Now Reading
Mengenal Dan Memilih Platform Untuk Blog

Mengenal Dan Memilih Platform Untuk Blog

Untuk memulai sebuah blog, diperlukan pemilihan platform blog yang tepat. Sejak dimulainya era blogging lebih dari satu dekade yang lalu, ada beberapa platform yang terus berkembang dan dipergunakan sampai saat ini. Platform tersebut dapat memenuhi kebutuhan dasar untuk menulis dengan dilengkapi pendukung yang diperlukan.

Saat ini, ada dua platform populer yang digunakan oleh blogger di seluruh dunia. Kedua platform tersebut adalah Blogspot (Blogger.com) dan WordPress (WordPress.com dan WordPress.org). Selain itu, ada juga platform Squarespace dan Tumblr yang jumlah penggunanya lebih sedikit, namun mengalami peningkatan yang cukup cepat.

Blogspot

Blogspot adalah platform yang dimiliki oleh Google. Akun yang dipergunakan adalah akun Google dan terintegrasi dengan seluruh layanan Google. Platform ini memberikan layanan dasar blogging dengan tampilan dasar seperti buku harian yang diurutkan berdasarkan tanggal terbaru.

Penggunaannya yang user-friendly dan tidak membutuhkan pemahaman programming menjadikan Blogspot sebagai platform favorit para blogger pemula. Kapabilitasnya yang terkoneksi dengan akun Google Plus serta memiliki kapasitas yang tidak terbatas, membuat Blogspot disukai.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk menggunakan layanan Blogspot, kecuali untuk penggunaan custom domain. Kemudahan penggantian template dan pemasangan script yang menyesuaikan dengan kebutuhan, juga menjadi pilihan penggunaan Blogspot.

WordPress

WordPress adalah sebuah CMS (Content Management System), sebuah sistem yang memiliki dasar pemrograman lebih rumit. WordPress ditujukan untuk blogging atau kebutuhan website yang lebih advanced. WordPress itu sendiri terbagi dua jenis. Pada dasarnya hanya ada satu WordPress, yaitu WordPress.org yang pertama kali dikembangkan oleh Matt Mullenweg. Lalu, muncul sebuah layanan blogging gratis yang menggunakan WordPress sebagai engine-nya dan dikenal dengan WordPress.com.

Layanan WordPress.com ini gratis, baik hosting maupun domain yang berupa sub domain. Akan tetapi, tentunya ada banyak keterbatasan dan penyesuaian yang tidak maksimal untuk kebutuhan blogging. Sedangkan WordPress.org adalah Content Management System yang harus di-install di server mandiri sehingga membutuhkan domain dan hosting yang dibeli untuk kemudian di-install. Dari sinilah muncul istilah WordPress berbayar. Padahal WordPress sendiri adalah CMS yang berlisensi GPLv2 sehingga yang disebut berbayar hanya domain dan hostingnya.

Squarespace dan Tumblr

 Platform lain yang mulai ramai digunakan adalah Squarespace dan Tumblr.  Tumblr merupakan hosted platform gratis yang populer untuk kegiatan blogging yang lebih sederhana. Tumblr bersifat mikro-blogging yang hanya berisi konten pendek.

See Also

Squarespace merupakan hosted platform berbayar yang makin populer di Amerika dengan design yang minimalis dan elegan dan kemudahan mengatur layout (drag and drop). Selain blogging, Squarespace dapat memenuhi kebutuhan blogging dan website yang lebih kompleks seperti ecommerce, portfolio, dan fitur lainnya.

Di antara platform yang digunakan untuk blogging, Blogspot dan WordPress adalah dua pilihan yang paling banyak digunakan dan terbukti bisa bertahan dalam hitungan dekade. Sampai saat ini, jumlah blogger terus bertambah dan semakin membuktikan keberadaannya yang tidak lekang oleh teknologi terbaru seperti media sosial.

Pemilihan platform blog menjadi hal yang sangat krusial apabila kegiatan blogging ditujukan untuk profesional dan ingin menulis sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang banyak. Jadi, pilihlah platform blog yang sesuai, mudah dipahami, dan menyesuaikan kemampuan pribadi. Baik itu kemampuan finansial maupun kemampuan teknikal. Hal yang terpenting dari blogging adalah memiliki konten yang menarik dan orisinil.

View Comments (3)
  • Wahhhh baru tau yang Squarespace…aku pakeny email squaremail beda ya 😀 sampai sejauh ini paling nyaman ama blogcpot *alesan internet ga kuat buka wordpress ama blogdetik* T.T

  • Dulunya sy nyaman dg wp.com, tp semua jd masalah ketika ingin meningkatkan blog jd domain pribadi. Pengalaman pahit menggunakan jasa hosting lokal memaksa sy beralih ke blogspot. Di blogspot, domain pribadi boleh numpang gratis hehe.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top