Now Reading
Sudahkan Mom Memilih Susu yang Baik untuk Ibu Hamil?

Sudahkan Mom Memilih Susu yang Baik untuk Ibu Hamil?

Ibu hamil butuh asupan nutirisi yang lengkap. Tak heran selama Mom hamil banyak memakan makanan bergizi dan lengkap. Tak ketinggalan pula untuk mengonsumsi susu. Namun perlu diketahui Mom, susu ibu hamil yang baik seperti apa sih? Momiia akan membagikan beberapa tips memilih susu yang baik untuk ibu hamil seperti berikut ini. Simak ya, Mom!

Pilihlah susu ibu hamil yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Harus yang sudah dipasteurisasi, ya.

Ibu hamil harus minum susu pasteurisasi. Kebanyakan susu sapi yang ditemukan di toko-toko telah dipasteurisasi. Namun, Mom harus memeriksanya kembali dengan membaca label pada kemasannya. Jika Mom menemukan susu yang tidak dipasteurisasi, maka sebelum meminumnya, Mom harus merebusnya terlebih dahulu. Ibu hamil tidak boleh meminum susu domba atau kambing yang tidak dipasteurisasi atau produk makanan yang terbuat darinya, seperti kaju kambing dan lain-lain. Alasannya adalah susu yang tidak dipasteurisasi dapat mengandung Listeria, yaitu bakteri yang dapat menyebabkan keguguran, lahir mati atau sakit parah pada bayi yang baru lahir.

Kandungan susu yang baik untuk ibu hamil mengandung banyak nutrisi.

Setelah Mom memperhatikan apakah susu tersebut menjalani proses pasteurisasi, maka Mom juga harus lihat kandungan susu tersebut.

1 Kalsium

Jika usia ibu hamil 24 tahun atau lebih, maka perlu sekitar 1.200 miligram kalsium per hari. Ibu hamil yang usianya lebih muda dari 24 tahun, kebutuhan kalsium perharinya antara 1.200 sampai 1.500 miligram. Jika ibu hamil tidak mendapatkan cukup kalsium saat hamil, maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang untuk memenuhi kebutuhan janin. Rata-rata produk susu mengandung 276 miligram kalsium per cangkir. Hal ini bisa membantu mencukupi kalsium yang diperlukan ibu hamil, Mom.

2 Vitamin D

Pilihlah susu formula yang mengandung vitamin D ya Mom! Pada tahun 2011, sebuah penelitian yang dipaparkan dalam “Annals of Neurology” mengemukakan bahwa vitamin D dalam produk susu yang dikonsumsi selama kehamilan, ternyata membantu mengurangi risiko multiple sclerosis pada anak.

DHA

Susu yang beredar di Indonesia telah diperkaya dengan kandungan yang dibutuhkan oleh otak janin untuk perkembangan otaknya. Kandungan tersebut meliputi, DHA dan asam lemak esensial. Menurut penelitian pada tahun  2013 yang diterbitkan oleh “American Journal of Clinical Nutrition” mengatakan bahwa,  DHA dalam diet ibu dapat meningkatakan perkembangan otak janin dan mempengaruhi IQ pada anak.

Asam Folat

Asam folat adalah vitamin yang wajib untuk ibu hamil. Hal ini berpengaruh dalam proses tumbuh kembangnya bayi untuk mencegah cacat lahir. Namun jika Mom sudah meminum asam folat terpisah, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter, karena kebutuhan asam folat ibu hamil sebanyak 400-800 mcg.

5 Zat Besi

Zat besi juga penting semasa kehamilan. Pasalnya zat besi dibutuhkan untuk membentuk sel-sel darah merah yang kebutuhannya akan meningkat selama kehamilan. Zat besi bisa mencegah anemia pada ibu hamil dan mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Pilihlah susu ibu hamil yang terbaik dengan rasa yang enak agar Mom menjadi berselera.

Rasa menjadi bagian yang sangat penting. Banyak sekali ibu hamil yang mendadak tidak suka dengan susu karena mengalami fase ngidam. Oleh karena itu, Mom bisa memilih susu dengan rasa dan aroma yang enak agar semakin menambah selera terhadap susu. Jangan lupa minum susu saat hamil ya Mom. Sekarang tidak bingung lagi kan harus memilih susu yang seperti apa?]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top