Now Reading
Mom, Coba deh 10 Menu Resep MPASI Ini. Mudah Banget Buatnya!

Mom, Coba deh 10 Menu Resep MPASI Ini. Mudah Banget Buatnya!

Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi. Namun saat sudah berumur 6 bulan, Mom harus memberinya makanan pendamping ASI atau MPASI. Apa sih yang harus diberikan untuk bayi? Cari tahu yuk, 10 menu resep mpasi yang dapat Mom buat! Tanda si Kecil sudah siap menerima MPASI diantaranya adalah bisa menahan kepalanya sendiri dengan tegak dan duduk dengan seimbang, serta ada keinginan untuk makan dan menerima makanan dengan cara membuka mulutnya. Ingat ya Mom, MPASI yang diberikan haruslah mencukupi kandungan nutrisinya karena berguna untuk tumbuh kembangnya.

Bubur Pisang Susu Sereal

Mom dapat memberikan si kecil pisang yang dilumatkan terlebih dahulu lalu dicampur dengan air. Namun jika ASI masih diberikan, tambahkan saja ASI pada pisang tersebut. Mom juga bisa menambahkan sereal ke dalam bubur pisang. Akan tetapi sesuaikan keenceran serta kehalusannya ya.

Pure Ubi Wortel

Siapkan wortel dan ubi yang sudah dikupas lalu dipotong-potong kecil. Kemudian rebus hingga empuk. Setelah itu, ubi dan wortel dihaluskan menggunakan food processor, jika perlu tambahkan sedikit air kira-kira satu sendok makan agar lebih halus lagi. Sajikan pure dengan keju yang sudah diparut. Bagi anak yang sudah agak besar, pure bisa ditambahkan pada roti atau pizza.

Pasta Brokoli Telur

Berbagai jenis pasta dapat diberikan untuk makanan bayi, seperti makaroni yang direbus hingga matang dan ditumbuk atau dihaluskan, begitu juga dengan brokolinya. Sementara itu, ambil telur bagian kuningnya yang sudah direbus lalu disaring menggunakan sedikit minyak yang dicampurkan pada pasta dan brokoli tadi. Lumatkan telur lalu tambahkan pada pasta yang akan dimakan bayi.

Nasi Tim Ayam

Saat memasak tim ayam, Mom dapat memasaknya dengan cara dua bagian. Pertama, rebus ayam yang telah di potong kecil-kecil hingga matang dan lunak, kemudian dihaluskan menggunakan food processor. Pada tempat memasak yang berbeda, Mom bisa memasak beras yang direbus dengan air hingga matang sambil terus diaduk sampai memperoleh kekentalan yang diinginkan sesuai dengan usia bayi. Mom juga boleh memasukkan sayuran halus pada nasi tim. Saat penyajian, ambil nasi tim barulah Mom tambahkan ayam yang sudah dihaluskan tadi. Ada baiknya Mom memasak ayam sekalian agak banyak, nanti sisanya dapat disimpan di frezer untuk tambahan makanan selanjutnya.

Pure Kentang Bayam dan Ayam

Langkah pertama yang harus Mom lakukan adalah merebus kentang yang telah dipotong-potong sampai lunak, kemudian haluskan. Kukus bayam yang sudah dicuci bersih kemudian lumatkan. Setelah itu, bisa campurkan pada pure kentang dan tambahkan ayam yang sudah dimasak dengan cara seperti di atas. Selain kelima resep di atas, Mom juga dapat membuat menu MPASI lainnya dengan membuat variasi yang berbeda. Sayuran bisa Mom ganti dengan jenis yang lain, tidak hanya bayam, wortel, atau brokoli saja. Begitu juga dengan ayam, boleh diganti dengan daging, ikan, atau hati ayam. Apapun yang Mom berikan untuk menu MPASI bagi si Kecil, hindari penggunaan garam dan gula ya, setidaknya pada usia 6 hingga 12 bulan. Hal ini dilakukan untuk membantu mengenalkan aneka rasa, tekstur yang berbeda pada bayi, dan membentuk pola makannya agar lebih baik. Pemberian makanan asin terlalu awal dapat mengganggu ginjalnya, sedangkan gula dan makanan manis bisa menyebabkan kerusakan pada giginya. Selamat memasak menu MPASI ya Mom!]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top