 3 memengaruhi kemampuan trombosit dengan antikoagulan yang dimiliki oleh omega 3 itu sendiri. Sehingga omega 3 dapat mengurangi resiko penyakit stroke.

  1. Membantu perkembangan fisik dan mental pada anak-anak, sehingga sangat disarankan anak-anak banyak mengonsumsi ikan minimal 2 kali seminggu. Hal tersebut juga berlaku untuk orang dewasa.
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top