Now Reading
Road to Professional Blogger : Insights From Advertiser & Social Influencer

Road to Professional Blogger : Insights From Advertiser & Social Influencer

Apabila seseorang memiliki blog maka dia adalah seorang blogger.

– Nunik Rahmawati

Hal tersebut disampaikan Mba Nunik dari Provetic saat acara Ngobrol Cantik Blogger Perempuan, hari Sabtu lalu tanggal 28 November 2015 di Loop Station Mahakam. Selama dua jam, nara sumber acara yaitu Toro “Cumi Lebay” dan Joko Soemitro dari Tokopedia turut berbagi insight yang memberikan pencerahan untuk para member Blogger Perempuan.

Tema Ngobrol Cantik kali ini adalah talkshow santai yang mengangkat bagaimana profesi blogger yang sesungguhnya. Mulai dari Mas Toro, seorang travel blogger yang dikenal dengan ciri khas blog yang warna warni dan sering menjadi seorang influencer blogger. Mas Toro yang membranding dirinya sebagai travel blogger hore dan fokus dengan nama Cumi Lebay ini mengaku sangat bangga dengan profesi seorang blogger.

Kegiatan sebagai blogger memang dimaksudkan untuk menceritakan perjalanan yang merupakan hobinya. Kemudian karena keunikan dan menjadi seorang Cumi Lebay yang berbeda dengan travel blogger lain, akhirnya brand melirik dan menjadikan Mas Toro seorang endorser.

Kenapa harus berbeda? karena ternyata brand memilih Mas Toro bersama dengan travel blogger lain yang memiliki keunikan berbeda pula. Jadi akan lebih penting jika kita menjadi seorang blogger dengan keunikan tersendiri. Menurut Mas Toro, selama ini dalam pengamatannya, dalam satu grup blogger yang diendorse akan terlihat bahwa masing-masing blogger memiliki fan base sendiri dan karakter yang berbeda satu sama lainnya.

Mas Toro juga terbuka mengenai bagaimana selama ini para brand tidak merasa keberatan dengan gaya penulisannya. Ternyata justru yang dicari adalah bagaimana pesan sponsor tersebut bisa sampai tanpa harus terlihat seperti tulisan iklan. Dan jawabannya adalah menggunakan cara penulisan sesuai dengan karakter si bloggernya. Dan mengenai warna-warni tulisannya, itu karena Mas Toro ingin meng-highlight hal-hal yang penting karena tingkat keterbacaan seseorang rendah jika tulisannya terlalu panjang.

Tidak kalah pentingnya adalah bagaimana kita memperlakukan pekerjaan sebagai blogger dengan kebanggaan dan tanggung jawab. Seperti misalnya target dilihat berapa banyak dan juga komentar sebagai bagian service. Hal lain yang dilakukan oleh Mas Toro adalah dengan banyak blogwalking dan membalas komentar. Sesuatu hal yang sangat jarang sekali dilakukan oleh blogger yang telah dikenal dan memiliki jadwal yang padat. Menurut mas Toro, membalas komentar itu sangat penting karena kalau nanti tidak dibalas, belum tentu mereka mau datang dan membaca tulisan lagi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Mba Nunik yang sering menggunakan blogger sebagai salah satu media anti mainstream. Menurut Mba Nunik, memiliki mental sebagai blogger yang baik itu penting. Konten yang ditulis dengan hati dan attitude menjadi hal yang dilihat ketika ingin meng-hire seorang blogger.

Sebagai salah satu perusahaan analisa data, Mba Nunik paham betul bagaimana seorang blogger butuh effort yang luar biasa untuk menghasilkan tulisan yang baik. Oleh karena itu, penghargaan selalu diberikan kepada para blogger. Mulai dari menjadikan mereka sebagai partner dan kompensasi yang dinilai cukup untuk setiap pekerjaan.

Dalam memilih blogger, Mba Nunik akan memilih berdasarkan kecocokan antara yang dibutuhkan oleh klien dan karakter blogger. Jadi jangan heran apabila setiap project akan berbeda juga bloggernya. Namun apabila tidak ada waktu lagi untuk mencari blogger, maka networkinglah yang akan berjalan. Maka dari itu, sering-seringlah hadir di acara kopi darat blogger untuk mendapatkan networking yang berkualitas.

Dari segi teknis, Mba Nunik juga sangat mempertimbangkan Alexa Rank dari sebuah blog. Tidak dapat dipungkiri bahwa blogger akan sangat terpengaruh oleh kepopuleran blognya sendiri. Sehingga walaupun blogger tersebut memiliki branding yang kuat, pada saat blognya tidak memiliki Alexa yang bagus maka akan urung dilakukan kerja sama.

Berbeda dengan brand Tokopedia dalam menggunakan blogger sebagai partner. Joko Soemitro yang mewakili Tokopedia, menyebutkan bahwa memilih blogger akan dilihat dari domainnya. Yaitu blogger yang sudah menggunakan Top Level Domain. Karena, buat mereka kredibilitas itu sangat penting.

Dalam misinya, Tokopedia membantu pada UKM untuk memasarkan produk mereka melalui promosi blogger. Banyak sekali blogger yang menuliskan artikel produk di Tokopedia memberikan konversi penjualan yang cukup besar. Sehingga dalam hal ini blogger sebagai kepanjangan tangan dari promosi UKM tersebut.

Menurut Joko, juga blogger harus menguasai bagaimana mengoptimasikan tulisan yang dibuat untuk mendapatkan pembaca lebih banyak. Karena dengan banyaknya blogger menulis hal yang sama, maka akan lebih membantu jika konten sudah teroptimasi.

Sampai hari ini, parameter yang digunakan oleh Tokopedia masih Domain Authority (DA), di mana pemilihan blogger akan berdasarkan parameter tersebut. Sehingga sasaran untuk pemasaran UKM akan lebih terukur dan menghasilkan konversi yang bagus.

Di antara pemaparan dari para nara sumber tersebut, para member Blogger Perempuan antusias sekali untuk bertanya dan berdiskusi mengenai pekerjaan blogger. Tidak ketinggalan juga para member aktif sekali memberikan informasi melalui Twitter melalui hestek #NgobCanBP dan menjadi Trending Topic pada hari Sabtu sore tersebut.

Terima kasih banyak teman-teman Blogger Perempuan yang sudah hadir dan berbagi melalui tulisan di blog dan Twitter mengenai acara ini, sehingga yang tidak dapat hadir bisa mendapatkan ilmunya. Sampai jumpa di #NgobCanBP selanjutnya 🙂

View Comment (1)
  • lagi googling keyword tertentu, ketemu artikel ini.
    setelah membacanya, gue malah jadi terharu mengingat karya-karya hebat yang pernah dituliskan mas Toro Cumi Lebay

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top