Now Reading
Mom, Kenali Cara Diet Kalori Agar Tidak Salah Saat Melakukannya

Mom, Kenali Cara Diet Kalori Agar Tidak Salah Saat Melakukannya

  • Lakukan secara bertahap. Kurangi jumlah asupan kalori secara bertahap,  jangan drastis karena akan membuat tubuh kaget.  Kurangilah mulai dari 500 kalori setiap minggunya.  Selain mengurangi jumlah kalori secara bertahap,  jaga juga aktivitas Mom.  Jangan menambah aktivitas secara drastis.  Perhatikan kesehatan organ dalam tubuh Mom yang sedang kekurangan asupan kalori untuk bekerja. Jangan ditambah lagi bebannya.
  • Tambahkan protein sedikit lebih banyak pada menu cara diet kalori yang Mom konsumsi. Porsi protein yang sedikit lebih tinggi ini dimaksudkan untuk mencegah Mom kelaparan, karena protein bisa membuat rasa lapar muncul lebih lama. Sumber protein yang dianjurkan adalah daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, telur, daging asap, susu serta keju yang bersifat rendah lemak, tempe, tahu, kacang kedelai, dan berbagai kacang-kacang lainnya yang disajikan tanpa digoreng.
  • Jangan hindari lemak. Konsumsi lemak secukupnya, yaitu 20-25% dari kebutuhan kalori total per hari. Namun, jangan lupa untuk melihat sumber dari lemak yang Mom makan. Yang terpenting di sini adalah pemilihan lemak yang tepat. Usahakan untuk mengambil sumber lemak yang mengandung makanan lemak tidak jenuh ganda yang kadarnya tinggi. Contoh sumber lemak yang harus dihindari adalah minyak kelapa dan santan.
  • Pada menu cara diet kalori pilihlah jenis karbohidrat yang kompleks sehingga membuat kadar gula darah langsung meningkat.  Sumber karbohidrat kompleks yang dianjurkan adalah nasi, ubi, singkong, talas, kentang, dan sereal. Sedangkan makanan yang tidak dianjurkan adalah jenis karbohidrat sederhana yang terdiri atas gula.
  •   Selain keempat tips di atas, dalam cara diet kalori juga disarankan untuk:
    • Makan berat sebanyak 3 kali dengan porsi secukupnya dan 2-3 kali makanan selingan.
    • Vitamin dan mineral yang cukup.
    • Cairan yang harus dikonsumsi setiap malam yaitu 8-10 gelas/hari.
    • Hindari berbagai jenis makanan cepat saji, makanan kalengan, makanan ringan kemasan, serta buah-buahan yang  tinggi kalorinya seperti durian dan mangga.
    • Mengonsumsi beragam sayuran, tetapi hindari sayuran yang dimasak dengan santan yang kental.
      Cara diet kalori sebenarnya cara diet yang cukup mudah karena tidak mengatur pantangan makanan yang rumit.  Mom hanya harus memerhatikan jumlah asupan kalori.  Jaga saja keseimbangan antara asupan kalori dengan jumlah kalori yang dibuang.  Oleh karena itu cara diet ini banyak disukai karena cenderung mudah dilakukan.  Bila karena satu dan lain hal Mom mengkonsumsi kalori lebih dari yang seharusnya, maka tambahkan saja aktivitas pembakar kalori untuk membuang kelebihan kalori yang masuk.  Selamat mencoba!]]>

    View Comments (0)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    © 2015 Blogger Perempuan Network.
    All Rights Reserved.

    Scroll To Top