Now Reading
Mungkin Anda Tidak Menyangka Rumus Ini Meningkatkan Risiko Kanker Pita Suara

Mungkin Anda Tidak Menyangka Rumus Ini Meningkatkan Risiko Kanker Pita Suara

Sel kanker bisa mengenai apa saja bagian tubuh kita,  tak terkecuali pita suara yang letaknya tersembunyi sekalipun.  Kanker pita suara memang tidak banyak dibicarakan, karena belum tinggi kasus penderitanya di Indonesia menurut data resmi WHO maupun Kementerian Kesehatan,  namun tingginya jumlah perokok aktif di negara kita ini,  bahkan sungguh memprihatinkan karena sekarang ini usia perokok aktif mulai di usia belasan dan cukup belia.  Kanker pita suara atau kanker laring adalah keganasan pada pita suara, kotak suara atau bagian dari tenggorokan. Kanker ini biasanya menyerang perokok aktif.  Oleh karena itu semakin bertambahnya jumlah perokok aktif memungkinkan semakin tingginya kasus kanker pita suara ini terjadi di masa mendatang.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tumbuhnya kanker pita suara di tenggorokan atau pita suara kita tidak lain disebabkan oleh diri kita sendiri yang tidak mau merawat tubuh kita baik dalam maupun luar. Dan berikut ini adalah beberapa faktor-faktor penyebabnya :

  1. Kebiasaan Merokok
  2. Minum Minuman Beralkohol

Rumus :

Merokok + Minum Alkohol = Risiko Tinggi Kanker Pita Suara

  1. Bahan Kimia Berbahaya

Waspadailah menggunaan zat – zat kimia seperti zat pewarna dan pengawet serta makanan-makanan instant yang pastinya menggunakan pengawet.  Kurangilah bila Anda termasuk cukup sering mengkonsumsinya.

  1. Kurangnya Asupan Gizzi dan Vitamin
  2. Riwayat Keluarga
  3. Rendahnya Sistim Imum Tubuh
  4. Terpapar Partikel Beracun
  5. Melakukan Diet Ketat

Diet ketat yang dilakukan dapat membuat seseorang kekurangan mineral dan vitamin. Dan inilah hal yang harus diwaspadai karena kekurangan mineral dan vitamin dapat menyebabkan anda terserang kanker pita suara atau kanker laring.

Gejala-gejala kanker pita suara adalah:

  • Suara serak. Mungkin beberapa dari kita menganggap suara serak sebagai gejala penyakit tenggorokan biasa, namun perlu kita ketahui suara serak yang berkepanjangan dan tak kunjung sembuh merupakan salah satu gejala kanker pita suara.
  • Nyeri syaraf. Pada saat kanker laring mencapai batas tertentu maka dapat menyebabkan nyeri pada syaraf tertentu.
  • Dahak yang berdarah.Kanker pita suara biasanya membuat penderita batuk sambil mengeluarkan lender berdarah.

Kenalilah gejalanya dengan baik dan jangan pernah mengacuhkan bila Anda merasakan satu saja dari gejala-gejala tersebut diatas.  Dampak dari kanker pita suara ini cukup parah,  bisa membuat Anda tidak bisa berbicara hingga resiko kematian.  Karena itu segeralah pergi ke dokter spesialis THT untuk memeriksakan diri bisa merasakan satu saja gejala diatas.

Apabila Anda didiagnosis mengidap kanker pita suara dokter akan melakukan pengobatan yang sesuai dengan tingkatan dari sel kanker yang Anda alami. Penentuan ini sangat berpengaruh terhadap jenis pengobatan yang cocok untuk Anda jalankan. Namun kondisi sel pada tenggorokan dan kondisi tubuh anda juga akan berpengaruh pada penentuan pengobatan yang akan Anda jalani.Pengobatan bisa dilakukan dengan terapi radiasi yaitu menggunakan sinar dengan energi tinggi (sinar X) yang diarahkan ke sel kanker tersebut sehingga sel kanker bisa mati karena efek dari sinar X. namun metode terapi sinar X ini hanya dapat dilakukan apabila sel kanker pada tenggorokan Anda tergolong masih kecil, apabila sel kanker sudah besar akan dilakukan kombinasi antara pengobatan ini dengan kemoterapi ataupun operasi.

Pencegahan selalu menjadi hal terbaik,  karena itu jauhilah penyebab kanker pita suara seperti yang sudah disebutkan di atas.  Mulailah pola hidup sehat sekarang juga demi kesehatan Anda.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top