Now Reading
Gaya Hidup Sosialita yang Wajib Ditiru

Gaya Hidup Sosialita yang Wajib Ditiru

Melirik Gaya Hidup Sosialita, Ternyata Tak Selamanya Buruk.

Apa Itu Sosialita?

Ulasan kali ini akan mengajak Anda melirik pada gaya hidup sosialita. Tentu kata sosialitas sudah tidak asing didengar. Namun, apa itu sosialita? Sosialitas bisa merupakan cerminan dari gaya hidup serba glamor dan berkelas. Karenanya istilah ini hanya digunakan untuk kalangan terbatas. Anggota sosialitas sebagian besar adalah wanita yang seringkali tampil dengan pakaian dan aksesoris bermerek. Misalnya saja tas brand Gucci, Chanel, dan Ralph Lauren dengan kisaran harga $2000-$15.000 menjadi tas wajib yang harus dimiliki. Para sosialitas pun sudah seharusnya mengikuti perkembangan fashion dan selalu tampil up to date. Kira-kira definisi inilah yang bisa menggambarkan sosialita di tanah air.

Sementara dalam artikel berjudul “What is Socialite?” di majalah Town and Country, dituliskan beberapa definisi sosialita. Salah satu definisi yang tertulis merupakan definisi menurut Robert L. Peabody. Robert memaparkan sosialita merupakan seseorang yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang sebagian besar waktunya digunakan untuk menhibur dan mendapat hiburan sekaligus.

Ada pula definisi lain yang menyebutkan sosialita merupakan seseorang yang santun, sopan, tidak berlebihan, tahu cara bersikap menarik bahkan saat makan, dan lebih tertarik pada hal-hal lain dibanding dengan gaya hidup sosialita sendiri.

Pekerja Kelas Atas

Dari hasil wawancara yang dilakukan Stund Terkel kepada pekerja blue-collar didapati definisi lain dari sosialita. Dari hasil wawancara tersebut didapatkan sosialitas merupakan gadis pekerja kelas atas yang salah satu pekerjaannya yaitu menggalang dana. Dari asal katanya sendiri sosialitas berasal dari 2 kata social dan elite yang bermula pada keluarga kerajaan Eropa yang selalu mendapat perlakuan VVIP. Kaum elit Eropa tidak diharuskan bekerja keras dan bahkan kedatangan mereka selalu dinanti dan dipuja. Kareanya mereka juga harus berprestasi dari segi sosial misal dengan mempunyai yayasan dan sebagainya.

See Also

Sosialita Berkualitas

Secara lebih lanjut dikenal pula sosialitas berkualitas. Adapun yang dimaksud disini seseorang yang juga memiliki kemampuan intelegensi tinggi atau terpelajar. Tokoh sosialitas berkualitas diantaranya yaitu Mary Borden seorang filantropis, penulis, dan perawat tangguh serta Juliette Hampton Morgan yang merupakan pembela hak sipil di USA. Tentu defisini ini cukup berbeda dengan konteks sosialita yang berkembang di Indonesia. Sosialita di tanah air sendiri cenderung mengarah pada kelompok arisan, rumpi, memiliki fokus pada fashion, gaya hidup mewah, dan seringkali berhubungan dengan selebritis. Namun, adanya tokoh sosialitas berkualitas memberikan pandangan berbeda pada gaya hidup sosialita yang ternyata tidak selamanya buruk.

Sekarang tentu sudah lebih jelas tentang makna kata sosialita. Kini semua bergantung dari kebijakasanaan setiap individu untuk mau menggunakan definisi yang mana. Akan tetapi, tentunya kaum sosialitas yang juga aktif dalam kegiatan sosial dengan tulus ikhlas meski diikuti gaya hidup yang mewah tentu tidak ada salahnya. Selama mereka mampu kenapa tidak? Asal apa yang mereka lakukan juga tidak merugikan orang lain. Sebaliknya jika kegiatan sosial yang dilakukan hanya untuk mencari ketenaran, tentu bukan teladan yang baik bukan.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top