Now Reading
Media Kit untuk Blogger

Media Kit untuk Blogger

Membangun sebuah blog yang memiliki reputasi baik tentunya tidak mudah. Namun pada saat blog menjadi sebuah media yang layak secara konten dan statistik, akan ada banyak tawaran menarik untuk memasang iklan. Baik itu dalam bentuk penempatan artikel, iklan banner, atau konten yang bersponsor.

Sebagai pemilik blog, tentunya membutuhkan sebuah penghargaan yang layak. Karena untuk membangun sebuah blog dengan pembaca yang loyal dan dapat memberikan pengaruh yang baik itu, membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit. Hal inilah yang dapat menjadi nilai lebih dari blog tersebut. Untuk lebih mempresentasikan blog dengan baik, maka dibutuhkan sebuah media kit.

Definisi Media Kit

Media kit adalah sebuah informasi berisi data sebuah blog. Mulai dari tema blog, konsep blog, karakter penulisan, data statistik, karakter pembaca, usia pembaca, target pembaca, sampai dengan statistik blog dan apa saja yang kita tawarkan untuk menjadi sponsor sebuah blog.

Kenapa kita harus memiliki sebuah media kit ini? Karena saat ini, blog menjadi sebuah media promosi yang efektif untuk sebuah brand. Terutama kekuatan soft selling dan engagement yang akan sangat berpengaruh pada brand awareness, bahkan branding di mesin pencari.

Tentu saja, dengan karakter blog yang unik dan terindex dengan baik di mesin pencari, blog yang seperti ini akan menjadi incaran dari para brand. Dan dengan mengandalkan kekuatan dan kelebihan sebuah blog, maka nilai blog akan dapat diukur dari sebuah media kit.

Informasi Apa Saja yang Dibutuhkan

Dalam sebuah media kit, tidak harus semua hal kita cantumkan. Ada beberapa poin penting yang menjadi highlight yang bisa kita masukkan ke dalam media kit sehingga brand benar-benar mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan dapat memberi keputusan. Apakah memang blog kita sesuai dengan yang diharapkan.

  • Konsep Blog

Sebuah blog sebaiknya memiliki konsep yang terarah. Konsep ini tidak harus berhubungan dengan tema, niche, dan kata kunci tertentu, tapi bagaimana mengemas sebuah blog dengan target pembaca yang terarah dan konten yang relevan dengan target tersebut. Jadi hal ini termasuk memiliki blog dengan kategori general.

Gunakan penjelasan yang singkat dan padat. Seperti visi dan misi membuat blog, apakah memang hanya sekedar tulisan harian atau memang setiap konten disiapkan dengan tujuan tertentu. Sebutkan teknik penulisan yang digunakan, apakah memang tulisan karakter sehari-hari atau memang tulisannya sudah melalui riset dan analisa yang mendalam.

Tuliskan juga, bahwa apabila blog digunakan sebagai media promosi maka teknik pemasarannya adalah soft selling dengan menyesuaikan karakter penulisan blog. Jadi blog tidak akan lepas dari sentuhan pribadi pemiliknya. Hal ini untuk menghindari hard selling yang akan menurunkan jumlah pembaca akibat terlalu banyak konten yang bersponsor.

  • Data Kontak

Tentunya data kontak ini penting. Walaupun biasanya mencantumkan email pada blog. Ada baiknya mencantumkan lengkap data kontak seperti nomor telepon dan lokasi. Sehingga apabila ada kerja sama lagi di masa yang akan datang, akan mudah dihubungi melalui Whats App atau undangan untuk menghadiri sebuah event.

  • Statistik Blog

Penting menginstall Google Analytics di blog. Gunanya adalah, tidak hanya mendapatkan sekedar statistik tapi dapat digunakan untuk menganalisa perilaku pengunjung blog. Ini termasuk data pengunjung unik, data laman, demografi (persentase jenis kelamin pengunjung), persentase usia pengunjung, dan geografi pengunjung (lokasi) selama sebulan terakhir. Jangan lupa untuk menuliskan data tersebut diupdate pada tanggal berapa.

Tidak hanya statistik saja, namun lampirkan juga data Domain Authority dan Alexa rank. Walaupun data ini dapat dilihat secara langsung dengan tools, tidak ada salahnya memasukkan untuk mendapatkan nilai tambah. Jangan lupa, data tersebut harus sesuai dengan statistik aslinya dan jangan dimanipulasi.

  • Statistik media sosial

Selain data statistik blog, penting juga untuk memasukkan data media sosial. Karena saat ini, blogger juga berperan sebagai seorang influencer di sosial media. Sosial media lazim digunakan sebagai alat berbagi tulisan dari blog kita sendiri. Hal ini tentunya akan meningkatkan traffic dan ternyata saat ini sosial media sharing menjadi salah satu faktor peringkat di mesin pencari.

Kenapa? karena semakin banyak tulisan dibagi melalui sosial media, maka akan menjadi sinyal dengan nilai tinggi. Jadi, tingkatkan aktivitas di sosial media dan dapatkan follower yang memang sesuai dengan blog yang dikelola. Sosial media yang digunakan adalah Facebook, Twitter, dan Instagram. Semua ini bisa diukur secara sendiri atau menjadi satu kesatuan yang dijumlahkan.

See Also

  • Portfolio Tulisan

Tidak hanya data-data statistik saja yang diperlukan. Cantumkan juga contoh tulisan sponsor yang telah dipublish dan mendapatkan feedback yang bagus dari brand. Hal ini akan menjadi portfolio dan pertimbangan yang baik. Apakah blog tersebut memang cocok dengan karakter dan produk yang akan dijual. Berikan 4 atau lima tulisan yang bertaut dengan url aslinya pada blog.

  • Brand yang Telah Bekerja Sama

Sebagai portfolio, ada baiknya menampilan logo brand yang telah bekerja sama. Mulailah menerima sponsor walaupun dengan nilai yang kecil. Sehingga kita bisa menampilkan logo brand tersebut pada media kit. Apabila sudah terkumpul cukup banyak, tentunya ini akan meningkatkan kredibilitas dan bisa menjadi nilai tambah terhadap blog.

  • Testimonial Brand

Jika mendapatkan feedback yang baik dari brand. Jangan ragu untuk memasukkannya ke dalam media kit. Biasanya, apabila kita memberikan tulisan yang bagus, mereka tidak akan segan untuk memberikan pujian langsung. Maka mulailah sepenuh hati dalam menulis sponsor konten walaupun pada awalnya mungkin masih belum bernilai. Tapi dengan berlatih menulis sponsor konten dengan baik, tentunya akan menambah portfolio dan feed back yang baik pula.

  • Penawaran Kerja Sama

Yang terpenting dari data media kit diatas adalah bentuk penawaran apa yang kita berikan untuk brand. Bisa dengan sponsor konten, penempatan artikel (konten dari brand), pemasangan banner, sosial media buzz, atau bentuk kerja sama lainnya. Apabila jenis kerja sama tidak ada di dalam media kit, tuliskan juga bahwa terbuka diskusi untuk peluang kerja sama bentuk lainnya.

Tentunya media kit ini akan terkait dengan rate card. Apabila memang memiliki daya jual yang baik dan memberikan benefit yang sepadan, maka harga tidak akan menjadi masalah bagi brand. Rate card (nilai item kerja sama) dapat ditulis di dalam media kit atau terpisah. Nilainya tentu saja akan menyesuaikan dengan statistik blog yang terdata.

Data di atas sebaiknya dibuat dalam format PDF yang menarik dan layout yang pas. Sehingga semua dapat terlihat dalam satu halaman. Kalau masih bingung bagaimana membuat layout media kit, Blogger Perempuan memberikan Freebies Media Kit dalam format Word. Format ini dapat diunduh dan diisi sesuai dengan data blog. Kemudian save as menjadi PDF dan siap untuk diberikan apabila dibutuhkan oleh brand.

Mekanisme Download

  1. Isi data di bawah ini
  2. Cek email untuk konfirmasi
  3. Klik konfirmasi link
  4. Tunggu 2-5 menit link unduh akan tersedia di email
  5. Dengan mengisi data untuk mengunduh, maka akan terdaftar di Newsletter Blogger Perempuan

 

[mc4wp_form]
View Comments (24)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top