Now Reading
Mom Perlu Tahu, Menjaga Keseimbangan Emosi Ibu Hamil Muda Bisa Dengan Terapi Musik. Mau Mencoba?

Mom Perlu Tahu, Menjaga Keseimbangan Emosi Ibu Hamil Muda Bisa Dengan Terapi Musik. Mau Mencoba?

Saat Mom memasuki masa kehamilan, biasanya akan mengalami berbagai perubahan. Perubahan yang paling kelihatan ialah tampilan secara fisik.  Tak hanya secara fisik saja, secara psikologis sebenarnya ibu hamil muda akan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Semua ini terjadi karena pengaruh hormon kehamilan. Saat kondisi psikologis Mom berubah-ubah, lepasnya kendali emosi akan sering dihadapi. Mom yang emosinya naik turun biasanya akan sering  gelisah, lekas uring-uringan, kerap  merasa sedih tiba-tiba, merasa rendah diri dan berbagai macam perasaan tak enak yang kerap menghampiri ibu hamil di masa-masa trimester awal. Mom perlu tahu jika kontrol emosi di saat hamil muda menjadi tak terkendali, maka lama-kelamaan hal tersebut akan mempengaruhi kondisi kesehatan.  Tak mau dong tentunya kesehatan jabang bayi di dalam kandungan ikut terganggu jika hal ini terus terjadi.

Terapi musik bagi ibu yang hamil muda dapat membuat rileks dan mengurangi kadar emosi. Selain itu, bermanfaat menciptakan kenyamanan pada bayi yang dikandungnya.

Ibu yang sedang hamil kerap mengalami gejolak emosi yang sulit ditebak dan kadang-kadang tak diketahui apa penyebabnya. Meski tidak terjadi pada setiap kehamilan ibu di masa-masa awal, ada juga  ibu hamil yang mengalami depresi selama kehamilan. Hal ini ditandai dengan naiknya hormon pemicu stres dan detak jantung yang meningkat. Perubahan detak jantung yang dialami oleh ibu hamil muda akan berpengaruh pada janinnya. Mom yang sedang hamil muda sebaiknya menjaga kesehatan fisik maupun psikis. Jadi tak hanya semata memperhatikan keseimbangan gizi dan asupan makanan, hal-hal yang berkaitan dengan perubahan psikis dan keseimbangan emosi juga perlu dipikirkan. Terapi musik bisa digunakan untuk keperluan di atas. Pengaplikasian terapi musik pada ibu hamil muda  dapat membuat rileks dan bermanfaat bagi pemeliharaan kesehatan fisik maupun psikis ibu hamil. Tahukah Mom jika terapi musik ini bermanfaat menciptakan kenyamanan pada bayi di dalam kandungan? Jadi begini Mom, melalui terapi musik tersebut, ibu hamil akan merasa rileks. Ibu hamil yang rileks dapat mengurangi kadar emosi yang sering timbul tenggelam.  Dengan terapi musik diharapkan ibu hamil dapat berpikir secara lebih positif. Seimbangnya hormon pada ibu hamil lah yang membuat kondisinya menjadi tenang dan nyaman. Dengan begitu, ibu hamil akan bisa lebih berkonsentrasi memberikan stimulasi pada bayi di dalam kandungannya. Terapi musik dapat dilakukan di sepanjang kehamilan, hal ini dikarenakan setiap usia kehamilan memiliki keluhan yang berbeda. Pada trimester pertama acap kali ibu hamil mengalami perubahan hormon yang dapat mempengaruhi psikis, sehingga ibu hamil mengalami rasa sedih yang berlebihan. Lalu, biasanya memasuki trimester kedua keluhan-keluhan yang berkaitan dengan kondisi tubuh akan sering muncul, misalnya ketidaknyamanan saat beraktivitas dikarenakan perubahan bentuk tubuh. Belum berakhir nih Mom, nantinya saat sudah sampai di trimester ketiga, ibu hamil bisa mengalami stres jelang masa persalinan.

Mom, Begini Cara Melakukan Terapi Musik.  Mudah kok!

  1. Pilihlah jenis musik yang sering dianjurkan bagi ibu hamil, yaitu musik klasik. Mom dapat mendengarkan musik tersebut secara langsung via speaker ataupun memilih menggunakan headset,  jika ingin lebih santai dan tak menimbulkan suara berlebih ketika melakukan terapi ini. Lakukan terapi ini paling tidak 30 menit setiap harinya.
  2. Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menempelkan headset ke perut. Bayi akan menangkap rangsangan yang menyenangkan dari musik klasik tersebut.
Saat melakukan terapi musik ini usahakan tidak tertidur ya Mom. Jika tertidur maka hubungan emosi dengan jabang bayi kurang maksimal. Siap mencoba terapi musik ini? Selamat berbahagia dengan kehamilan yang sehat dan rileks ya Mom.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top