Now Reading
Mencegah Kanker Kulit Ternyata Tidak Sulit

Mencegah Kanker Kulit Ternyata Tidak Sulit

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling ditakuti,  sebab bukan hanya menggerogoti bagian dalam tubuh seperti jenis kanker lainnya,  kanker kulit juga merusak permukaan kulit dan sulit untuk ditutupi.  Apa sih, penyebab dari penyakit ini?  Apakah sengatan matahari adalah satu-satunya penyebab ataukah ada penyebab lain?  Apakah yang harus dilakukan untuk mencegah terpapar penyakit berbahaya ini?  Mari kita kenali lebih lanjut.

Kanker kulit merupakan pertumbuhan sel kanker yang tidak wajar pada kulit. Jika dibiarkan tanpa ada penanganan medis lebih lanjut, sel kanker ini bisa menyebar ke organ tubuh lain. Secara garis besar penyebab munculnya sel kanker pada kulit ialah dari kelalaian yang dilakukan oleh kita sendiri. Kelalaian yang dimaksud ialah tidak sukanya menggunakan sun block, padahal pemakaian sun block sebelum melakukan kegiatan diluar rumah. Karena pada saat melakukan kegiatan diluar rumah, sinar UV A dan UV B bisa menyentuh permukaan kulit secara langsung.Dan apabila kulit terlalu sering terkena dua macam sinar ultra violet tersebut, selain akan membakar kulit, hal tersebut juga bisa memicu munculnya sel kanker pada kulit.

Ciri-ciri dari kulit yang sudah terserang oleh sel kanker memang tidak ada bedanya dengan penyakit kulit lainnya, sehingga mendeteksi sedari dini akan cukup kesulitan. Secara umum ciri yang ditemui adalah kulit akan menjadi kering dan terdapat bercak merah di area kulit.  Gejala lanjutannya adalah kulit menjadi kering, dan mengelupas secara dengan sendirinya. Dan lebih lanjut  akan muncul bercak merah pada area kulit, dan diikuti dengan gejala mati rasa.Setiap gejala yang muncul setiap orang akan berbeda, namun secara umum begitulah gejala yang yang sering ditemui pada penderita kanker kulit.

Kanker kulit ternyata mempunyai beberapa tipe yang secara sederhana dijelaskan sebagai berikut :

Actinis Keratosis

Actinis Keratosis merupakan salah satu area kecil berwarna merah jambu atau pink yang terletak di bagian kulit yang terekspos sinar matahari secara langsung.

Basal Cell Carcinoma

Sel basal terletak dibagian terbawah dalam lapisan epidermis. Kanker yang terletak di bagian ini disebut dengan bacal cell carcinoma dan tipe ini mencapai 80% dari beragam jenis kanker kulit yang muncul.

Squamous Cell Carcinoma

Squamous cellcarcinoma mempengaruhi sel yang terletak di bagian tengah jaringan epidermis. Jenis ini diketahui lebih agresif daripada basal cell carcinoma. Wujudnya berwarna merah dan terletak dibagian yang terekspos sinar matahari. Biasa terdapat dibeberapa area seperti tangan, kepala, leher, bibir, dan telinga.

Melanoma

Melanoma jarang terjadi bila dibandingkan dengan jenis kanker kulit yang sudah disebutkan sebelumnya. Melanoma, berdasarkan studi, merupakan tipe yang paling berbahaya, menyebabkan lebih dari 75% penderitanya menuju kematian.

Kaposi’s Sarcoma

Walaupun tidak digolongkan ke dalam jenis kanker kulit, Kaposi’s Sarcoma merupakan salah satu jenis kanker yang melibatkan luka dikulit berwarna merah kecoklatan sampai biru dan biasa ditemukan dikaki. Jenis ini biasa disebabkan oleh salah satu jenis virus herpes, dan biasanya dihubungkan dengan penderita HIV Aids.

Walaupun ada beberapa jenis kanker kulit, kebanyakan jenis kanker kulit ini muncul karena faktor faktor yang hampir sama seperti:

  • Terlalu lama terpapar sinar matahari
  • Usia diatas 40 tahun
  • Catatan kesehatan di mana ada salah satu anggota keluarga yang terkena kanker
  • Transplantasi organ
  • Corak kulit yang cerah / kuning langsat

Lebih cepat kanker kulit dideteksi, lebih cepat pula pengobatannya. Periksakan kulit anda secara teratur jika anda melihat gejala gejala yang tidak normal /wajar di kulit. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi ahli kulit. Tindakan pencegahan seperti menggunakan tabir surya atau membatasi diri dari paparan sinar matahari secara langsung adalah cara terbaik untuk mencegah terserang kanker kulit. Dan yang pasti adalah dengan menjalani pola hidup sehat yang benar akan menghindarkan Anda dari berbagai macam resiko penyakit, termasuk salah satunya adalah kanker kulit.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top