Now Reading
Mengenal Alexa, PageRank, dan Domain Authority

Mengenal Alexa, PageRank, dan Domain Authority

Popularitas suatu blog atau website yang layak untuk dijadikan backlink atau diberi job review biasanya diukur dengan parameter tertentu. Ada beberapa tools yang biasanya menjadi patokan para agency atau advertiser untuk menentukan nilai dari suatu blog.

Secara umum, parameter yang populer dijadikan sebagai patokan adalah Alexa Rank, Page Rank, dan Domain Authority (DA). Ada beberapa advertiser yang hanya percaya menggunakan DA tapi ada juga yang masih mempergunakan Alexa Rank dan Page Rank walaupun dirasa tidak akurat dan nilainya dapat dimodifikasi.

Alexa

Alexa Rank adalah sistem pengukuran berdasarkan lalu lintas yang masuk dengan angka antara jutaan dan ratusan. Semakin baik jumlah lalu lintas yang masuk, maka angka akan mengecil bahkan bisa mencapai ribuan. Hanya saja, kelemahan dari Alexa ini hanya dilakukan dari pengukuran toolbar yang ter-install di browser, sehingga apabila browser tersebut tidak terinstal toolbar, maka nilainya tidak akan terdeteksi. Maka dari itu, penting sekali untuk meng-install Alexa toolbar di browser yang kita miliki.

Pasang Alexa Toolbar

Lalu, kunjungi secara rutin setiap hari blog kita sendiri agar nilai Alexanya makin turun karena terdeteksi melalui toolbar tersebut. Lebih baik lagi, kita mampu memberikan informasi kepada pembaca blog dan meminta mereka untuk meng-install Alexa toolbar pada browser mereka.

Cara lain untuk merampingkan nilai Alexa adalah dengan menulis sebuah artikel panjang, bermanfaat, dan banyak dicari orang. Artikel tersebut akan mampu menempati urutan pertama dalam pencarian dan selalu mendapatkan traffic yang stabil. Jangan lupa untuk terus meng-update blog dengan konten bermanfaat sehingga pengunjung akan merasa senang dan terbantu dengan artikel di blog kita.

PageRank

Page Rank adalah suatu pengukuran yang diterapkan oleh Google untuk melihat seberapa penting web atau blog kita dimata para pembaca. Page Rank diukur dengan banyaknya backlink yang mengarah ke blog kita. Semakin banyak yang melakukan link, kemungkinan nilai rangking kita akan semakin besar.Apalagi ditambah dengan konten yang bagus dan bermanfaat, maka akan semakin banyak blog atau web lain yang sukarela memberikan link secara cuma-cuma.

See Also

Domain Authority

Alat pengukuran lain yang sekarang lebih banyak dipakai adalah Domain Authority, yaitu sebuah alat ukur yang berpatokan pada nama domain. Jadi, dengan nama domain yang kita miliki (TLD atau Top Level Domain) akan diukur mulai dari usia domain, seberapa populer berdasarkan banyaknya backlink, seberapa sering muncul di dalam mesin pencari, dan popularitas domain di mesin pencari. Nilai DA ini berkisar antara 1 sampai dengan 100.

Sayangnya, sub domain seperti blog yang berakhiran dot blogspot dot com tidak dapat diukur. Jadi DA ini hanya berlaku pada Top Level domain saja. Untuk menaikkan nilai DA ini dipengaruhi oleh jumlah backlink yang mengarah ke blog kita. Ini hanya akan terjadi apabila kita memiliki konten yang baik.

Inti dari pengukuran kualitas yang diukur dari Alexa Rank, Page Rank, dan Domain Auhority adalah konten dari blog. Semakin kita menghasilkan konten yang baik, maka blog kita akan mendapatkan kepercayaan yang bagus dari pembaca. Tentunya yang demikian ini akan menaikan angka-angka yang dibutuhkan dalam menilai harga dari sebuah blog.

View Comments (40)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top