Now Reading
Mengenal Kasus Tentang Kanker Usus

Mengenal Kasus Tentang Kanker Usus

Sel kanker dapat tumbuh di mana saja di dalam tubuh kita.  Sel kanker adalah sel tubuh yang bermutasi menjadi abnormal yang biasanya disebabkan oleh luka atau peradangan yang tidak sembuh dengan baik.  sel-sel yang luka oleh peradangan yang tak ditangani dengan baik itulah yang bermutasi menjadi sel kanker,  karenanya bisa ada di mana saja di dalam tubuh kita.  Termasuk di dalam sistim pencernaan yang dikenal sebagai kanker usus.  Secara spesifik,  sebenarnya kanker ususada 2 macam yaitu kanker usus besar dan kanker usus halus, akan tetapi kanker yang sering terjadi adalah kanker usus besar. Kanker usus besar sendiri adalah tumbuhnya sel-sel yang tidak normal pada bagian usus besar atau tumbuhnya sel kanker ganas pada bagian permukaan usus besar atau rektum.

Berbicara penyakit kanker yang tumbuh pada organ usus, memang tidak lengkap rasanya apabila tidak berbicara mengenai gejala kanker usus. Gejala umum yang sering ditemui pada penderita kanker pada usus ialah seperti muncul rasa nyeri ketika akan buang air besar (BAB).

Rasa sakit yang terjadi memang dikarenakan adanya gesekan antara permukaan dinding usus yang ditumbuhi kanker, dan tidak jarang pula mengeluarkan darah. Dan apabila penyakit ini sudah masuk dalam tahap yang kronis, penderita sampai-sampai tidak dapat buang air besar dalam waktu yang lama, dikarenakan jalur keluarkan kotoran tertutup oleh sel kanker yang semakin membesar.  Sungguh menderita ya,  itulah sebabnya meskipun kasus kanker usus ini tidak terlalu tinggi,  tetapi resiko kematian penderitanya cukup besar.  Hal ini terutama karena gejala dini kanker usus (kanker usus besar) sulit untuk dikenali dan dideteksi.

Sejauh ini, penyebab kanker usus besar memang belum diketahui secara pasti. Hanya saja, ada beberapa hal yang diduga kuat berpotensi memunculkan penyakit ganas ini, yaitu: cara diet yang salah (terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan protein, serta rendah serat), obesitas (kegemukan), pernah terkena kanker usus besar, berasal dari keluarga yang memiliki riwayat kanker usus besar, pernah memiliki polip di usus, umur (risiko meningkat pada usia di atas 50 tahun), jarang melakukan aktivitas fisik, sering terpapar bahan pengawet makanan maupun pewarna yang bukan untuk makanan, dan merokok.

Ciri-ciri yang menjadi gejala adanya kanker usus ini belum di teliti secara pasti karena umumnya pada setiap orang akan berbeda-beda tergantung seberapa lama penyakit tersebut telah bersarang dalam usus Anda, dan faktor-faktor penentu lainnya seperti usia dan berat badan serta kebiasaan merokok atau tidak.  Namun ciri-ciri atau gejala umumnya seperti :

  • Perdarahan pada usus besar yang ditandai dengan ditemukannya darah pada feses saat buang air besar.
  • Perubahan pada fungsi usus (diare atau sembelit) tanpa sebab yang jelas, lebih dari enam minggu.
  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
  • Rasa sakit di perut atau bagian belakang.
  • Perut masih terasa penuh meskipun sudah buang air besar.Rasa lelah yang terus-menerus.
  • Kadang-kadang kanker dapat menjadi penghalang dalam usus besar yang tampak pada beberapa gejala seperti sembelit, rasa sakit, dan rasa kembung di perut.
  • Keluar darah dari anus.
  • Biasanya Berat badan akan turun drastis

Untuk pencegahan kanker usus ini sendiri paling utama adalah mengkonsumsi makanan berserat tinggi, karena serat sangat baik sekali untuk menghilangkan berbagai macam racun yang ada dalam usus Anda, sehingga resiko timbulnya sel-sel tidak wajar pada usus Anda akan menurun dan semakin baik bila ditambah dengan suplemen tambahan seperti kalsium, vitamin E, D. Suplemen tambahan tersebut bisa Anda dapatkan dari buah-buahan segar dan hindari merokok juga. Karena menurut penelitian merokok juga bisa menyebabkan kanker usus dengan kemungkinan 1- 3 kali lebih mudah terkena kanker usus dibanding orang yang tidak merokok.  Oleh karena itu marilah kita mulai pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit kritis dan mematikan seperti kanker usus ini.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top