Now Reading
Masih Banyak Orang yang Terkena Tipes. Yuk, Kenali Ciri-Ciri Penyakit Tipes!

Masih Banyak Orang yang Terkena Tipes. Yuk, Kenali Ciri-Ciri Penyakit Tipes!

Ciri-ciri penyakit tipes atau demam thypoid (thypoid fever) sebenarnya mirip sekali dengan penyakit influenza dan demam berdarah. Oleh karena itu, kadang kala beberapa orang suka terkecoh pada awal-awal gejala penyakit yang disebabkan bakteri Salmonella typhi ini.  Namun demikian seiring berjalannya hari, pada penderita penyakti tipes akan kelihatan ciri-ciri penyakit tipes.

Penyakit tipes memiliki beberapa ciri yang umum. Kenali lebih jauh agar bisa ditindaklanjuti secepatnya.

Ciri yang paling umum adalah demam, sakit kepala, sakit perut mual, dan muntah.  Agar lebih rinci lagi, maka ciri-ciri penyakit tipes ditandai dengan sebagai berikut ini.

Diare dan Konstipasi

Ciri pada penderita penyakit tipes salah satunya adalah mengalami diare dan konstipasi di waktu yang tidak jauh.  Bagi orang normal, membuang air besar atau eliminasi sisa metabolisme secara rutin dan lancar adalah hal yang normal.  Akan tetapi, pada penderita penyait tipes, pola buang airnya menjadi berubah. Penderita bisa mengalami diare namun pada waktu yang sama juga mengalami konstipasi atau sembelit.  Sehingga perut penderita menjadi tak nyaman. Apalagi jika penderita terus-terusan mengalami diare, penderita dapat mengalami kelemasan akibat dehidrasi.

Sakit Perut

Ciri-ciri penyakit tipes yang sangat umum adalah sakit perut.   Sakit perut ini berbeda dengan penyakit maag, usus buntu atau keram perut.  Karena sakit perut ini terjadi di sebelah kiri, tepatnya pada usus 12 jari.

Perut Kembung

Ciri penyakit tipes yang lain adalah perut kembung.   Perut kembung ini seperti gejala masuk angin. Hal ini perlu diwaspadai, karena boleh jadi penderita hanya menganggap perut kembung ini sebagai masuk angin biasa.  Oleh karena itu, apabila Mom memderita perut kembung kemudian diikuti dengan ciri-ciri penyakit tipes lainnya, sebaiknya Mom mulai mengonsultasikannya ke dokter.

Disorientasi

Pada penderita penyakit tipes, karena mengalami ciri-ciri penyakit tipes yang lainnya, seperti demam, sakit kepala, kelemahan dan kelelahan.  Maka penderita penyakit tipes kadang mengalami disorientasi lingkungan atau merasa kebingungan akibat dari kesadaran yang tidak penuh.

Lidah Berwarna Putih

Ciri-ciri penyakit tipes berikutnya adalah adanya warna putih pada lidah.   Namun pada bagian pinggir lidah tetap berwarna merah. Apabila dijulurkan, penderita mengalami tremor (gemetar).

Mual dan Muntah

Ciri-ciri penyakit tipes ini sangat umum.   Biasanya penderita penyakit tipes mengalami mual dan muntah.  Mual-mual dikarenakan kondisi perut yang tidak nyaman akibat infeksi.  Infeksi dari kuman tersebut juga bisa membuat penderita muntah-muntah.

Demam

Ciri-ciri dari penyakit tipes lainnya, penderita mengalami demam.   Tubuh penderita akan menjadi panas selama beberapa hari. Bahkan demam tersebut hingga mencapai 40 derajat celsius.  Demam ini akan semakin parah dan turun naik setelah minggu kedua.

Gejala penyakit tipes

Sakit Kepala atau Pusing

Seperti halnya demam, biasanya diiringi dengan kondisi sakit kepala atau pusing.  Rasa pusing ini menyebabkan penderita tidak nafsu makan, lemas, dan mual. Tidak jarang sakit kepala yang hebat dapat membuat muntah-muntah.

Melambatnya Denyut Nadi

Melambatnya irama denyut nadi adalah satu ciri-ciri penyakit tipes.  Hal ini dikarenakan adanya toksin atau racun dari kuman Salmonella typhi.   Ini sangat berkebalikan pada penderita demam biasa (bukan tipes) yang biasanya, di mana saat panas tubuh meningkat denyut nadi serta detak jantung akan lebih cepat iramanya.

Otot Nyeri

Nyeri pada otot-otot juga bagian dari ciri-ciri penyakit tipes.  Ciri nyeri otot ini sama halnya ketika Mom mengalami influenza atau ketika Mom setelah berolahraga.

Perut Membengkak

Ciri lain yang tampak adalah ketika penderita mengalami pembengkakan pada perutnya. Biasanya pembengkakan perut bisa terjadi saat minggu kedua terinfeksi kuman. Perut Penderita akan terasa lebih keras dari biasanya ketika dipegang. Ciri-ciri penyakit bawaan lainnya diantaranya adalah, penderita menjadi tidak nafsu makan akibat dari pusing, demam, mual, dan sakit perut.  Lidah penderita juga akan terasa pahit. Akibatnya penderita penyakit tipes menjadi lemah dan lesu, akibat kurang asupan makanan atau bisa karena diare yang terus menerus. Itulah beberapa ciri-ciri penyakit tipes.  Untuk mengetahui kondisi sebenarnya, pastikan dengan datang ke dokter ya Mom.  Sehingga penderita bisa diobati dan dirawat secepatnya.  ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top