Now Reading
Mau Berhijab Syar’i Tapi Tetap Trendi?

Mau Berhijab Syar’i Tapi Tetap Trendi?

Mau Berhijab Syar’i Tapi Tetap Trendi?

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, Indonesia sudah sewajarmya menjadi kiblat fashion dalam busana muslim. Tren busana muslim pada wanita atau tren hijab dalam beberapa tahun belakangan semakin meningkat. Wanita muslim Indonesia semakin banyak yang menggunakan hijab sebagai busana sehari-hari.

Tren hijab di kalangan wanita tidak lepas dari banyaknya model pakaian hingga jilbab yang disesuaikan dengan tren fashion masa kini. Meskipun niatnya baik, namun alangkah lebih baiknya apabila makna berhijab diluruskan dan bukan hanya sekedar mengikuti tren fashion saja.

Wanita diperintahkan oleh Al-Quran untuk menutup auratnya agar menjaga dirinya dari perilaku-perilaku yang dilatarbelakangi oleh bisikan setan. Yang dimaksud dengan aurat wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan. Sayangnya, interpretasi kebanyakan orang tentang pakaian muslim adalah sekedar menutupi bagian tubuh saja, padahal kalau bagian tubuhnya tertutupi tapi memperlihatkan lekuk tubuh atau menerawang ya sama saja.

Karena salah persepsi inilah masih banyak kita lihat hijabers yang kerudungnya tidak menutup dada, pakaiannya panjang tapi ketat, atau menggunakan jilbab yang perpunuk di bagian belakang kepalanya. Menaati aturan agama sebaiknya jangan setengah-setengah, dimulai dari niat menutup aurat perlahan-lahan perbaiki cara berbusana muslim yang baik dan benar.

Ingin berhijab syar’I tapi tetap trendi? Sudah banyak desainer busana muslim yang mengkampanyekan hijab yang syar’I tetapi tetap terlihat fashionable dan nggak kuno.

Selebritis Indonesia pun sudah banyak lho yang memberi contohnya, antara lain adalah Oki Setiana Dewi, Lyra Virna, Sandra Dewi, Peggy Melati Sukma, serta beberapa selebriti muda seperti Risti Tagor, Zaskia Mecca, dan yang paling baru menyusul adalah Laudya Cynthia Bella.

Setelah melihat selebritis tersebut apakah kamu masih beranggapan hijab syar’i itu kaku? Kamu bisa mengenakan hijab syar’I dengan memadukan berbagai warna dan model asal menutup aurat dan longgar. Model hijab yang simpel namun manis pun sudah banyak tutorialnya.

Prinsip dalam berbusana muslim yang benar adalah sederhana dan nggak menyusahkan. Nggak perlu mengenakan hijab yang dililit-lilit sampai pusing lalu menggunakan banyak jarum atau menggunakan dalaman hijab yang berpunuk karena membuat kepala terlihat aneh dan nggak proporsional.

Allah telah melarang para wanita untuk memamerkan perhiasan yang dimilikinya dan memerintahkan memanjangkan kerudungnya untuk menutupi perhiasan yang dipakai. Jadi nggak masuk akal kalau kamu justru memakai perhiasan yang berlebihan di luar jilbabmu.

Untuk mempermanis penampilan kamu boleh menyematkan pin kecil di bagian luar jilbab. Baju muslim yang dipakai berbahan tebal dan longgar. Jangan takut kepanasan, carilah kain tebal yang menyerap keringat seperti katun, baju yang longgar juga akan membuat sirkulasi udara di dalam baju lancar.

Perbaikilah niatmu untuk mengenakan hijab syar’i. Mengenakan busana muslim yang benar bukanlah untuk menjadi ajang pamer misalnya dari segi mahalnya baju yang kamu beli karena Islam nggak menganjurkan kamu untuk menghambur-hamburkan harta.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top